Baiknya Mandalika saat MotoGP mending dibuat selalu hujan saja?


Terus terang penulis tidak mengikuti MotoGP sekarang ini. Ada balapan kemarin pun penulis lupa. Tapi jadi tertarik bahas karena hujan dipermasalahkan:

Yang jadi sorotan utama sih pawang hujannya:

Dari lihat kedua gambar penulis sempat kepikiran apa memang untuk menghalangi hujan? Tapi ternyata tidak, ordernya adalah membuat langit mendung atau rintik rintik tapi jangan sampai lintasan basah kuyup:
Kisah Pawang Hujan MotoGP Mandalika 2022, Dipekerjakan ITDC, Dibayar Ratusan Juta

“Untuk balapan dari 18-19 Maret, paginya hujan dan siang grimis-grimis agar pebalap nyaman. Karena aspal suhunya tidak boleh sampai di atas 50 derajat celcius, otomatis cuaca di atas tak boleh panas, otomatis panggil hujan dan mendung, tapi tak boleh sampai banjir,” beber Rara yang mengaku memeluk kepercayaan kejawen ini.

Permintaan yang unik. Tapi mungkin panitia takut bila terjadi balapan dalam kondisi panas. Karena panasnya termasuk luar biasa, bahkan untuk pembalap tua sekalipun:
‘Insane heat!’ Why Indonesian MotoGP will be ‘crazy, complicated’

“Apa yang akan kami temukan di balapan akhir pekan ini gila,” kata Andrea Dovizioso, pebalap tertua dan paling berpengalaman di grid. “Suhunya tidak bisa Anda bayangkan. Hari ini hampir tidak mungkin untuk dikendarai. Terlalu panas, lebih dari Malaysia.

Disebut balapan akan menjadi tantangan baik rider atau motornya (termasuk ban)

“Itu pada batasnya,” kata Aleix Espargaro tentang panasnya. “Lebih dari 44-45 derajat, 65 di tanah. “Saya tidak pernah merasakan panas seperti hari ini di Mandalika. Itu hanya gila, gila. Ini akan sangat menuntut untuk motor dan pebalap. “Sepedanya sangat, sangat panas. Kami memiliki setelan kulit, dalam kasus saya yang hitam. Sangat bagus untuk kondisi ini! Jika Anda memasukkan semuanya ke dalam tas, itu adalah koktail yang enak. “Saya tidak bisa berlatih lebih banyak. Saya melakukan yang terbaik. Kita lihat saja apakah itu cukup atau tidak. Tapi mengenai sepeda itu akan menjadi rumit. “Saya berkata kepada teknisi saya, kami harus mencoba yang terbaik untuk membuat motor menjadi keren. Pada akhirnya mereka adalah mesin dengan mesin kecil dan 300hp. Tidak mudah bagi mesin untuk bernafas.”

Sebagai perbandingan, penulis coba cek balapan di Malaysia di beberapa tahun terakhir. Faktanya? paling panas suhu tanahnya 45 derajat. Dan itu ternyata kondisinya adalah cloudy, partly cloudy dan bahkan hujan. Sementara yang di Indonesia suhu tanah bisa 65 dan bahkan ada yang menyebut 72. Ini panas sekali.

Rasanya balapan di Sentul nggak ada cerita seperti ini ya? Mungkin harusnya lintasan balap tidak dibuat pinggir pantai tapi dekat danau yang dekat puncak gunung saja. Tapi di sisi lain, penulis jadi penasaran kalau blogger / vlogger melakukan test ride motor baru di mandalika. Apakah dengan oli yang kekentalan dimandatkan di jepang motor bakal masih ok setelah acara test ride selesai 😁 . Penulis juga ingin tahu bila diadu motornya pakai oli 10W30 dengan 20W50, apakah pakai 10W30 tetap lebih kencang 😁 .

Soal acara pawang hujannya dipamerkan, penulis nggak ngerti apa maksud panitianya. Karena selama ini kebiasaannya kalau ada pawang hujan maka mereka melakukan di balik layar. Tapi kalau mau ditunjukkan mungkin untuk membuktikan bahwa panitia sudah melakukan usaha untuk membuat balapan lebih aman.

Dari pihak MotoGPnya bisa saja sih menggeser ke bulan lain, misalnya Oktober.

Tapi yang balapan selain MotoGP akan jadi pertanyaan. Kalau nggak dibuat hujan, kondisi balapan seperti apa yang akan dialami peserta?

Bicara soal mistis, Marc sepertinya sekarang mengalami semacam ini. Crash berkali kali. Pembalap Honda yang barusan barusan ini pensiunnya dalam keadaan cedera. Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, Cal Crutchlow. Alex Marquez memang nggak cedera, tapi ini mungkin Alex tidak berani kencang. Tapi kalau ini lebih ke teknis sih, dari cara Honda desain motor.

14 respons untuk ‘Baiknya Mandalika saat MotoGP mending dibuat selalu hujan saja?

  1. Segala ada pawang ujan, malu njir ngeliatnya. Tapi ya gitu masyarakat indo terlalu overproud berujung norak
    Btw miguel oliveira cakep bener bawa KTM bisa stabil banget di kondisi ujan ga grasa grusu. Fabio juga edan tinggal 10 lap langsung bangkit duo ducati dilibas 😃

    Suka

  2. Sepang malaysia yg tidak mau jadwal race mandalika berurutan saat menjelang akhir musim, krn otomatis penonton sepang tersedot semua kelombok . Panik karena sebagian besar penonton di sepangbpun dari indonesia soalnya

    Suka

  3. Apa salahnya dengan pawang hujan? ya saya tau tau banyak pendapat yang bilang norak. Tapi sebagai yang nonton jadi hiburan buat saya, toh tidak mengganggu balapan ini juga. Dan juga orang luar negeri juga enjoy aja.
    Disisi lain kalaupun digeser paling masuknya juga di seri asia, kalau gak sebelum Australia mungkin (kalaupun tidak masuk musim penghujan).

    Suka

    • Bisa jadi perdebatan apakah cuaca di MotoGP harus diatur atau tidak. Dari tiap tim harus bersaing membuat cuaca sesuai dengan kebutuhan tim mereka.

      Iya ya, bisa jadi pilih bulan ini karena masih musim hujan.

      Suka

  4. Grip aspal mandalika juga bisa dibilang paling baik ketika hujan/basah
    Sekilas pembalap pede aja rebah di aspal basah, seolah sirkuit memang didesain untuk trek basah. Yang jadi masalah adalah bulan maret itu, matahari tepat berada di atas langit lombok, begitu juga bulan oktober jadi ya pas panas2nya

    Jadwal yang pas adalah pertengahan tahun sekitar bulan juni/juli, biasanya pas puncak kemarau itu ada hawa dingin dari australia. Ya malah ga sepanas bulan maret/april atau september/oktober

    Suka

  5. apa perlu MotoGP mandalika malam hari 😁
    mengingat GP qatar jga diadakan malam hr krn klau siang cuacanya panas 😄

    jdi inget F1 bahrain saat dlu msh diadakan siang hr, banyak mobil yg meleduk/ terbakar 😁
    terakhir di F1 malaysia 2016 dgn cuaca yg panas membuat mobil magnussen & hamilton terbakar, serta verstappen yg pingsan di garasi 🤔

    Suka

    • Wah sampai parah begitu ya? Iya, penasaran juga dengan langkah apa yang akan diambil nanti. Mau dibuat hujan terus? Kalau untuk dijadikan malam, mungkin bakal diprotes Qatar?

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.