Penelitian yang jadi alasan mencoba pakai margarin di bensin



Penulis sering bilang bahwa salah satu alasan penulis merekomendasikan pemakaian margarin sebagai aditifnya bensin adalah karena penulis pernah lihat penelitian yang menyebutkan bahwa stearic acid punya efek membersihkan deposit. Yang penulis tahu stearic acid banyak terdapat di margarin. Mungkin salah, ini infonya
Teknologi Pengolahan Margarin Dari Fraksi Stearin Cpo (Curd Palm Oil)

Tapi sayangnya penulis nggak simpan link penelitian tersebut. Oleh karena itu penulis cari lagi, dan menemukan beberapa yang relevan.

Jadi berikut contoh referensinya, stearic acid sama google diterjemahkan jadi asam stearat:
Sebagai permbersih karbu:
EP0240255A2 – European Patent Office – Anti-fouling fuel composition

Contoh-contoh mengungkapkan pembuatan poliamida dari tetraetilen pentamina yang menggunakan campuran asam stearat dan asam stearat bercabang metil. Meskipun penggunaan senyawa ini akan berguna dalam menjaga karburator tetap bersih, biasanya tidak ada kekhawatiran tentang pengotoran karburator, karena sekrup yang mengatur rasio udara terhadap bahan bakar tidak disegel pada mesin dua siklus. Selain itu, mesin dua siklus biasanya tidak dirancang untuk aplikasi tipe jarak tempuh tinggi. Aditif ini biasanya ditambahkan ke bahan bakar pada tingkat sekitar 500 pon per seribu barel (ptb). Namun, penggunaan tingkat aditif tinggi ini dalam mesin empat siklus tidak akan diinginkan berdasarkan pertimbangan ekonomi dan operasional.

Sebagai pelicin / pelumasnya bahan bakar:
Komposisi dan metode untuk meningkatkan pelumasan dalam bahan bakar

Produk komersial TOLAD® 9103 Fuel Lubricity Aid yang dijual oleh Baker Petrolite Corporation hanya mengandung sekitar 3,8 % berat, asam stearat (asam lemak monomer jenuh) dalam campuran spesifik dan kompleks dari monomer tak jenuh dan asam lemak oligomer tak jenuh dan pelarut aromatik berat. Ini memiliki karakteristik kinerja yang lebih baik daripada produk yang tidak mengandung asam jenuh tingkat tinggi ini. Namun, kadar asam stearat lebih tinggi dari 3. 8% cenderung terpisah dari produk dalam keadaan berdiri yang membatasi kegunaannya sebagai aditif. Cukup dengan meningkatkan proporsi asam stearat dalam TOLAD 9103 Fuel Lubricity Aid di atas sekitar 3,8% menghasilkan produk yang tidak stabil

Pengurang depositf, varian stearic acid:
EP1840192A1 European Patent Office – Treated port fuel injectors

Penggunaan :
Stearic Acid Market for Lubricants, Personal Care, Fuel Additives, Rubber Processing, Soaps & Detergents and Other Applications: Global Market Perspective, Comprehensive Analysis and Forecast, 2016 – 2022

Global Stearic Acid Market: Application Analysis
-Lubricants
-Personal Care
-Fuel Additives
-Rubber Processing
-Soaps & Detergents
-Others

Penggunaan sebagai aditif:
Some studies on a single cylinder Di-Diesel Engine with coconut biodiesel (come) and triacetin additive blends as alternate fuel

Karena hubungan terbalik antara aliran dingin dan stabilitas oksidatif (dan angka setana), desain bahan bakar yang optimal untuk semua lingkungan bisa menjadi tugas yang cukup sulit. Namun, informasi yang diperoleh dari simulasi campuran minyak dapat memberikan wawasan tentang komposisi asam lemak yang ideal untuk bahan bakar. Aditif dapat memainkan peran penting, dalam hal ini, memberikan penyesuaian nilai angka setana yang tidak dapat disesuaikan hanya dengan komposisi campuran diesel-biodiesel. Sebuah cara untuk mendapatkan minyak dengan stabilitas oksidatif yang meningkat dan bilangan setana yang menggabungkan asam oleat dan asam stearat telah diusulkan. Bahan bakar tersebut dapat digunakan di iklim yang lebih hangat daripada iklim yang lebih dingin karena penurunan aliran dingin yang terkait dengan peningkatan kandungan asam lemak jenuh. Selain itu, untuk menggabungkan stabilitas oksidasi (dan bilangan setana) dengan peningkatan pelumasan, Kinney dan Clemente [2005] menyarankan campuran asam oleat dan asam risinoleat, dalam minyak kedelai.

Berikut ini tidak termasuk, tapi menjelaskan sedikit sifat stearic acid:
Benchmarking of Biodiesel Fuel Standardization in East Asia Working Group

Dari banyak penjelasan, sepertinya stearic acid ini lebih banyak fungsinya kalau dipakai sebagai aditifnya diesel.

18 respons untuk ‘Penelitian yang jadi alasan mencoba pakai margarin di bensin

    • baiknya dicairkan dulu kalau sulit untuk tidak menghindari menyentuh bibir tangki saat pakai. Margarinnya jangan sampai kena bibir tangki karena bisa menyebabkan karat.

      Suka

      • waduw, klo sy seringnya margarin lgsung sy plotot dan nyentuh bagian logam tengah bibir tangkinya, tp krn bensinnya penuh, jadi mungkin sisa margarin bisa itu terbilas oleh bensin dan jatuh ke bak bensin, ketika motor dipake apalagi saat guncangan krn lwt poldur. pario125 baru seminggu diservis aja uda gredeg lagi, spertinya harus segera dikasi bluben lg ni, hehehe

        Suka

        • jangan di kompor. Kalau di kompor takutnya jadi teroksidasi. Selama ini tidak ada masalah dengan air. Ingat yang dipakai itu 0,05%. sementara kandungan air di margarin juga berapa, mungkin cuma 0,01% juga. kalau dikali kan jadi 1/sejuta. Lebih banyak yang dari cuci motor kayaknya

          Suka

      • Bibir tanki kendaraan saya udah pada berkarat duluan om akibat pemakaian jangka panjang, sebelum tau ini info pakai margarin ternyata eksis wkwkwk.
        Maklum motor seringnya di luar kena suhu dingin dan hujan, mungkin akibat efek embun ketika tanki dalam keadaan tidak penuh lama kelamaan meninggalkan karat tapi ya memang rata-rata tanki bensin ketika sudah lama memang berkarat soalnya pernah baca info soal itu.

        Jadi gimana nih baiknya om ga papa atau tetep jgn sampai kena biar ga makin berkarat?

        Suka

        • sip. Iya, bensin menguap memang bisa jadi sumber air juga.

          Tidak apa apa kalau sudah begitu. Mungkin bisa coba pakai tambal panci di bagian luar bibirnya? Penasaran karena yang beat dan nex2 nggak ada karatnya walau lebih tua dari nmax.

          Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.