Soal kopling basah, banyak ilmu LDIC yang salah dan merugikan


Penulis sebelumnya bahas soal pembela LDIC yang sampai sekarang nggak bisa jawab uji oli apa yang dipakai LDIC untuk tahu oli itu aman untuk motor kopling basah. Padahal konon katanya di LDIC itu semua hal pasti ada sumber validnya, yaitu uji lab.
Pembela LDIC ngeles ketika ditanya soal uji oli untuk tes kopling basah padahal menolak JASO MA

Penulis saat itu sudah mati matian coba untuk cari uji apa sih sebenarnya yang bisa dilakukan mereka tapi gagal. Ya sudah, penulis anggap pakai dasar uji lab itu hoax. Paling juga sama, dasarnya pakai dicoba dirasakan sendiri, alias pakai FEELING.

Penulis pikir masalah selesai. Tapi ternyata penulis justru menemukan banyak informasi hoax lainnya. Seperti misalnya klaim berikut:

Ada dua pernyataan di situ. Yang pertama adalah bahwa JASO itu hanya dipakai oleh pabrikan motor Jepang. Yang kedua adalah oli yang lulus JASO MA itu kandungan aditifnya dikurangi secara fatal, mengurangi kemampuan oli.

Untuk yang kedua ini susah untuk ditelusuri sumbernya, tapi secara pengalaman jelas sekali bahwa pernyataan tersebut asal njeplak. Penulis tidak merasa aditif Bardahl atau Valvoline champ kurang. Yang kurang itu hal lain. Dan sama sama oli bersertifikasi JASO, rasanya juga beda beda. Kekentalan sama pun rasanya juga beda beda. Kurang atau lebihnya aditif itu lebih tergantung pada “kebijaksanaan” pabriknya.

Dan baik atau jelek itu tidak ada hubungan dengan harga. Mahal belum tentu lebih baik. Murah belum tentu jelek. Jadi rekomendasi seperti berikut ini menurut penulis sudah salah besar:

Olwan William Bekakas (Bergejil Suka Motor Bekas)
TIPS MEMILIH OLI UNTUK BEKAKAS

2. Tentukan BUDGET
bajet untuk 1 botol oli, ingat harga ga akan bohong. bajet adalah hal pertama yg saya tanyakan saat ada rider minta rekomendasi oli..
– banyak di group motor, rider buat post
R :”saran oli yg bagus dong mbah”
O : “amsoil signature 10-40 mbah harga 200rb 1L”
R :” wah kemahalan mbah ,kisaran 50rb an aja”
minta oli bagus tp dana minim ya sama aja dong ga mungkin saya rekomenkan pake oli amsoil,redline,ravenol dll.

Penulis juga kurang setuju dengan pembagian kategori seperti berikut ini:

Olwan William Bekakas (Bergejil Suka Motor Bekas)
TIPS MULAI PAKAI OLI SESAT (MOBIL/DIESEL) PADA MOTOR.

* mineral base diesel (30-55rb)
mediteran sx,shell rimula r4x,mobil delvac mx 15-40 ,prima xp 10-40/20-50
* semy synt
range harga 65-100rb
– (oli bensin)fastron series, shell helix series, total quartz, adnoc voyager silver, eneos mobil, castrol magnatec, idemitsu mobil, STP dll
-(oli diesel) fastron diesel, shell rimula R5e
*full synt 100rb up
mobil1 5-40, fastron gold 5-30, total ineo/future9000 5-30, shell helix8, shell helix ultra dll

Mengkategorikan oli berdasarkan tulisan di bungkus itu bisa menipu. Karena contohnya saja penulis pernah cek oli motul. Dari yang paling murah 70 ribu per liter sampai yang 300V, 450 ribu per liter, semuanya pakai bahan dasar Hydrotreated (oli grup 2). Tapi tulisan beda beda dari mineral sampai 100% sintetik.

Oleh karena itu penulis lebih memilih mengkateorikan berdasar bahan oli yang tertera di SDS (kalau ada) atau dari feeling (yang kadang bisa tepat).

Untuk soal yang pertama mudah ditelusuri. Apa benar yang pakai standar JASO itu cuma pabrikan motor Jepang saja? Ini buktinya:

Penulis sampai merasa bodoh banget karena telah pernah mempercayai omongan pembela LDIC tersebut. Karena jelas BMW, KTM, Aprilia, Ducati, Triumph, dst itu pakai standar JASO semua!

 

Cara LDIC membela pemakaian oli HDEO atau PCMO juga jelas berlebihan. Iya memang oli untuk mobil itu ada yang lebih bagus. Tapi tidak berarti yang untuk motor itu jelek banget!

Salah satu contoh pembelaan yang nggak masuk akal adalah sebagai berikut.

Dibilang bahwa PCMO / HDEO nggak melakukan uji friksi itu karena uji lain sudah mewakili. Selain alasan yang sudah dijelaskan di artikel sebelumnya, bahwa uji friksi itu dibutuhkan untuk motor dengan kopling basah, masa ya nggak kepikiran bahwa pabrik oli buat oli PCMO / HDEO itu BUKAN untuk motor??? Karena mereka buatnya nggak untuk motor ya ngapain mereka melakukan sertifikasi JASO MA? Dan bukan berarti pabrikan itu menghindari sertifikasi JASO karena kalau mereka buat produk oli untuk motor laki ya mereka BAKAL melakukan sertifikasi JASO untuk oli mereka!

