Seberapa panas suhu yang dialami oli mesin? panas juga kok


Dulu sebelum ada uji panggang oli, ada yang klaim bahwa minyak goreng itu tidak tahan panas. Sehingga kena panas sedikit saja minyak gorengnya bakal menguap. Tapi setelah ada uji panggang oli, berubah lagi omongannya, katanya mesin tidak mungkin bakal sepanas wajan.

Sebenarnya seberapa panas sih yang dialami oli mesin. Berikut ada penjelasan panas yang terjadi pada mesin:

Penulis sebelumnya merasa bahwa suhu mesin motor Nmax penulis sangat panas. Tapi setelah melakukan pengukuran, ternyata suhunya cuma 84 derajat walau itu habis dipakai geber geber.

Suhu bisa turun ke 73 derajat kalau motor dipakai santai. Ini kondisi pagi jam 8.

Jadi termasuk dingin juga suhu oli motor penulis.

Walau “dingin” begitu, menurut penulis bukan berarti olinya tidak kena panas. Oli yang kena dinding silinder (yang jumlahnya amat sangat sedikit) pastinya kena panas tinggi. Begitu pula oli yang berada di valve exhaust, pasti kena panas sangat tinggi juga.

Panas yang sangat tinggi di valve exhaust ini sepertinya yang jadi sumber valve mudah rusak bila olinya kurang bagus. Dan sepertinya ini juga yang bisa menjelaskan mengapa setelah pakai campuran minyak goreng ada yang bilang mobilnya tidak berasap lagi:

Selain itu kita juga sering dengar penyakit vampir oli. Dan ada beberapa yang bilang vampir olinya sembuh setelah pakai campuran minyak goreng. Bisa jadi ini karena minyak goreng jauh lebih tahan penguapan daripada oli mesin pada umumnya, seperti ditunjukkan pada uji panggang oli.

Iklan

15 respons untuk ‘Seberapa panas suhu yang dialami oli mesin? panas juga kok

  1. pada prakteknya 😋bila pas ganti oli yg gak sabaran tunggu bbrp saat agar suhu turun agar lbh aman bg tangan dan logamnya, para mekanik yg sering kena oli panas ditangannya tdk sampai melepuh tangannya beda jika minyak goreng yg hbs goreng tahu bulat digoreng dadakan 😋pasti melepuh jika kena lsg – percikannya aja sdh buat melepuh kulit, mnrt sy mmg oli dimesin tdk terlalu panas jika kualitas logam msh dipertahankan sperti era 90 an jarang terjd vampir oli saat itu, skrg smua merk honda sd kawasaki gampang panas jika tdk menemukan oli yg pas dgn mesin tp panas nya beda saat kita ukur di logam mesin dgn suhu oli pas kita ganti oli, minyak goreng lbh panas dlm kondisi beda ya pas sengaja panasin coba penguapan ma pas goreng😋tahu bulat tsb jd mnrt sy ya sama sama panas si hy lbh panas istri dirumah lo minyak goreng baru dibeli antri ma mahal hy dpy seliter doang mala buat ….😋iya kan gak bs makan enak de dirumah jd jajan de eh mala dimarahi lg😌aduh

    Suka

  2. Benar, sudah dibilang suhu oli mesin itu ga panas, ga sepanas di wajan maksudnya

    Dan perlu diingat, oli yang kena dinding silinder, valve exhaust itu cuma sepersekian detik saja, beda dengan minyak goreng yang bisa bermenit2 di wajan.
    Oli itu kan bersirkulasi terus2an

    Bahkan oli yang setelah dinding silinder dan biasanya langsung masuk ke radiator, itupun ga sampai mendidihkan colant

    Suka

    • Iya, sebentar tapi juga tipis. Sehingga daya tahan terhadap panas masih tetap penting juga walau secara keseluruhan suhu tetap dingin. Mungkin ini sebabnya mengapa uji evaporation loss dilakukan di suhu 160 derajat.

      Suka

  3. Campuran migor sebenarnya bikin tambah kental / encer oli mesin ya ?
    Dan migor yg dari bahan apa ya bagusnya ?, sawit, zaitun, atau apa ?

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.