Awas, margarin diencerkan itu tetap menghasilkan endapan


Mungkin ada yang menggunakan margarin sebagai aditif bensin dan memilih cara untuk mengencerkan dulu dengan dipanasi di atas kompor? Ternyata walau pakai cara itu, masih menyebabkan endapan ketika dicampurkan ke bensin. Ada bagian yang tidak bisa larut.

Berikut videonya: Baca lebih lanjut

Kalau pertamax jadi 16 ribu, terpaksa pakai pertalite dong? Makin urgen campur margarin


Kabarnya bensin pertamax akan naik yang kalau diloskan, bisa sampai 16 ribu rupiah per liter. Wah padahal penulis sendiri termasuk yang anti pertalite (tapi nggak anti premium). Kalau harga naik setinggi itu, mau nggak mau, terpaksa pakai pertalite. Kayak yang dibeli NMAX depan penulis tadi pagi:

Mamang apa sih yang dikhawatirkan kalau pakai pertalite? Baca lebih lanjut

Saluran intake luar dikecilkan tapi akselerasi atas Nex2 seperti pakai turbo


Jadi sebelumnya sudah cerita bagaimana penulis modifikasi pipa intake luar dari Nex2 sehingga mirip dengan modifikasi yang dilakukan di NMAX:
Menghambat pipa intake luar juga sukses membuat Suzuki Nex2 jadi mantap tarikannya

Hasilnya adalah saat dipakai boncengan tarikan jadi makin ok. Nah pagi ini penulis ternyata bawa Nex2 sehingga punya kesempatan untuk menguji performa motor di kecepatan tinggi. Dan hasilnya? Wah mantap banget, justru di kecepatan tinggi akselerasi motor meningkat tajam. Silahkan lihat video singkat ini: Baca lebih lanjut

Menghambat pipa intake luar juga sukses membuat Suzuki Nex2 jadi mantap tarikannya ­čśü


Seperti penulis ceritakan di artikel sebelumnya, penulis sudah punya niatan untuk menerapkan trik yang penulis lakukan di NMAX ke motor Suzuki Nex2. Trik menghambat pipa intake luar dengan kumparan.

Kebetulan Suzuki Nex2 itu juga punya pipa intake di luar juga:

Yang bikin penulis heran adalah ternyata pipa intake luar dari Suzuki Nex2 itu Baca lebih lanjut

Dengan modif filter udara NMAX efeknya besar banget, seirit PCX! Tidak bisa dinalar! Veloscope cuma ilusi?


Bermula dari penulis yang nggak bisa merasakan sentakan VVA (sampai dibully dst), akhirnya jadi nemu yang kayak begini. Awalnya nggak nyangka bakal utak utik seperti ini. Hasil akhirnya juga tidak disangka karena sulit dinalar.

Soal VVAnya sih sudah jelas setelah didyno. Feeling penulis nggak salah. Memang beneran ada masalah di tuner Yamahanya. Karena saat didyno tenaga terbukti turun:
VVA NMAX ada efeknya tapi malah buruk, salah Yamaha dimana?

Penulis menyalahkan Yamaha karena janjinya kan Baca lebih lanjut

Shortening / BOS tidak cocok jadi aditif bensin


Ide penulis untuk menggunakan margarin sebagai aditif bensin rupanya cukup diterima. Paling tidak, protesnya jauh lebih kecil daripada yang beneran coba sendiri. Mungkin karena sudah umum orang pakai cairan aneh aneh untuk aditif bensin. Beda dari oli mesin. Unik ya, kalau untuk bensin bisa dimasukkan macam macam. Tapi kalau oli mesin, orang maunya pure atau kalau pakai aditif, wajib yang impor.

Yang protes pemakaian margarin seringnya bukan karena mencampurkan margarinnya, tapi dari hal hal yang dianggap sebagai kelemahan dari margarin. Ada yang bilang kandungan air, tapi yang paling disorot adalah kandungan garamnya.

