Dilema pemilik motor Honda: ketika dipaksa servis lebih sering sama bengkel


Pemilik motor Honda PCX 160 ini kasihan juga karena dipaksa untuk servis lebih sering dari yang seharusnya:
https://www.facebook.com/groups/3768925359869852/permalink/4624630920965954/

Servis berikutnya disuruh dilakukan pada 2500 km, sementara itu ganti oli disuruh tiap 2 ribu km atau 2 bulan. Padahal di buku manual disebut servis dan ganti olinya adalah di 6 ribu km.

Entah mengapa waktu servis dibuat beda 500 km dari ganti olinya. Karena kalau pemiliknya penurut, bakal jadi ribet banget. Di 2000 km ganti oli. Lalu di 2500 km untuk servis.

Yang jelas, kalau ganti oli tidak sekalian catat di buku servis, maka ganti oli bakal nggak gratis:

Jelas bahwa yang diberitakan berikut bohong:
Murah, Biaya Servis Tahun Pertama Honda PCX 160 2021 Tak Sampai Rp 150 Ribu!

Maka untuk tahun pertama perawatan Honda PCX 160, pemilik hanya mengeluarkan biaya maksimal Rp 144 ribu saja. Tergolong sangat terjangkau bukan?

Tapi pemilik PCX 160 mau tidak mau harus rela keluar uang banyak untuk servis rutin karena PCX 160 sendiri bukan motor yang reliable. Harus terus dipertahankan garansinya karena PCX 160 banyak penyakitnya. Mulai dari kasus ring piston macet, silinder baret, water pump rembes, bodi mengap, suara CVT kasar, suspensi bunyi, lampu depan getar, aki cepat habis, ECU error dan bahkan sampai ada yang blok mesin patah segala (mestinya karena desain engine mounting yang cacat):
Resiko bila engine mounting PCX 160 tidak diganjal = mesin patah

Sayang sekali dari Honda sendiri menganggap masalah tersebut normal.
Analis pabriknya bilang rembes PCX 160 itu normal, pertanda new Vario 160 dan ADV 160 bakal “normal” juga

Diturunkannya kualitas motor juga sudah desain dari awalnya:
Penjelasan resmi mengapa water pump di PCX 160 nggak sip = memang dibuat murah

Agar tidak rugi, pemilik PCX 160 wajib mengembangkan kemampuan negosiasi dan kenal orang orang penting. Kalau nggak jago nego atau nggak ada backingan orang gede, maka pemilik yang bakal nanggung kerusakan yang mestinya masih garansi.

Selamat berjuang.

21 respons untuk ‘Dilema pemilik motor Honda: ketika dipaksa servis lebih sering sama bengkel

  1. Motor jarang pakai di suruh rutin servis,bilang aja kalo ngga servis ngga ada penghasilan

    Beda sama bengkel pinggir jalan,cuma di suruh jangan telat ganti oli,kalo udah berasa motor ngga enak baru deh di servis

    Suka

  2. Kalau gitu itu Honda PCX cacat produksi dan enggak perlu di beli mending cari yg lain karna udah pegang brand terkenal aja suka suka punya barang cacat di bilang enggak masalah…yg ada kantong yg beli kobol kobol

    Suka

  3. Disebelah malah bangga, katanya cacad tp kenapa laku keras?

    logikanya bagus juga… kenapa bagus? karena tau pembeli di Indonesia itu seneng model dan merek bukan kualitas.

    Suka

  4. Kalo gitu ane ga jadi beli PCX 160 deh
    Sukurin aja yg ada , sejak keluar Ampe sekarang ane tetep Pake “SANEX” ,
    Alhamdulilah oli selalu rutin ampe sekarang masih Josss
    Ga tergiur lah Ama merek Besar .

    Suka

  5. Servis kok didikte, mungkin motor zaman now memang lemah yah, harganya juga lebih murah sih dibanding motor dulu jadi mungkin downgradenya banyak. Kalau aku jarang ke bengkel, yg penting ganti oli diperhatikan, yg karbu suka kubongkar dan kubersihkan sendiri karbunya, gampang kok, kalau klepnya sudah berisik stel sendiri, ngapain harus ketergantungan bengkel, semuanya demi uang sih ya, kaya film Kamen rider sekarang karena fokus jualan mainan ceritanya jadi jelek….

    Suka

  6. Sy dl jg pernah dpt stiker kyk gitu, ga terlalu merhatiin krn nempelinnya di balik jok, knapa ga skalian pke stiker kualitas bagus dan ditempel dkt indikator spidometer aja klo memang niatnya utk pengingat?

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.