Kaget juga penulis dengar ada yang pakai oli 80W90 untuk transmisi motor matik. Menurut penulis ini terlalu encer.
Jadi kalau soal kekentalan, orang sering berpikir bahwa oli transmisi 80W90 itu lebih kental dari oli mesin 10W40. Padahal sebenarnya tidak. Ini karena standar kekentalan yang dipakai beda. Oli mesin pakai standar SAE J300. Oli transmisi pakai standar SAE J306.
Biasanya penulis pakai gambar macam berikut:
Tapi sepertinya masih kurang dimengerti. Mungkin lebih jelas kalau pakai angka. Dan berikut angkanya:
SAE J306 viscosity chart. Revised and updated, effective February 2019 SAE J306 viscosity table.
SAE viscosity grade |
Maximum temperature for a viscosity of 150,000 cP[1] |
Kinematic viscosity @100°C |
|
---|---|---|---|
Min[2] | Max | ||
70W | -55°C | 3.8 | – |
75W | -40°C | 3.8 | – |
80W | -26°C | 8.5 | – |
85W | -12°C | 11.0 | – |
65 | – | 3.8 | <5.0 |
70 | – | 5.0 | <6.5 |
75 | – | 6.5 | <8.5 |
80 | – | 8.5 | <11.0 |
85 | – | 11.0 | <13.5 |
90 | – | 13.5 | <18.5 |
110 | – | 18.5 | <24.0 |
140 | – | 24 | <32.5 |
190 | – | 32.5 | <41.0 |
250 | – | 41.0 | – |
SAE Viscosity Grades Revised and Updated 2015
SAE viscosity grade |
Low-temperature cranking (CCS) viscosity (cP) max @temp °C [1] |
Low-temperature pumping viscosity (cP) max @temp °C [2] |
Kinematic viscosity (cSt) @100°C[3] |
Kinematic viscosit (cSt) @100°C[3] |
High shear rate (HTHS) viscosity (cP) @150°C[4] |
---|---|---|---|---|---|
ASTM D5293 | ASTM D4684 | Minimum | Maximum | Minimum | |
0W | 6,200 @-35°C | 60,000 @-40°C | 3.8 | ||
5W | 6,600 @-30°C | 60,000 @-35°C | 3.8 | ||
10W | 7,000 @-25°C | 60,000 @-30°C | 4.1 | ||
15W | 7,000 @-20°C | 60,000 @-25°C | 5.6 | ||
20W | 9,500 @-15°C | 60,000 @-20°C | 5.6 | ||
25W | 13,000 @-10°C | 60,000 @-15°C | 9.3 | ||
8 | 4.0 | <6.1 | 1.70 | ||
12 | 5.0 | <7.1 | 2.0 | ||
16 | 6.1 | <8.2 | 2.3 | ||
20 | 5.6 | <9.3 | 2.6 | ||
30 | 9.3 | <12.5 | 2.9 | ||
40 | 12.5 | <16.3 | 2.9 [5] | ||
40 | 12.5 | <16.3 | 3.7[6] | ||
50 | 16.3 | <21.9 | 3.7 | ||
60 | 21.9 | <26.1 | 3.7 |
Kalau kita pakai angka cSt, misalnya minyak goreng itu 8 cSt, maka itu masuk SAE 20W atau SAE 16 atau SAE 20 untuk oli mesinnya. Masuk SAE 75W atau SAE 75 untuk oli transmisinya.
Untuk motor di Indonesia, penulis rekomendasi 10W40 kalau di pegunungan tinggalnya, 20W50 kalau di dekat pantai tinggalnya. Ingat ya, Mandalika yang termasuk paling selatan Indonesia saja bisa mencapai 43 derajat suhunya.
SAE xxW50 itu minim 16,3 cSt. Batas minimal SAE 90 sudah lebih kecil dari itu, 13,5 cSt.
Kalau kita pakai oli transmisi yang lebih encer dari SAE 90, misal 80W90, maka ini artinya kita pakai oli yang kekentalannya setara oli 10W30. Yang kalau menurut penulis terlalu encer untuk Indonesia.
