Kasus NMAX, ketika ban gundul lebih ok saat basah


Salah satu keluhan penulis untuk motor nmax adalah grip yang buruk di jalan licin, terutama yang barusan kena hujan, yang ada tanahnya, atau yang banyak airnya. Boleh disebut feeling, tapi penulis merasakan kengerian yang sangat sehingga penulis tidak berani jalan lebih dari 50 km/jam saat hujan hujan.
Pertama kali pakai NMAX di aspal bertanah dan awal hujan, ngeri dan kalah sama emak emak

Yang bikin ngeri itu adalah bodi motor seakan dilempar ke kiri atau ke kanan sama ban. Dan ban depan dan belakang melempar bodi ke arah yang kadang berbeda. Ini bikin handling jadi tidak stabil. Rasanya ngeri.

Namun penulis baru sadar bahwa sekarang sudah beda total. Dalam keadaan jalan sekalipun, penulis sekarang jadi lebih berani kencang. Kencang dalam hal ini tidak hanya soal kecepatan, tapi juga dalam berani mengerem dari kecepatan itu juga.

Hal ini terjadi karena ban motor penulis sekarang sudah lebih gundul. Masih belum total karena masih kelihat batas limit gundulnya:

Dalam kondisi ban seperti ini, penulis justru merasakan kestabilan yang jauh lebih baik daripada ketika ban masih tebal. Mau dipakai manuver, akselerasi atau ngerem mendadak rasanya pede saja. Mau kencang atau pelan penulis tidak merasakan kengerian sebelumnya.

Dan penulis harus koreksi pendapat di artikel tersebut karena ban NMAX dalam kondisi baru itu secara handling di jalan licin ternyata jauh lebih parah daripada ban gundul. Jadi penulis lebih pilih ban gundul daripada ban baru NMAX ketika di jalan basah.

Dan berdasar pengalaman ini, penulis sama sekali tidak ingin menggunakan ban standar lagi bila nanti harus mengganti ban. Bahkan mungkin bisa saja nanti pakainya sampai ban benar benar kelihatan dalamannya ? Entahlah. Rencana sih mau ganti Pirelli Angel Scooter.

Entah apa ada yang merasakan hal yang sama atau tidak.

19 respons untuk ‘Kasus NMAX, ketika ban gundul lebih ok saat basah

  1. Selicin apa sih irc bawaan nmax, pake pas ujan biasa aja, kalo ban lebih licin saat basah ya memang tipikal begitu, tapi yang dirasakan sih ban irc itu kokoh bener samping tengahnya, kesannya kayak keras, padahal sih komponnya bagus bener untuk keawetan bannya

    Suka

      • Kalo naek motor sekarang ga suka ngebut lagi, tapi pernah juga diatas 80, yaa seperti kebanyakan ban lah kalo ujan menurun daya cengkramnya

        Suka

        • ok. itu bedanya. Di motor motor sebelumnya, penurunan daya cengkram saat hujan itu minim kalau ban sesuai.

          Sebelumnya merasakan licin karena ban itu terjadi ketika pakai ban klasik kembang semi tahu. Motor bisa geser kiri dan kanan sendiri bila kena angin. Tapi gesernya terjadi karena air bikin ban melayang. Sementara itu, di ban nmax standar beda, motor dibuat geser depan atau belakangnya oleh ban, bukan oleh angin.

          Suka

  2. Nah sama perasaan…. Saya juga ngerasain new nmax ban std di jalan waktu hujan body belakang rasa goyang.. Depan rasa ga grip.. Pas ban agak gundul malah lebih baik..

    Suka

  3. karna ban gundul tapaknya sdh rata ma aspal alias gepeng coba de liat bekas tapak nya pasti lbh lebar dibanding dengan tapak baru karna tapak baru bentuknya u atau o jd napaknya msh sedikit alias masih malu malu ma jalanan😋sedangkan tapak gundul sdh rela diapain ma ridernya😀hy tapak gundul bahayanya ya bakal gampang tertusuk cinta 😋kempes de

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.