Suspensi depan Honda Vario 150 terlalu keras enaknya diapakan? Ganti per saja


Di grup OMPAMG ada yang tanya enaknya suspensi depan vario 150 pakai oli apa karena yang sekarang terlalu keras. Pertanyaan yang amat sangat wajar karena penulis sendiri pernah merasakan betapa tidak manusiawinya suspensi depan dan belakang Honda Vario 150.

Penulis menyarankan untuk ganti per dulu, tapi sayang penulis tidak tahu pakai apa. Ternyata ada yang bisa jawab, mending pakai per Beat saja:

Menurut bro Soekmono Dirgantara, ukuran per Honda Beat sama persis. Jadi yang merasa suspensi depan Honda Vario 150nya terlalu keras, bisa coba trik ini.

Soal oli, mungkin lebih baik beli oli shockbreaker khusus. Tinggal pilih kekentalan berapa. Di toko online banyak juga yang jual.

Bagaimana aditif pengatrol VI di oli merusak kemampuan oli? (grup oli cuek soal ini)


Jadi ada bro yang protes dengan pembahasan penulis yang intinya penulis salah bilang keenceran karena pabrik sudah bisa menghitung angka KV40, KV 100 dan HTHS:
Cara mengecek kebohongan sertifikasi API, JASO dan SNI, contoh: oli mesin X-Ten

Berarti bro aji, ” hanya perasaan aja” ( kemrasak), memastikan oli merasa encer, dan jelek, tdk sesuai spesifikasi. Begini bro, oli yg branded semacam Xten, Shell, castrol, mempunyai laboratorium yg sangat lengkap dan sangat mahal. Kekentalan oli / Kinematik viscosity/KV diukur pada suhu 40°C dan 100°C, utk mendapatkan profil perubahan viscosity terhadap temperatur, dan disebut VI= VISCOSITY INDEX. Ini mempunyai aturan baku, misalnya 10W40, maka KV 100= 12.5-16.3 cst( centi stoke). Pada saat anda berlari dgn kecepatan maximal, apakah oli masih mampu melindungi engine parts? Lha ini juga ada parameter ukur nya bro, namanya HTHS= high temperature high shear, yaitu ukuran kekentalan oli yg harus dipenuhi oleh oli saat temperatur tinggi dan gesekan tinggi terjadi. Satuannya mpas, bro. Misalkan 10w40 , HTHS minimal : 2.9 mpas. Jadi bro aji, harus belajar dahulu lebih dalam, sebelum menulis karena bisa menyesatkan pembaca.

Soal Xten punya lab sendiri menurut penulis terlalu mengada ada karena secara resmi dijelaskan bahwa Xten nggak punya pabrik blending sendiri, nebeng di Baria Tradinco:

Protesnya sendiri menurut penulis tidak beda jauh dari protes Baca lebih lanjut

Minyak goreng nggak bagus untuk mesin karena nggak bagus untuk kipas angin?


Jadi entah mengapa banyak yang mempertanyakan soal pemakaian minyak goreng. Yang utama sih dari yang diomongkan oleh Olwan William, bro yang aktif posting soal pelumasan di grup Bekakas. Terakhir dia ngomong bahwa minyak goreng itu nggak bagus untuk mesin:

Ngomong begitu tanpa pakai dasar uji lab ataupun kutipan dari penelitian. Tapi asal ngomong seenaknya yang maunya itu dianggap fakta. Padahal faktanya minyak kelapa sawit bisa jadi banyak produk: Baca lebih lanjut

Pemilihan oli transmisi menurut profesor Widman, kadang bukan soal GL4 atau GL5


Warning: panjang.
Sebenarnya banyak yang tanya kalau untuk oli transmisi pakai apa, tapi biasanya penulis anjurkan pakai oli mesin saja. Kali ini bahas serius oli khusus transmisi motor matik, walau mau nggak mau berkaitan dengan transmisi mobil juga.

Untuk bahasan kali ini penulis terpaksa harus memilih satu sumber, yaitu dari profesor Richard Widman dari widman.biz:
The Difference between GL-4 and GL-5 Gear Oils by Richard Widman

Harus memiliih satu sumber karena opini untuk ini sangat banyak. Bahkan beda pabrikan pun infonya bisa beda. Walau misal Baca lebih lanjut

Apa efek anti oksidan yang ada di minyak goreng pada mesin? Berapa SAEnya migor? Data dari jurnal!


Bro pemakai motor tanya berikut ini:

Sy pernah baca di kemasan migor, mengandung antioksidan, apa itu jg berpengaruh terhadap kinerja migor saat dicampur oli?

Anti oksidan yang dimaksud itu adalah β-karoten.
Applications of Supercritical Fluid Extraction (SFE) of Palm Oil and Oil from Natural Sources

Kontroversi Fortifikasi Vitamin A dalam Minyak Goreng

Penjelasannya sendiri simpang siur. Apalagi kalau sumbernya media, kadang sampai ada yang ngomong begini: Baca lebih lanjut

Minyak goreng disebut mengandung FAME dan gliserin? bro/sis, FAME itu biosolar! Cara mudah cek oksidasi oli


Maaf yang berikut ini ternyata salah paham. Seharusnya bukan FAME tapi fatty acid.
Ternyata bro Adhie aktif banget menjelek jelekkan penggunaan minyak goreng sebagai aditif oli mesin

Ida Minyak goreng mengandung senyawa ester ” fatty acid methyl ester” pasti oxidationya tinggi kalau yang dipakai baca sebagai base line FTIR adalah general lubes non ester, mengapa?

Yang jelas minyak goreng tidak mengandung FAME Berikut keterangannya: Baca lebih lanjut

Sama sama restorasi mesin, apa bedanya Nano Energizer dengan Xado Revitalizant?


Motor penulis itu kena FD, fuel dilution, oli mesin kecampuran bensin. Harusnya solusinya adalah bongkar dan ganti part karena bisa jadi sudah seperti yang berikut ini:

Tapi karena ditolak istri, jadinya selalu cari cara untuk mengatasi atau kalau bisa mengurangi. Pakai minyak goreng terbukti ampuh membuat oli lebih tahan FD (Amsoil yang ada PAOnya terbukti nggak ampuh). Merubah setelan Baca lebih lanjut

Ternyata bro Adhie aktif banget menjelek jelekkan penggunaan minyak goreng sebagai aditif oli mesin


Sebelumnya penulis sempat membahas bagaimana bro Adhie menggunakan datanya bro Turboman untuk klaim bahwa minyak goreng itu jelek untuk mesin:
Hoax minyak goreng versi bro Adhie, uji oli diambil dari wajan diklaim diambil dari Innova

Saat itu penulis sudah kasih link di serayamotor. Penulis pikir bro Adhie ini bakal sadar bahwa data yang dipakai itu tidak relevan. Tapi ternyata bro Adhie inilah Baca lebih lanjut