Lalu ada yang hoax lagi yaitu soal cycle. Katanya oli diesel pakai cycle pengujian lebih banyak:

Faktanya? memang untuk motor butuh 30 cycle:

Tapi untuk oli mobil bensin juga 30 cycle!

Untuk diesel malah nggak disebut cyclenya!

Mungkin karena itu juga penulis lihat di kaskus (maaf lupa link), yang dicantumkan cuma yang di motor saja.

 

Lalu soal kompatibilitas kopling basah. Katanya kita nggak usah khawatir karena untuk oli diesel ada uji wet clutchnya:

Yang ini asli bikin penulis memaki maki. Uasem tenan kata blogger terkenal. Karena ternyata uji yang dimaksud tersebut adalah uji berikut:

Jadi yang disebut itu bukan sertifikasi untuk oli diesel tapi oli transmisi!!! Bukan sertifikasi HDEO tapi sertifikasi ATF. Kok berani beraninya bilang itu sertifikasi HDEO? Ini kacau sekali. Masa ya yang punya motor laki atau bebek disuruh pakai oli transmisi sebagai oli mesinnya?

Berikut bukti bahwa oli tersebut oli transmisi:

Perhatikan juga standar JASOnya. Persamaannya bukan JASO MA tapi JASO 1A!!! Beda!

Kalau masih nggak yakin, berikut ini contoh oli yang bersertifikasi Allison C-4 yang lain dari website resminya Allison:

Jadi jelas bahwa informasi dari LDIC itu salah dan merugikan.

Yang penulis herankan adalah mengapa ilmu salah seperti itu bisa bertahan bertahun tahun tanpa ada yang membantah. Padahal bisa dengan cukup mudah ditelusuri. Nggak perlu pakai ke perpustakaan universitas segala (gayanya mengelak anggota LDIC kalau kalah argumentasi).

Nggak paham mengapa grup seperti itu masih tetap dianggap sebagai acuan. Untuk soal ini saja sampai bikin banyak vlog barusan:
Menganjurkan untuk jangan belajar oli di LDIC:

Membahas soal hoax yang disebar anggota LDIC seputar kopling basah:

Penulis khawatir bahwa LDIC itu jadi ajang brainwashing konsumen demi untuk melariskan jualan oli, aditif oli atau engine flush. Sifat tertutup dari grup juga bukan hal yang bisa dipuji. Grup belajar oli tapi kok dibuat private. Apa yang ditakutkan?

Update:
Tambahan, yang bikin selip kopling di oli mobil adalah aditif EP:

4 respons untuk ‘Soal kopling basah, banyak ilmu LDIC yang salah dan merugikan

  1. Ada juga oli PCMO yang tercantum di kemasannya JASO MA2 : Q8 Formula Excel 5w-40, spesifikasi dan approvalnya dari A sampai V.

    Specifcations
    ACEA A3/B4
    API CF
    MB 229.3
    VW 505.00
    GM LL-025B
    Renault RN 0700, RN 0710
    PSA B71 2300
    BMW Longlife-01
    Recommended for VW 505.01
    Recommended for Ford M2C 917-A
    JASO MA2
    Kekurangan: mahal. harganya mencapai 165 rb per liter. Apakah di LDIC pernah merekomendasikan oli diatas?

    Suka

    • Terima kasih infonya. baru tahu. Oli seperti ini mungkin pernah direkomendasikan. Cuma terlihat jelas bahwa oli ini nggak ada sertifikasi Allison C4 atau CAT TO :).

      Kalau bener direkomendasikan, mereka harus jawab lebih bagus mana dengan yang untuk motor:

      Suka

  2. Kenapa harus long drain? Harga oli tak seberapa? Lebih lama juga belum tentu lebih ramah lingkungan, aku saja selalu stok beberapa liter oli di garasi, jadi kalau tangan lagi gatel pingin otak atik ya oli di mobil atau di motor ya kuganti walau oli mobil baru 6bulanan, atau oli motor baru sebulanan,,
    Dulu sebelum banyak oli motor aku selalu pakai oli mobil Mesran primaxp buat motor GL dan Astrea, emang kadang slip kopling kalau lagi jarak jauh atau ditanjakan, dulu belum mengenal minyak goreng, sekarang di Vixion pakai oli mobil juga slip kopling, tapi setelah ditambahkan minyak goreng tidak pernah slip lagi,,
    Tapi buat motor aku tetap lebih suka pakai oli motor Mesran super+ migor, murah bagus halus adem senyap…

    Suka

    • menarik juga yang aslinya selip kopling jadi nggak selip kopling setelah ditambahi minyak goreng. Iya, lama atau tidaknya ganti oli sepertinya lebih dipengaruhi harga atau malas tidaknya pemilik untuk ganti oli.

      ha ha, iya, mesran dan migor itu sulit terkalahkan

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.