Penjelasan resmi mengapa water pump di PCX 160 nggak sip = memang dibuat murah


Penulis sudah cukup lama bilang bahwa water pump di PCX 160 itu beda dari yang ada di PCX 150. Tapi penulis selalu penasaran karena tidak pernah lagi menemukan sumbernya. Tapi barusan menemukan di mana sumber informasinya:
https://www.facebook.com/groups/148036310110443/posts/277375200509886/

Ternyata sumbernya berikut ini:
Jawaban Pengembang PCX Mengenai Desain dan Fitur Honda PCX 160 4 Katup

Untuk ini Mr. Takeichi yang menjawab “Sejujurnya, saya membidik keduanya. Ini adalah mesin rakus yang meningkatkan tenaga dan efisiensi bahan bakar, tetapi juga menekan biaya dengan menyederhanakan pompa air dan mengurangi jumlah suku cadang.”

Jadi banyaknya masalah yang dialami oleh pemilik PCX 160 sekarang tidak lepas dari kebijakan Honda pusat Jepangnya sana. Jadi sepertinya kita tidak bisa menyalahkan dari AHMnya saja karena ternyata sudah mulai dari desain, Honda PCX 160 direncanakan murah.

Entah berapa harga PCX 160 sekarang bila dari Jepangnya sana membuat desain komponen yang lebih tahan banting.

Tapi juga banyak yang nggak ikhlas dengan keputusan ini. Banyak yang mengeluh, batal beli atau menjual langsung. Ada juga yang cari solusi sendiri. Beberapa pemilik sendiri mengaku bisa selesai masalahnya dengan mengganti mechanical seal punya Vario.

Ada juga yang beli waterpump merek NM.

Yang jelas, gara gara keputusan Honda Jepang tersebut, banyak orang yang jadi kurang percaya bengkel resmi. Makin kurang percaya motor buatan Honda juga.

Rasanya keputusan tersebut nggak worth it. Terlalu mementingkan jangka pendek, nggak lihat jangka panjang.

Update:
mungkin ini bedanya? Punya PCX 160:

Punya Vario 150:

16 respons untuk ‘Penjelasan resmi mengapa water pump di PCX 160 nggak sip = memang dibuat murah

  1. benarkan hy penting jual dan laku aja , awet entah yg penting yg beli gengsi dan parahnya rider Indo menurut sy mmg gengsi utama , awet ma urusan ke 10😋beda ma jaman era dimana awet yg dikejar yakni era 90 the best kualitas nya👍👍👍👍👍bisa bertahan sd 25 thn motor sperti grand , supra x msh banyak yg pakai walau sebagian buat antar gas dan galon

    Suka

  2. Menyederhanakan pompa air itu bisakah djelaskan dgn detail apa aja sbnrnya yg dkurangi? Maklum saya bongkar2 pompa airnya matic honda kurang memperhatikan ini trmasuk sederhana apa rumit??
    Asal balik semula aja beres hehehe..

    Suka

  3. Mesin2 overbore ahm banyak yang bermasalah
    Mulai dari CB150R gen 1, yang kelihatan banget cuma ngejar harga murah, tapi diperbaiki di CBR150R (yang harganya selisih 10 juta)
    Pcx aja begini, jadi was2 dengan vario160 nanti, yang harganya lebih murah
    Entah apa yang di kurangi lagi

    Bandingin kualitas kalo ahm tinggal lihat harga saja, contoh rantai NCB aslinya cuma bertahan 5000km dah cengdor, saya ganti dengan rantainya CBR150 udah 5000km ga nyetel kekencangan sama sekali

    Kalo beli harga rantai nya hampir sama lo, tapi biasanya vendor ahm milihin yang kualitasnya jauh lebih baik untuk motor2 ahm yang harganya mahal (dengan harga yang selisih dikit)

    Ini berlaku hanya untuk yang kode part nya berbeda
    Kalo kode part nya sama ya kualitas sama

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.