Apa yang terjadi kalau lubang intake NMAX dikecilkan jadi 40%? Nggak ngefek, masih kencang…


Ngedropnya tenaga NMAX ketika VVA aktif membuat penulis jengkel. Karena merasa mesin tidak optimal, maka penulis coba usaha minta geser setelan VVA. Sayangnya setelah datang ke bengkel, mekaniknya ternyata nggak ngerti caranya bagaimana. Tahunya ngubah CO. Ya sudah, CO penulis ganti, dari +5 ke +8. Baru sekarang penulis ingat bahwa lokasi setelan VVA itu di bagian Reprogram ECU, tapi sudah kadung malas balik lagi.

Merubah setelah CO ternyata cukup membantu untuk mengurangi berkurangnya tenaga setelah kecepatan 42 km/jam (6400 rpm = 41 kpj, 6600 rpm = 62 kpj). Selanjutnya penulis ingin membuat modifikasi mudah yang lain, yaitu utak utik saluran udara yang masuk ke ruang filter udara. Di NMAX dari luar masuk ke filter udara itu ada pipanya:

Penulis berencana untuk mengurangi aliran udara yang masuk melalui pipa itu. Tujuannya adalah untuk mengurangi udara yang masuk ke mesin karena penulis menduga turunnya tenaga saat VVA aktif itu karena pasokan udara berlebihan.

Penulis menggunakan kabel NYA 6mm untuk menghambat udara masuk. Kabel NYA penulis buat melilit:

Kumparan itu memenuhi seluruh pipa udara masuk tersebut:

Untuk yang mau meniru, pipanya nggak usah dilepas, tapi langsung aja buat kumparannya dulu terus masukkan dan buat biar tidak gerak.

Hasilnya bagaimana?

Maaf, penulis tidak bisa membedakan. Kalau penulis tidak melakukan sendiri perubahan ini, mungkin penulis nggak akan sadar sudah dirubah. Akselerasi masih termasuk sama. Top speed pun masih termasuk sama.

Motor nggak makin pelan setelah udara dihambat seperti itu. Padahal kalau dari perhitungan penulis pakai rumus luasan permukaan, penampang berkurang 60%, jadi cuma 40% saja dari aslinya. Tapi anehnya performa mesin masih sama!

Apa ECU adaptasi? Apa mungkin hambatannya kurang? Sayangnya penulis cuma punya itu di rumah. Nggak ada niatan menambah hambatan lagi. Dipuas puasin dulu. Nanti kalau sudah tidak puas, usaha geser VVA di bengkel resmi Yamaha yang lain. Kalau dari cara lain sepertinya cuma bisa dari setel CO.

Videonya:

btw, kalau udara dikurangi masih sama, apa yang udaranya ditambah bakal beda?

Iklan

12 respons untuk ‘Apa yang terjadi kalau lubang intake NMAX dikecilkan jadi 40%? Nggak ngefek, masih kencang…

  1. sepertinya bukan bagian itu yg dirubah melainkan karet filternya,
    diameter & panjang karet filter menentukan kekuatan hisap udara yg melalui filter udara,
    rumus konversi pakai intake velosity p1/d1=p2/d2

    kurang perhitungan/ terhambatnya udara dari intake akan mempengaruhi komposisi udara (adem) dari intake dan udara panas dari backpressure gas buang.
    kecepatan motor mungkin tidak berpengaruh saat itu tp suhu mesin akan meningkat.

    Suka

    • Nggak paham dengan karet filter. Maksudnya bakal lebih terasa kalau karet filternya yang diberi kumparan itu? Saya akan coba juga sih.

      Suhu mesin nggak kedeteksi. Tenaga tidak terasa berkurang saat mau sampai kantor. Tapi mungkin karena pemakaian kurang dari 1 jam.

      Suka

      • ubahan karet filter tsb tujuannya supaya udara lancar

        jika tujuannya mengurangi ngedropnya tenaga NMAX ketika VVA aktif maka saran saya adalah mengganti noken as BRT S2 durasi 251º/252º.

        Suka

        • Ok. Tujuan saya adalah untuk menghambat udara sih. Ingin tahu apa efeknya.

          Untuk ganti noken as mungkin sama saja. Rasanya baru bisa ok kalau ganti ECU. Saya rasanya akan coba geser rpmnya VVA dulu.

          Suka

      • Berarti di beres yamaha bisa setting bukaan vva di rpm berapa ya.
        Menurut anda enaknya disetel rpm berapa vva-nya aktif

        Suka

        • Iya, bisa, di setelah reprogram ECU. Kalau berdasar dyno, saya ingin coba dibuka di 7500 rpm,karena 7500 rpm baru tenaga mulai naik. 7600 rpm puncak untuk profil highnya.

          Suka

    • Yes intake tuning , semacam menggeser powerband dengan memodifikasi panjang karet intake filter yg nyambung ke TB

      Dipendekin intakenya lagi agar powerband rpm atas agar makin keluar. Ya ada rumusnya sih

      Di blog motogokil dibahas berjilid jilid

      Suka

  2. supaya tidak salah faham tuning pabrikan,
    kita ambil contoh karet filter beat karbu kvy pendek, sedangkan k25 agak panjang dan k44 lebih panjang, sedang luas permukaan filter udara relatif sama (kecil). jadi k44 akan lebih kuat menghisap udara dari kvy karena karet filternya lebih panjang.

    misalnya: karet filter standar nmax d=28mm/2,8cm p=30cm
    maka p/d= 30cm/2,8cm=10,7 minimal,
    jadi jika kita rubah tb 32mm dengan intake velosity/karet filter d=32mm/3,2cm
    maka panjangnya 10,7×3,2cm= 34,2cm minimal supaya kekuatan hisap sama kaya standard. lebih panjang sedikit lebih baik.

    Suka

  3. Berarti di beres yamaha bisa setting bukaan vva di rpm berapa ya.
    Menurut anda enaknya disetel rpm berapa vva-nya aktif

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.