Kalau top speed motornya nggak bisa 100kpj harus curiga olinya


Pendek saja. Yang sering sulit diukur kalau soal pelumas itu adalah kalau olinya terlalu encer. Mungkin penulis sering bilang suara mesin kasar itu salah satu ciri oli mesin terlalu encer. Tapi masalahnya adalah suara kasar ini cuma bisa diketahui kalau si pemilik motornya pernah pakai oli lain seperti misalnya mesran. Kalau nggak pernah pakai oli lain ya nggak bakal tahu.

Sepertinya inilah yang terjadi pada orang yang mengolok olok penulis sebagai orang yang punya telinga dewa. Kemampuan membedakan suara mesin halus dan kasar dianggap kemampuan supranatural. Padahal untuk membedakan ini sangat mudah bagi penulis. Seperti ketika barusan merekam video tanpa ngomong, berisiknya suara mesin Honda Beat yang dilewati pun bisa terdengar:

Nah kalau motor mereka sama berisiknya dengan motor Honda Honda tersebut, maka ya jelas mereka seumur hidup nggak akan tahu bahwa suara motor mereka sebenarnya bisa lebih senyap.

Sebelumnya penulis cukup sulit memberitahu ciri bila oli terlalu encer. Tapi kemudian penulis jadi tahu bahwa ada yang top speednya meningkat setelah pakai mesran atau campuran mesran dan bimoli. Awalnya sih masih menganggap kenaikan top speednya sedikit, Sampai kemudian penulis lihat ada yang mengaku top speed motornya cuma 92 kpj. Juga ada contoh contoh lain yang penulis lupa diposting di mana.

Jadi rupanya yang selama ini olinya terlalu encer motornya tidak bisa normal top speednya. Motor 150 cc tidak bisa mencapai 100 km/jam di speedometer. Hal ini sesuatu yang luar biasa kalau menurut penulis. Karena motor Honda Beat penulis pun bisa mencapai kecepatan 100 km/jam. Dan ini dengan kondisi suara mesin yang halus. Motor Suzuki Nex2 penulis pun bisa 100 km/jam dengan suara mesin yang halus juga.

Bila dua motor matik yang di jalan raya termasuk motor paling lambat saja bisa mencapai 100 km/jam, maka harusnya yang ccnya lebih besar bisa mencapai kecepatan itu juga. Minim 95 km/jam lah di speedo.

Kalau kurang dari itu, maka kemungkinan oli yang dipakai terlalu encer atau motor sudah dirusak oleh pemakaian oli yang salah.

Memang ada kemungkinan lain seperti misalnya masalah di CVT atau ban atau rem atau pengapian atau saluran bahan bakar. Tapi kalau yang lain dirasa normal, maka harusnya motor bisa mencapai 100 km/jam.

Iklan

13 respons untuk ‘Kalau top speed motornya nggak bisa 100kpj harus curiga olinya

  1. Dulu saat masi pke suprafit new+mpxduwa, sy gaspol2 di jln datar tp ga pernah bisa melaju 100kpj Pak!
    Padahal wkt itu masi slalu servis rutin dan nuruti rekomendasi bengkel resmi.
    Spido br nyampe 90 kpj mesin motor tiba2 mati sendiri.
    Lalu stelah diam bberapa menit, motor bisa dinyalakan.
    Sayangnya wkt itu ga pernah coba2 pake oli lain jd ga pernah membandingkan.
    Saat itu sy memang ga paham ttg prawatan motor, jd sy berasumsi sendiri bhw motor sprafit memang bisanya lari ya segitu, dan membuat sy jadi takut klo kencang nanti malah mesinnya mati lg.

    Suka

    • Wah sampai mesin mati ya? Apa saat itu suara starter elektrik kasar juga?

      Saya lupa olinya apa, tapi yang jelas nggak pakai AHM. supra fit new bisa 100 kpj di speedo. Sebelumnya punya supra fit gen 1 juga bisa 100 kpj juga. Cuma efek sampingnya lampu lampu jadi mati semua dan saat itu bagian penahan ban belakang ada bugnya sehingga getarnya parah sekali.

      Suka

  2. Iya, starter elektriknya suaranya kasar, jd sy seringnya pake kick starter. Motor suprafitnew sy wkt itu masih standar tp getarnya saat rpm tinggi sudah sangat parah, jadi tambah ga nyaman klo jalan kencang

    Disukai oleh 1 orang

    • Iya, starter kasar gara gara olinya yang nggak sip. Iya, supra fit itu termasuk getarnya parah, tapi yang lama sampai kakipun kesemutan jadi kaki naik ke atas mesin kalau kencang.

      Suka

  3. om keknya berat badan juga ngaruh loh ke top speed. Aerox ku kalo ku bawa agak lama nyampe 100 nya (aku BB 80kg + 5kg bagasi), tapi kalo dibawa kawanku (BB 50an Kg) tembus 100 kpj gampang bangets. motor sama. kondisi mesin sama.

    btw, oli sih sekarang lg pake mesran super.
    akselerasi sedikit lebih cepat dari oli lain yg pernah ku coba (mobil, fastron, shell, deltalube,bahkan ipone).
    paling halus juga suara mesinnya dibanding oli2 tsb.
    tentu ku campur sama migor.

    kadang suka heran, kok bisa ya pake oli yg paling murah, tapi paling nikmat.
    hahaha.

    btw, untuk pemakaian jangka panjang motorku, mending mana om? mesran sae 40 atau yg mesran super?

    Suka

    • Ok, kalau itu pengaruh dari akselerasi. Tapi top speed mestinya nggak beda jauh. NMAX saya bawa sendiri maks 108 kpj saat pakai oli jelek. Dibawa anak boncengan ya dapat segitu juga.

      Wah mantap banget ya sampai bisa lebih sip akselerasinya dibanding oli mobil dan ipone sekalipun.

      Ha ha iya, kadang merasa aneh oli murah tapi bisa kencang. Kalau kekentalan masih layak, pakai yang SAE 40 menurut saya lebih baik.

      Suka

  4. Oli yg misal masih jarak tempuh 500km, tp sudah 6 bulan keatas apa sebaiknya diganti ?
    Oli ada kadaluarsanya kah klo sudah di blok mesin ?

    Suka

    • Selama kondisi oli masih baik, mesin masih halus, performa masih ok, bakal saya teruskan. Beat pernah lebih dari 2 tahun tidak ganti oli. Kadaluarsa oli itu biasanya mengacu ketika aditif mulai mengendap. Jadi kalau kita pakai terus mestinya tidak masalah.

      Suka

  5. Sy pake supra 125 karbu, sebelum2nya pake oli xten top speed susah sekali nyampe 100kpj on spido (kondisi gear blkg naik 37, std 35) sekarang pake mesran super dicampur bimoli 10% malah enak banget nyampe 100kpj, mentok 115 kpj on spido itupun gamau naik lagi entah cdi ga support, padahal rpm masih belum terlalu tinggi

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.