Barusan ada yang protes soal uji panggang penulis yang menunjukkan amsoil mendidih duluan. Protes karena penulis menolak hasil uji oli minyak goreng dipanggang di wajan.
Ini membuat penulis teringat juga ada yang klaim berikut ini:
https://www.facebook.com/lighty.ilusia/posts/4619611398074428
Nah sebenarnya berapa panas mesin itu? atau lebih tepatnya bagian mana sih yang dimaksud pada kata kata mesin?
Rasanya bagian paling panas pada mesin itu adalah ruang bakar. Suhu ruang bakar itu banyak disebut kalau sudah bahas soal busi. Berapa suhunya? Berikut contoh penjelasannya:
Spark Plug Heat Range
Brisk menggambarkan hubungan antara suhu ruang bakar dengan beban sebagai berikut. Dijaga agar busi tidak overheat dengan pemilihan heat range yang sesuai:
Brisk HEAT RANGE
Jadi panas ruang bakar disarankan untuk dijaga antara suhu 450° hingga 800°.
Bagaimana dengan ruang oli? Berapa suhu yang direkomendasikan? Nggak mungkin kan ruang oli dibuat sepanas ruang mesin? Karena lihat saja oli Kendall GT1 Max yang konon katanya adalah oli full sintetik, lihat berapa flash pointnya:
https://kendallmotoroil.com/product/gt-1-max-motor-oil-with-liquitek/
Flash point merupakan suhu dimana oli bakal terbakar. Flash Point dari Kendall GT1 Max adalah 232°C, ini separuh dari suhu minimum ideal ruang bakar yang 450°C. Kalau suhu ruang oli itu sepanas ruang bakar, ya olinya bakal sudah kebakar habis sekali pakai! Jadi jelas suhu ruang oli tidak sepanas ruang bakar.
Dijelaskan oleh website Noria, Machinerylubrication, bahwa pengujian kekentalan pada suhu 100°C dilakukan karena suhu itu yang paling mewakili suhu kerja mesin:
How to Test Industrial and Engine Oils
Pada kenyataan disebutkan bahwa suhu ruang oli ideal tergantung pada kendaraannya. Contohnya:
Oil Temperature and Engine Life
What Is The Optimum Engine Oil Temperature?
Catatan:
180°F = 82°C
212°F = 100°C
230°F = 110°C
250°F = 121°C
275°F = 135°C
300°F = 149°C
350°F = 177°C
Noria menjelaskan bahwa suhu kerja maksimal dari tiap tiap bahan oli adalah sebagai berikut:
Guidelines for Selecting High-temperature Lubricants
Oli grup 1 suhu kerja maksimalnya 93°C
Oli grup 3 suhu kerja maksimalnya 121°C
Oli PAO suhu kerja maksimalnya 132°C
Oli Silikon suhu kerja maksimalnya 232°C
Suhu tersebut jauh di bawah suhu ideal ruang bakar.
Bagaimana dengan minyak goreng? Berikut penjelasan suhu kerja dari minyak goreng, disebut lebih stabil pada suhu panas:
https://www.sciencedirect.com/topics/pharmacology-toxicology-and-pharmaceutical-science/palm-oil
Bisa dilihat sendiri bahwa minyak goreng dari bahan minyak kelapa sawit mempunyai suhu operasi yang jauh lebih tinggi dari bahan oli PAO sekalipun.
btw, mungkin lihat bahwa suhu kerja untuk oli mineral ternyata cukup rendah. Faktanya memang seperti itu. Mungkin memang cocoknya oli mesran itu dicampur dengan minyak goreng 😁 .
Bukannya udah logikanya ya suhu gorengan lebih tinggi. Oli di Ruang bakar setelah ada ledakan langsung disapu, bersirkulasi lagi. Sedangkan migor konstan kena panasnya kompor
SukaSuka
entah ya, banyak yang berpendapat oli mesin itu kena panas lebih tinggi dari wajan.
SukaSuka
Hampir semua pernyataan itu berdasarkan pengalaman atau feeling saja, bukannya pakai alat pengukur suhu yg valid, dan saya yakin lebih banyak main feeling. Coba tanyakan berapa banyak yg sering di dapur, entah itu chef, tukang masak atau sekedar hobi masak, pernah pegang panci/wajan panas yg api kompor masih nyala? Pernah kena percikan minyak waktu goreng ikan? Bandingkan dengan pegang langsung knalpot atau blok mesin panas yg motornya sdh dihidupkan lebih sejam.
