Satu LDIC / Bekakas nggak ada yang baca datasheet? oli mineral kok disebut full sintetik


Di LDIC (long drain interval community) atau bekakas (bergejil suka motor bekas) kadang kita jumpai kata petuah berikut:

b. bajet penting karena disini rider bisa dapat oli apa, mau oli dari base apa.. dari terendah
– mineral
– semy synt
– full syn
secara umum, semakin baik bahan dasarnya.. akan semakin baik jg dia menjalankan fungsi2 oli di mesin.

Kadang disebut jarak pakai bisa tergantung dari bahan olinya:

– maximal oli motor
a. base mineral 1000-1500km
b. semy 2000-3000km
c.full synt 3000-4000km

– oli mobil bisa lebih,
mineral 4000km
semy synt 6000km
ful synt 10.000km bahkan up.

Oli sintetik itu benar benar dipuji:

– misal pake oli mineral beres dipake 4000km/5bln kemungkinan timbul kerak lebih tinggi dibanding pake oli full synt yg beneran full synt.

Kalau sampai nggak bisa merasakan bahwa oli sintetik lebih baik, maka disebut feelingnya yang perlu diasah:

– buat yg udh gonta ganti merek tp ga merasa ada perbedaan, mungkin perlu ganti base oil.. misal biasanya pake base mineral, coba pake full synt. kalo masih sama aja.. feel riding/kepekaan ridernya yg perlu diasah hehe
#perolianbekakas

Dari banyak klaim tersebut, jadi menarik juga melihat rekomendasi oli sintetik dari mereka, berikut ini contohnya (catatan: penulis sudah diblok di kedua grup tersebut):

*full synt 100rb up
mobil1 5-40, fastron gold 5-30, total ineo/future9000 5-30, shell helix8, shell helix ultra dll

Penulis pun mencoba cek, apa benar rekomendasi tersebut oli full sintetis beneran. Ternyata tidak. Cuma mobil 1 thok yang ada kandungan PAOnya.

Yang lainnya malah cuma nyebut hydrotreated alias grup 2:

Update, barusan nemu SDSnya, 90-99% hydrotreated:
https://basauto.com.au/download/307/msds/7217/sds-fastron-gold-5w-30-api-sn.pdf

Oli Lubrigold yang barusan dipopulerkan juga hydrotreated walau namanya ada sebutan full sintetik:

Walau shell punya sebutan sendiri, tetap saja bukan PAO:

Penulis tambah lagi dengan oli yang terkenal sebagai oli full sintetik, yaitu Motul dan Ipone. Motul 300V itu terkenal oli 100% sintetik.

Tapi nyatanya isinya hydrotreated:

Ipone Stroke 4 yang populer di dunia balap, yang di bungkus tertulis 100% synthetic, ternyata juga hydro treated juga:

Jadi sayangnya yang di Bekakas ataupun di LDIC itu nggak ada yang beneran mengecek SDS dari oli. Jadi nggak heran kalau kadang rekomendasi itu bisa jadi mengecewakan ketika dicoba. Contohnya dari bro berikut yang mencoba fastron gold yang katanya oli full sintetik:

Ya semoga bukan sebuah kesengajaan. Tahu bahwa itu aslinya oli mineral, tapi tetap disebut sebut sebagai full sintetik biar barang dagangan tetap dibeli orang.

Penulis juga kecewa dengan pengalaman penulis coba Amsoil Signature Series 5W50. Kali ini juga kecewa dengan oli Adnoc yang ternyata tidak sesuai rekomendasi. Top speed turun, akselerasi juga turun. Asli nggak cocok dipakai oli balap.

Penulis memang pakai tipe Bronze:

Tapi sebenarnya bahan utama sama saja dengan tipe gold, sama sama hydrotreated, walau yang gold itu disebut full sintetik sama pabriknya:

Yang tulisannya full sintetik nggakjaminan baik olinya. Apalagi sekarang malah sering bohongan full sintetiknya. Tapi heran karena di grup yang membernya ratusan ribu nggak ada yang sadar bahwa full sintetik yang direkomendasikan ternyata palsu.

