Salah satu keluhan penulis untuk motor nmax adalah grip yang buruk di jalan licin, terutama yang barusan kena hujan, yang ada tanahnya, atau yang banyak airnya. Boleh disebut feeling, tapi penulis merasakan kengerian yang sangat sehingga penulis tidak berani jalan lebih dari 50 km/jam saat hujan hujan.
Pertama kali pakai NMAX di aspal bertanah dan awal hujan, ngeri dan kalah sama emak emak
Yang bikin ngeri itu adalah bodi motor seakan dilempar ke kiri atau ke kanan sama ban. Dan ban depan dan belakang melempar bodi ke arah yang kadang berbeda. Ini bikin handling jadi tidak stabil. Rasanya ngeri.
Namun penulis baru sadar bahwa sekarang sudah beda total. Dalam keadaan jalan sekalipun, penulis sekarang jadi lebih berani kencang. Kencang dalam hal ini tidak hanya soal kecepatan, tapi juga dalam berani mengerem dari kecepatan itu juga.
Hal ini terjadi karena ban motor penulis sekarang sudah lebih gundul. Masih belum total karena masih kelihat batas limit gundulnya:
Dalam kondisi ban seperti ini, penulis justru merasakan kestabilan yang jauh lebih baik daripada ketika ban masih tebal. Mau dipakai manuver, akselerasi atau ngerem mendadak rasanya pede saja. Mau kencang atau pelan penulis tidak merasakan kengerian sebelumnya.
Dan penulis harus koreksi pendapat di artikel tersebut karena ban NMAX dalam kondisi baru itu secara handling di jalan licin ternyata jauh lebih parah daripada ban gundul. Jadi penulis lebih pilih ban gundul daripada ban baru NMAX ketika di jalan basah.
Dan berdasar pengalaman ini, penulis sama sekali tidak ingin menggunakan ban standar lagi bila nanti harus mengganti ban. Bahkan mungkin bisa saja nanti pakainya sampai ban benar benar kelihatan dalamannya ? Entahlah. Rencana sih mau ganti Pirelli Angel Scooter.
Entah apa ada yang merasakan hal yang sama atau tidak.
IRC mah ga heran,,
Licin semua
Ganti ke aspira aja, kualitas setara pirelli
SukaSuka
sip, iya, mempertimbangkan itu juga.
SukaSuka
Coba pakai Metzeler Mas, saya pakai di kymco enak.
SukaSuka
sip, akan dipertimbangkan
SukaSuka
Bisa dipertimbangkan jg maxxis Murmer Ada yg bilang compound pinggiran soft tp tengahnya medium Entahlah sy sekarang pakainya ini
SukaSuka
sip ok. nanti di cek juga. memang sempat lihat kembangan maxxis yang pas.
SukaSuka
Maxxis empuk bangen komponnya,
Pake juga buat depan yang extremax
Yang belakang pake aspira sportivo yang kompon agak keras biar awet
SukaSuka
Selicin apa sih irc bawaan nmax, pake pas ujan biasa aja, kalo ban lebih licin saat basah ya memang tipikal begitu, tapi yang dirasakan sih ban irc itu kokoh bener samping tengahnya, kesannya kayak keras, padahal sih komponnya bagus bener untuk keawetan bannya
SukaSuka
Bukan dari carcas rigidity, tapi dari threadnya.
Itu pas hujan jalan kecepatan berapa? di atas 80 km/jam?
SukaSuka
Kalo naek motor sekarang ga suka ngebut lagi, tapi pernah juga diatas 80, yaa seperti kebanyakan ban lah kalo ujan menurun daya cengkramnya
SukaSuka
ok. itu bedanya. Di motor motor sebelumnya, penurunan daya cengkram saat hujan itu minim kalau ban sesuai.
Sebelumnya merasakan licin karena ban itu terjadi ketika pakai ban klasik kembang semi tahu. Motor bisa geser kiri dan kanan sendiri bila kena angin. Tapi gesernya terjadi karena air bikin ban melayang. Sementara itu, di ban nmax standar beda, motor dibuat geser depan atau belakangnya oleh ban, bukan oleh angin.
SukaSuka
Makanya beli tvs apache 200rtr, ban bawaannya pirelli
Motornya lebih murah lagi drpd nmax qkqkqk
SukaSuka
ha ha ha, uasli sangat tertarik Apache pas harganya masih 24 juta. sayangnya diprotes
SukaSuka
Protes karena gk pke radiator 😂
SukaSuka
ha ha
SukaSuka
Nah sama perasaan…. Saya juga ngerasain new nmax ban std di jalan waktu hujan body belakang rasa goyang.. Depan rasa ga grip.. Pas ban agak gundul malah lebih baik..
SukaSuka
sip, terima kasih infonya, wah jadi lega karena ada yang merasa sama juga.
SukaSuka
karna ban gundul tapaknya sdh rata ma aspal alias gepeng coba de liat bekas tapak nya pasti lbh lebar dibanding dengan tapak baru karna tapak baru bentuknya u atau o jd napaknya msh sedikit alias masih malu malu ma jalanan😋sedangkan tapak gundul sdh rela diapain ma ridernya😀hy tapak gundul bahayanya ya bakal gampang tertusuk cinta 😋kempes de
SukaSuka
Iya sih masuk akal juga. Dengan tapak yang lebih lebar, efek alur miring jadi berkurang.
Ban yang gundul tengah juga bikin makin aneh handlingnya ya.
SukaSuka