Saya pernah mengalami semua, tidak sengaja memegang/menyentuh benda2 tadi. Dan apa rasanya? Sakit… bukan panas, tapi sakit yg sangat menusuk kulit. Ada batasan kemampuan syaraf manusia untuk merasakan sesuatu, kalau sdh diatas ambang batas ya lewat.
Contohnya kita masih sanggup pegang segelas kopi panas yg suhunya berkisar 80 – 90 ‘C itupun ndak lama. Tapi bagaimana kalau harus pegang benda panas dgn suhu misal 200 ‘C apa masih bisa membedakan dgn yg suhunya 230 ‘C? Makanya edukasi itu penting, kalau bicara soal teknis ya tolok ukur harus dgn alat teknis juga, bukan main perasaan
SukaSuka
Itu treshold pain kulit manusia gan.
Bahan kimia maupun logam ga bisa disamain dengan kulit manusia.
Kulit Manusia batasannya 42℃ (107,6°F), itu-pun saraf rasa sakit mulai aktif di suhu segitu, respon sakit meningkat selama beberapa detik (2.5-10 detik). Ane baca di artikel luar. Makin tinggi suhu-nya ya makin sakit itu kulit.
Aneh juga agan minta hal teknis tolok ukur-nya hal teknis tapi agan sendiri gak bicara teknis, kulit manusia sebagai pembanding ya gak masuk gan.
Komputer saja yg isinya berbagai macam benda logam suhu CPU 60℃-70℃ masih dibilang adem lhoo. 80℃-85℃ masih dibilang ok, baru ketika nyentuh 90℃-100℃ mulai ada mekanisme throtling. Tapi bagi kita (Manusia suhu segitu udah panas pake banget). Belum lagi MOSFET/VRM by design maximum bisa up to 120℃-125℃, suhu 100℃ aja belum bisa dibilang panas itu MOSFET/VRM.
SukaSuka
terima kasih infonya.
SukaSuka
sip iya, suhu kerja mesin sudah di luar dari yang bisa dirasakan manusia. Saya juga mengalami semua itu.
SukaSuka
Pernah pegang mesin gl max mesin nyala keadaan riding?kalau keadan motor jalan otomatis mesin sudah di dingin oleh angin jadi mesin GK seberapa panas.kayaknya lebih panas wajan
SukaSuka
Itulah poinnya, oli mesin itu secara konstan ada pendinginnya
Minyak di wajan dipanasi terus tanpa pendingin
SukaSuka
Kalo BLOK MESIN, ya anda silahkan pegang
blok mesin, ingat BLOK MESIN yang sudah dinyalakan 1 jam dan ga akan melepuh kalo dibawah 2 detik pegang nya
Saya sudah pegang
Mau coba pegang wajan panas? Saya ga berani
Atau coba saja siram blok mesinnya pake air, ga akan mendidih kok, kalo blok silinder dan knalpot iya memang mendidih. Tapi kan oli kebanyakan berada di blok mesin, di blok silinder cuma sebentar abis itu balik lagi.
Kalo knalpot iya bisa sampai 400-500 derajat karena itu kena gas buang langsung, tapi suhu blok mesin ga sampai segitu
Kecipratan oli mesin panas itu ga bikin melepuh kok, atau melepuhnya ga separah kecipratan minyak goreng panas
SukaSuka
Kalau motor jalan,otomatis mesin sdh di dinginkan oleh angin coba oli nya di tap.ini pengalaman pribadi sebagai montir truk diesel.
SukaSuka
Untuk alat ukur yang mudah
Botol PET kode 1 biasanya mulai melunak di 80 derajat (botol aqua)
Sedangkan botol PP kode 5 mulai melunak di 140 derajat (contohnya ya botol minum bayi)
Silahkan di cek apakah oli mesin panas bisa melelehkan botol minum bayi
SukaSuka
iya memang rata2 orang pada bilang gitu kan dari informasi2 di media, yg rata2 narsumnya kerja di brand oli juga. Ga salah medianya juga sih. Makanya saya cukup yakin bakal bluder misalkan yg uji di seraya motor sampelnya oli mesin yg dipanggang di wajan.
SukaSuka
iya 👍
SukaSuka
pegang knalpot aja nglotok apa lagi pegang daleman mesin….
SukaSuka
[…] Soal air ini juga sudah disebutkan di bahasan sebelumnya: Faktanya suhu kerja aman minyak goreng jauh lebih tinggi daripada oli mineral ataupun PAO! […]
SukaSuka