Mohon lah ya, yang merekomendasi oli full sintetis untuk cek sds dulu sebelum melakukan rekomendasi. Jangan sampai membesar besarkan manfaat oli sinetis, tapi yang direkomendasikan ternyata oli mineral grup 2.

Kalau penulis sih untuk sementara oli yang terbaik masih oli grup 1 mesran SAE 40 tanpa B.

15 respons untuk ‘Satu LDIC / Bekakas nggak ada yang baca datasheet? oli mineral kok disebut full sintetik

  1. Apa perlu didefinisikan lagi tentang apa itu oli full sintetik?
    Karena menurut saya masa berbagai pabrikan oli besar berani “bohong” tentang olinya?

    Suka

  2. Kira kira kalau minyak goreng diganti blue band yang dicairkan bagaimana ya? Apakah bagus? Apakah akan memadat lagi didalam mesin setelah dingin? Kalau diminum sih lebih enak blue band cair daripada Bimoli…..

    Suka

    • Mnurut saya bkn masalah memadat lg atau ngga
      Tp ini blueband pembersihan keraknya sangat kuat
      Ruang bakar aja kerak pd protol udh saya buktiin sndiri
      Klo msk bak mesin dtakutkan malah seal2 paking2 yg dh rapat trtutup oleh kotoran2 entah itu kerak atau karbon akan bersih scr berlebihan jdnya mesin malah rembes dmn2..
      Buat ruang bakar aja saya gunakan bila sangat perlu aja klo tiap hari dtakutkan mlh kerak yg mmbantu merapatkan kompresi jd ikutan hilang alhasil mesin yg dh berumur jd ngempos tenaganya

      Suka

      • Begitu? Malah butuh kerak ya,, pantas cryptonku yg sudah 23 tahun 2kali kucampur blueband ke tangki bensin tenaganya agak berkurang, setelah beberapa hari kemudian baru tenaganya balik lagi,,

        Suka

      • Oh, bgitu ya bro, klo di beat fi 2013 sy baru 2x ini sy campur stngah sendk makan bluben k dlm 3, 5 ltr pertamax, khusus yg beat ini sy campur blu ben nya seminggu sekali. Mesran 40 (kali ini tanpa migor) masi trcapai skitar 200 KM, makin lama malah makin haluuss dan tdk merasakan ada pnurunan performa.

        Tp yg di vario125 rasanya sperti ada sdikit penurunan performa, slama seminggu ini tarikan bawah jd lebih berat, sudah sbulan ini rutin sy cmpur 1/2 – 1 sdk mkn blu ben dgn 5 ltr prtmx, dlm seminggu bisa 2 x mencampurkan blu ben nya. Mesransuper+bimoli sudah skitar 1000KM, tp jg tetep aluuss.

        Entah penurunan performa vario krn pake blu ben, ato krn sdh 5 bln ini tdk servis, ato krn hal lain.

        Suka

    • Kalau hanya untuk melicinkan, maka pakai margarin mestinya nggak usah banyak. 1% sudah sangat berlebihan kalau dari teori. Dengan jumlah itu nggak akan olinya jadi padat. Margarin juga 95% stearic acid. Lupa kelemahan stearic acid. Tapi kalau pakai sedikit maka kestabilan oli nggak banyak berubah.

      Suka

      • Iya penasaran saja, karena itu kemarin aku coba oli baru merk Eni SAE 50 ke cryton kucampur blue band satu sendok makan yg kucairkan dulu, rasanya agak berat tarikannya tapi suara mesin lebih senyap, tapi menurutku oli Eni ini jelek, nanti setelah 500km mungkin kuganti, sekarang baru jalan 180km,,

        Suka

          • Memang olinya terasa nggak enak, kalau mesin masih dingin terasa kurang licin dan agak berisik getarannya di stang juga terasa, setelah mesin panas baru senyap dan terasa lebih halus, untung dapat sampel oli gratisan sayang kalau beli, karena nggak tahan akhirnya tadi kuganti dengan Mesran super SAE 40 650ml dan 150ml Bimoli seperti biasanya, langsung enak kembali,
            Bener oli yg didrain udah hitam walau baru 230km,

            Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.