Mengenal spesifikasi oli Dexos 2, standar yang lebih tinggi dari API


Ada beberapa isu bahwa standar Dexos itu lebih ketat daripada standar API? Sehingga beberapa orang itu lebih memilih oli Dexos daripada oli API, seperti rekomendasi bro berikut:

Apa itu benar?

Kalau menurut pabrikan oli, iya benar: Baca lebih lanjut

Iklan

Rekomendasi oli 0W20 berdasar pour point


Ini sekedar tempat untuk mencatat hasil nemu data pour point yang jadi indikasi kandungan PAO di oli 0W-20. Makin negatif makin banyak PAOnya. Makin banyak PAO olinya lebih tahan shear.

Untuk merek 0W-20, fastron gold -42, mendekati mobil 1 esp -45., ravenol EHS -45, motul 8100 eco clean -45, valvoline synpower -45, shell ultra -48, idemitsu -48, eneos -45, total 9000 -42, liqui moly special tec -45, Aisin -45, q8 d1 -46

kalah dari amsoil ASM -53, shell helix eco -54

menang dari castrol edge/ fastron eco green / repsol

mitsubishi botol hitam buatan shell.

Yang menarik adalah shel helix eco yang PAOnya sepertinya banyak

Padahal harganya termasuk murah, ini di lapak resmi: Baca lebih lanjut

Mengomentari hasil analisa oli palsu, lho, selain aditifnya, kok sip hasilnya?


Kompas merilis hasil uji oli palsu yang kemasannya sangat mirip aslinya, dan barcodenya bisa berfungsi.
https://www.youtube.com/watch?v=4PZ7X5pPzcU

Penulis abaikan testimoninya karena tidak ada penjelasan itu pakai oli palsu yang bagaimana. Cuma asumsi. Tapi penulis lebih tertarik bahas hasil analisa yang dilakukan di Surveyor Indonesia: Baca lebih lanjut

Biaya uji oli standar nasional “tidak mahal”, cuma 30 juta


Selama ini orang pada ngomong bahwa uji oli itu murah. Padahal uji murah yang dimaksud itu sebenarnya tidak memadai untuk mengetahui bagaimana sebenarnya kualitas oli yang dimaksud. Padahal untuk mengetahui 1 sifat saja dari oli sudah ratusan ribu:
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 81 TAHUN 2019 TENTANG JENIS DAN TARIF ATAS JENIS PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK YANG BERLAKU PADA KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

Yang nggak kelihatan misalnya uji KV100 senilai 250 ribu.

Lalu berapa nilainya kalau butuh tes komplit untuk standar Indonesia? Katanya 30 juta: Baca lebih lanjut

Alasan lagi untuk tidak pakai Sabrina sebagai aditif oil mesin, ada endapan


Sabrina adalah minyak goreng yang sekarang ini tidak penulis rekomendasikan karena saat penulis pakai justru membuat daya tahan oli mesinnya jadi berkurang.

Nah kali ini ada masalah lagi yaitu soal keberadaan endapan di Sabrina:

Berikut detilnya: Baca lebih lanjut

Menurut Noria, oli mesran justru lebih hebat membersihkan sludge daripada oli sintetik (PAO ataupun hydrotreated)!


Penulis sudah buat video ini tapi rupanya judulnya salah sehingga nggak begitu ditonton. Salah judul mungkin karena info yang penulis temukan ternyata arahnya lain dari rencana semula. Rencana awal mau bahas betapa minimnya efek dari detergent pada oli:

Yang lebih penting harusnya dari bahan olinya. Dan ternyata dari Machinery Lubrication, atau Noria Corp, menyatakan bahwa oli yang bahan grup 2 atau lebih tinggi itu malah lebih sulit membersihkan sludge atau varnish: Baca lebih lanjut

Masa ganti busi dari pengalaman = 15 ribu km, iridium tidak bikin awet busi, brisk & BRT nggak sip


Dari yang penulis tahu, rekomendasi ganti busi itu termasuk sering, biasanya kurang dari 10 ribu km. Seperti misalnya Honda, rekomendasi 8 ribu km katanya:
Kapan Waktu Ganti Busi Standar Motor Honda? Ini Jawabanya

PT Astra Honda Motor (AHM) disini menggandeng NGK dan DENSO untuk mensuplai suku cadang busi konsumenya. Honda juga menyarankan bahwa waktu pakai busi normal adalah 8.000 km, jadi setiap 8 ribu kilo busi standar lebih baik diganti.

Setiap masdab beli busi NGK atau DENSO pasti disana juga ada tulisanya “Umur pemakaian normal: 8000 km”.

Dari pabrikan businya sendiri menyebut bahwa kalau yang aftermarket masa pemakaian lebih dari standar, walau mereknya sama persis. Contoh Baca lebih lanjut

Berapa sih beda suhu oli mesin di saat dingin dan panas


Ada argumentasi bahwa suhu oli itu akan selalu sama walau kondisi cuacanya dingin atau panas. Tapi apa sebenarnya begitu?

Penulis sudah cari info ini sejak lama, tapi akhirnya nemu informasinya. Sharingan berikut ini. Ingat ya, penulis nggak ambil yang share data suhu mesin / coolant, tapi cuma yang suhu oli mesinnya saja. Data penulis konversi ke derajat celcius
Oil temps: Summer vs Winter Baca lebih lanjut