Tapi apakah ada oli transmisi dengan kekentalan yang sesuai ? Setau saya oli transmisi/gardan untuk matic di kemasan yang sesuai (dibawah 200ml) tidak ada yang kekentalannya diatas J306 xxW90.
SukaSuka
kalau untuk transmisi motor matik, memang cenderung dipaksa pakai encer semua. Nggak beda dengan pemaksaan oli mesin yang maks 10W40. Oli transmisi motor matik pakai standar J300. misal:
SHELL Advance Scooter Gear Oil = 15W40
Yang pakai standar J306, ipone, motul dan castrol memang sedianya 80W90
Tapi oli transmisi manual GL5, ada yang SAE 140 juga, setara SAE 60.
SukaSuka
Oot nih bang, motor saya beat 2017. Awalnya sih baik-baik saja. Cuman seminggu yg lalu habis dipake ke kampung yang jalannya bebatuan naik turun intinya parah deh jalannya. Nah besoknya waktu dipake pas gas awalan rpm rendah, kayak anjlok dikit gitu kayak yg digas tiba2. Padahal biasanya enggak. Intinya tiap motor kondisi berhenti, digas agak anjlok gitu. Tapi kalo udh cepet, gk ada kendala kayak gitu. Intinya masalah tersebut hanya muncul ketika awalan gas rpm rendah. Kira-kira apanya ya? Siapa tau abang-abang disini tau.
SukaSuka
mungkin bisa dicoba cek selang hawanya. Karena kesannya kok seperti ada selang vakum lepas / bocor. Selang bensin juga perlu di cek apa ada yang longgar.
SukaSuka
Kalo dari produk pertamina yang saenya 50 keatas oli apa prof.untuk transmisi
SukaSuka
Rasanya cuma oli mahal ya? Mending coba dulu rored SAE 90.
SukaSuka
Saya jadi mikir pantesan Shell Advance AX meskipun performa bagus tapi gampang panas, terutama di kondisi macet dan suhu panas.
Bisa jadi memang itu oli risetnya bukan di negara Indonesia yg iklimnya tropis. cocoknya buat iklim perbukitan/pegunungan yg cuacanya dingin atau sering turun hujan.
Bisa ga om infokan atau buat postingan tentang list brand oli yg riset-nya khusus di Indonesia atau ya setidaknya sesama negara tropis gitu om, macem India, Brazil, Africa dsb.
SukaSuka
wah agak sulit untuk mengetahui itu. Oli yang buatan amerika pun, yang ada daerah panasnya, ada yang tidak menyediakan xxW50. Yang masih menganut kental itu pabrik motornya, HD dan polaris. Untuk brazil dan india pun rasanya sama seperti indonesia, dipaksa oli encer oleh pabrik jepang.
SukaSuka
Saya mau nanya pak, saya abis beli oli Castrol Power 1 matic 10w 40 1 liter untuk beat 2017 saya, ceritanya saya salah pilih produk yg seharusnya 800ml kebeli yang 1 liter. Daripada rugi kan pak wkkeke apakah aman kalau sisa oli yg baru saya beli itu saya masukan ke gardan? Kira2 interval penggantian saya di 5000an KM untuk oli gardan. Kalau mesin 2500an, penggunaan buat ngurir di area pegunungan.
SukaSuka
Oli transmisi bisa pakai oli mesin sebenarnya. Kalau daerahnya dingin silahkan pakai. toh kekentalan juga mirip kok antara 80W90 dan 10W40.
SukaDisukai oleh 1 orang
Terima kasih pak penjelasanya
SukaSuka
sama sama
SukaSuka
kalo rored 90 saya masukkan jadi oli mesin (90% + 10% migor) apakah aman?
SukaSuka
wah jangan, karena oli transmisi tidak ada aditif yang diperlukan kalau oli kena panas. Saya jadikan aditif saja tidak sip.
SukaSuka
kalo rored 90 (untuk kentalnya) + mesrania 2t (untuk kandungan aditifnya) + migor (untuk pelicin) gimana pak penulis?
SukaSuka
tetap nggak rekomendasi, karena kentalnya rored 90 itu nggak jauh beda dari mesran super.
SukaSuka