Saking beratnya, motor balap Ducati V21L nggak pakai winglet?


Akhirnya motor balap listrik merek (note: nggak bilang buatan) Ducati yang mau dipakai di MotoE sudah dipublikasikan. Motornya adalah Ducati V21L:

Entah mengapa Ducati memaksakan penamaan V di motor listrik ini. Entah juga 21L itu indikasinya apa. Mustahil baterai atau motornya pakai V. Masa ya ukuran baterainya 21 liter? atau penulis salah? tahun depan namanya jadi V22L?

Lnya jelas bukan singkatan dari kata “listrik”. Entah kalau V dan L itu merupakan penghormatan terhadap konfigurasi motor yang dulu L sekarang disebut V.

Ada yang menarik juga pada motor ini. Ducati itu kan dikalangan media sering disebut ahlinya aerodinamika kan (nggak juga sih)? Tapi di motor ini terlihat bahwa faktor aerodinamikanya sangat minim. Di moncong depan nggak ada lubang, nggak ada winglet. Belakang ban pun ditambal total:

Ada lubang kecil depan pun rasanya untuk kamera. Kalau dibuat pendinginan baterai atau motor penggerak rasanya kok kurang.

Di belakang juga nggak dipasangi winglet swing arm yang dulu sempat membuat lembaga MotoGP mempermalukan dirinya sendiri:

Tapi penulis pikir pikir lagi mungkin memang nggak butuh ya. Bukan karena motor ini nggak kencang. Karena pastinya motor ini bisa melaju di kecepatan 240 km/jam di lintasan sirkuit. Tapi karena motor ini berat. Amat berat.

Yang berikut ini sepertinya bisa jadi tanda beratnya motor:

Bandingkan dengan motor Vinales lagi wheelie saat akselerasi berikut:

https://www.yamahamotogp.com/media/photo

Penulis merasa kelihatan beda.

Energica Ego MotoE beratnya 260 kg. Tambah rider bisa 330 kg? Mestinya Ducati V4L nggak beda beda jauh. Jadi lumrah kalau berat sekali juga.

Karena motornya berat sekali, maka soal grip mestinya nggak begitu jadi masalah. Yang jadi masalah mungkin adalah keawetan ban dan ketahanan ban.

Jadi penasaran kalau motornya roboh bagaimana. Apa Marshal bisa bantu ya? Karena untuk memberdirikan motor MotoGP saja susah kalau di gravel.

2 respons untuk ‘Saking beratnya, motor balap Ducati V21L nggak pakai winglet?

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.