Memang margarin itu mengandung garam. Disebut jelas di spesifikasinya. Kalau air sih, standarnya sudah tinggi, jadi nggak mungkin 50% air. Kandungan yang lain lain bisa dibaca di artikel berikut:
Penjelasan produk minyak kelapa sawit yang bisa dipakai di motor: migor, margarin, BOS, shortening, RBD?

Karena sifatnya yang seperti itu, tidak sedikit yang menganjurkan penulis untuk coba shortening. Penulis jalani beneran. Penulis pakai di motor NMAX penulis. Sekarang sudah sekitar 1800 km.

Penulis sengaja pilih Baca lebih lanjut

Pakai oli transmisi untuk motor matik jangan kurang dari SAE 90 deh!


Kaget juga penulis dengar ada yang pakai oli 80W90 untuk transmisi motor matik. Menurut penulis ini terlalu encer.

Jadi kalau soal kekentalan, orang sering berpikir bahwa oli transmisi 80W90 itu lebih kental dari oli mesin 10W40. Padahal sebenarnya tidak. Ini karena standar kekentalan yang dipakai beda. Oli mesin pakai standar SAE J300. Oli transmisi pakai standar SAE J306.

Biasanya penulis pakai gambar macam berikut:

Tapi sepertinya masih kurang dimengerti. Mungkin lebih jelas kalau pakai angka. Dan berikut angkanya: Baca lebih lanjut

Apa yang terjadi kalau lubang intake NMAX dikecilkan jadi 40%? Nggak ngefek, masih kencang…


Ngedropnya tenaga NMAX ketika VVA aktif membuat penulis jengkel. Karena merasa mesin tidak optimal, maka penulis coba usaha minta geser setelan VVA. Sayangnya setelah datang ke bengkel, mekaniknya ternyata nggak ngerti caranya bagaimana. Tahunya ngubah CO. Ya sudah, CO penulis ganti, dari +5 ke +8. Baru sekarang penulis ingat bahwa lokasi setelan VVA itu di bagian Reprogram ECU, tapi sudah kadung malas balik lagi.

Merubah setelah CO ternyata cukup membantu untuk mengurangi berkurangnya tenaga setelah kecepatan 42 km/jam (6400 rpm = 41 kpj, 6600 rpm = 62 kpj). Selanjutnya penulis ingin membuat modifikasi mudah yang lain, yaitu utak utik saluran udara yang masuk ke ruang filter udara. Di NMAX dari luar masuk ke filter udara itu ada pipanya:

Penulis berencana untuk mengurangi aliran udara yang masuk melalui pipa itu. Tujuannya adalah untuk Baca lebih lanjut

Rekomendasi untuk upgrade ECU nmax dan data valve


Gara gara bahas VVA jadi dapat ilmu banyak untuk update yang rasanya perlu dicatat terpisah biar nggak lupa.
Dari bro Pengamat:

durasi camshaft nmax
low cam (in) = Profile buka + 180┬║ (TMA ke TMB)+ Profile tutup
16┬║ + 180┬║ + 36┬║ = 232┬║
high cam (in) 27┬║ (buka sebelum TMA) 61┬║(tutup setelah TMB)
27┬║ + 180┬║ + 61┬║ = 268┬║
(ex) = Profile buka + 180┬║ (TMA ke TMB)+ Profile tutup
64┬║ + 180┬║ + 18┬║ = 262┬║
benar ketika vva aktif tenaganya pasti drop.
sebenarnya dari profil durasi camshaft saja udah bisa di perkirakan performanya.

Lalu dari bro “aku siapa ya?”:

Remap ecu mas geser maju timing pengapian ama geser sedikit maju timing solenoid vva sama limit mesin jadi 10.000 rpm sisanya timing dwell 2-2.3 nano second (Ns) biar koil ga kepanasan sama gak tekor aki

aku siapa ya?
@Kupas Otomotif kalau ganti ecu ada brt, aracer, daytona, rps kalau piggyback ada speedsparks dinopiggy, moto1 piggyback sedangkan iqueteche hanya universal fuel manual adjuster 4 step

Sisanya kalau bab bagian cvt sama gigi rasio harus ada keseimbangan