Logikanya vs buktinya soal oli mesin untuk motor


Kadang keputusan kita itu dipengaruhi oleh logika yang sebenarnya merupakan bentuk dari kebiasaan orang. Tapi ketika kita melihat ada bukti yang berbeda, maka bisa terjadi kita melakukan di “luar” logika.

Sebelum muncul standar JASO, orang biasa pakai oli mesin mobil (PCMO / HDEO) di motor. Setelah muncul standar JASO, karena sama JALOS dianggap oli mobil mulai terlalu encer dan aditifnya mulai nggak baik untuk motor, maka terbentuk kebiasaan orang pakai oli JASO untuk motor. Kemudian mulai muncul oli khusus motor matik. Orang pun mulai terbiasa menggunakan oli khusus untuk motor matik untuk motor matiknya.

Sebelumnya pabrikan biasa memberikan rekomendasi kekentalan lebih dari satu. Konsumen disuruh memilih kekentalan sesuai dengan kondisi tempat penggunaan motornya. Tapi semenjak Honda melakukan pengujian top speed motor dengan kekentalan oli yang berbeda (di Jepang mestinya), Honda pun memutuskan seluruh dunia harus pakai kekentalan 10W30. Orang pun mulai terbiasa menggunakan oli 10W30 kalau motornya Honda.

Sekarang ini logikanya kalau motornya Honda, maka oli yang cocok adalah yang kekentalannya 10W30. Tapi buktinya, cukup banyak pemilik motor Honda yang justru merasa performa motor makin ok, motor makin kencang, suara motor lebih halus dengan menggunakan oli yang lebih kental.

Sekarang ini logikanya, kalau untuk motor oli yang cocok adalah yang ada JASOnya. Untuk motor matik logikanya pakai oli khusus untuk motor matik. Tapi buktinya nggak sedikit yang pakai oli mobil, baik PCMO atau HDEO yang justru jadi puas. Ada yang sekarang di motor laki atau bebek pakai Prima XP, Deltalube Adventure, Fastron Techno, Shell Helix HX-6, Shell Rimula dst.

Yang dilakukan oleh Harley itu logikanya sekarang dianggap bodoh karena oli motor kok nggak pakai JASO MA, malah disuruh pakai oli diesel, walau memang segera disuruh oli merek HD lagi. Masa di tahun 2021 Harley nggak tahu ada standar JASO? Rekomendasi kekentalan juga logikanya bodoh karena kekentalan disuruh menyesuaikan suhu:
2021 HARLEY-DAVIDSON® OWNER’S MANUAL: SOFTAIL® MODELS

If necessary and H-D 360 is not available, add oil certified for diesel engines. Acceptable designations include: CH-4, CI-4 and CJ-4. The preferred viscosities, in descending order are: 20W50, 15W40 and 10W40.

Yang dilakukan BMW untuk motor skuter maxinya itu logikanya bodoh karena motor skuter pakai oli JASO MA2, berikut manualnya untuk C400. Apa di tahun 2021 BMW nggak ngerti ada standar JASO MB?
C 400 GT 0C63 USA

Nah, sekarang ini ada yang mengatakan bahwa minyak goreng itu cocoknya bukan untuk dipakai di motor. Tapi buktinya, sudah ratusan testimoni yang mengatakan bahwa setelah oli mesin dicampuri minyak goreng, suara mesin makin halus, oli makin awet, performa motor jadi makin baik.

Nah, pilih mau mengikuti logikanya atau mengikuti buktinya?

7 respons untuk ‘Logikanya vs buktinya soal oli mesin untuk motor

  1. Motor pario125 yg kemarin sudah terisi 800ml mesran SAE40, wkt itu ada peningkatan akselerasi stelah ditambah bimoli 50 ml, Tp pagi ini sy coba buang 100ml olinya utk sy masukkan 50ml bimoli lagi, ternyata belum ada perubahan, halusnya mesin masi sama dgn sebelumnya, akselerasi jg sama. Masih tetep lebih halus klo pake mesransuper 20w50+20%bimoli,
    Mgkn lain kali sy pake rasio bimoli yg lebih banyak.

    Suka

  2. Mas klo motor mio generasi baru yg blue core lebih baik pakai oli 10w-40 atau yg lebih kental spt mesran super/pft ungu buat dicampur migor 10%?
    Klo pke oli kental 20w-50 di motor baru itu nanti lama2 bisa bikin lumpur oli di mesin ga sih?
    Oh Iya terus oli gardan buat mio/beat seri terbaru itu bagusnya pke apa ya? Pke oli yg kental 20w-50 buat gardan aman ga?
    Terima kasih 🙏

    Suka

    • Oli terlalu encer juga bisa bikin lumpur. Buktinya dari grup pemilik mobil yang pakai oli encer bisa dilihat banyak yang menyarankan pakai engine flush.

      Mencegah lumpur kuncinya ganti sebelum olinya hitam, sebelum olinya berkurang, sebelum mulai mengental.

      10W40 cocok kalau di pegunungan. Kalau nggak dipegunungan coba lebih kental saja. Atau silahkan coba Mesran SAE 40 dulu. Ini bisa dipakai oli gardan juga.

      Minyak goreng bisa dipakai di semua kekentalan.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.