Efek tidak langsung dari ban gembos ke performa cukup signifikan


Jadi barusan motor nmax penulis kena paku lagi ban belakangnya:

Kali ini penulis lebih lama lagi nggak sadarnya. Mungkin semingguan. Dan ini sempat membuat penulis kebingungan karena performa motor jadi menurun cukup parah selama semingguan tersebut.

Baru sadar setelah motor dipakai boncengan kok rasanya empuk banget. Begitu berusaha dipompa, jadi kaget karena ban kok tidak bisa penuh penuh. Tekanan udara minim terus. Dan setelah di cek ternyata ada paku yang nancap ban belakang.

Penurunan performa motor sempat membuat penulis panik karena nggak biasanya motor performanya turun. Performa 0-100 sampai melebihi 20 detik, sesuatu yang cuma bisa terjadi ketika oli mesinnya jelek. Padahal penulis sekarang merasa sedang pakai oli bagus, Castrol GPS. Ini juga sudah dicampuri dengan Xado Revitalizant dan Bimoli.

Penulis sempat menyalahkan Xado Revitalizant, karena suara mesin jadi senyap banget, setara ketika umur NMAX masih 0 km. Penulis berpikir level pelapisan Xadonya sudah ekstrem sehingga top speed dan akselerasi jadi ikut terhambat.

Penulis juga sempat menyalahkan Palmvita white fat yang penulis pergunakan sebagai campuran bensin. Penulis sempat keringat dingin, wah jangan jangan palmvitanya bikin masalah di saluran bahan bakar?

Penulis sempat menyalahkan pro capacitor karena penulis sedang coba eksperimen.

Tapi ternyata itu semua terjadi karena ban gembos. Setelah ban ditambal (pakai dibesarkan dulu lubangnya terus dikasih yang lengket lengket biasanya), performa motor langsung terasa ok kembali. Top speed jadi normal lagi, bisa 113 kpj (oli Castrol GPS sip, Xado tidak terlalu menghambat).

Tapi peningkatan performa ternyata tidak berhenti disitu. Setelah sekitar 20 km, peningkatan tenaga terasa makin merata, termasuk juga di rpm rendah. Tenaga rpm rendah makin meningkat. Feelingnya adalah ruang bakar jadi makin bersih.

Jadi sepertinya ban gembos itu selain membuat tenaga di rpm atas berkurang, pembersihan di rpm atas juga berkurang (italian tuning). Ketika ban sudah tidak gembos, maka ruang bakar bisa lebih bersih ketika dipakai di rpm atas. Jadinya tenaga meningkat secara keseluruhan, tidak hanya di rpm tinggi saja.

Mungkin ini sebabnya italian tuning disarankan dilakukan di gigi 1 atau 2. Karena di motor matik tidak ada, maka perlu agak lega di rpm atas. Cara lain mungkin bisa dengan geber motor setempat? Masalahnya sih kalau setempat sama sekali tidak ada hambatan. Resiko jebol kalau open limiter.

Menurut penulis ban gembos bisa mengurangi performa keseluruhan secara tidak langsung. Implikasi lain pro capacitor dan palmvita white fatnya no problem. Sekarang malah tenaga jadi makin enak daripada sebelumnya. Cuma 0-100 masih belum terbaik. Mungkin karena sedang lagi pakai Xado Revitalizant.

Di sisi lain, ban kena paku tapi nggak sadar membuat penulis kembali berpikir bahwa cairan anti bocor itu nggak ngasih nilai plus kalau ban sudah tubeless. Karena tanpa cairan anti bocor pun penulis bisa nggak sadar ban kena paku. Dan kalau bocornya besar, maka cairan anti bocor pun tidak bisa mencegah kebocoran udara.

Iklan

10 respons untuk ‘Efek tidak langsung dari ban gembos ke performa cukup signifikan

  1. Berarti harus lebih sering cek ban tu Pak,
    Di motor pario125 sy yg pemakaiannya rata2 skitar 40Km perhari, seringnya isi angin seminggu sekali, isinya nitrogen, krn bbrp kali isi angin di bengkel biasa malah ban terlalu keras bahkan si mekanik mengira shocbreaker motor sy sudah rusak, ngisi anginnya ga pake alat ukur.
    Stlh dari bengkel sy cb cek ke kios nitrogen ternyata tekanan bannya smpe 45 psi

    Suka

  2. Sy pernah pake anti bocor lumayan manjur, tapi buat bocor alus gak ketemu2 (ban mobil), sama tambalan rusak ditambal lagi ttp bocor (motor)

    Suka

  3. Iya saya setuju ini hehe, dulu pas sering pake ban tubless (dengan kurang kasih sayang) saya sering mengalami ban bocor tapi enggak kerasa (mungkin karena dipake sendiri) cuma memang motor menjadi berat dan bensin jadi boros banget. Sadar sadar motor kempes itupun di kasih tau orang kalau motor saya kempes. Waduh saya langsung cari tungkang tambal ban buat cek, ternyata gk hanya itu aja sih, karena efek kempes itupun malah bikin velg jadi bengkung gk karuan. Kapok deh hehe

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.