Dengan modif filter udara NMAX efeknya besar banget, seirit PCX! Tidak bisa dinalar! Veloscope cuma ilusi?


Bermula dari penulis yang nggak bisa merasakan sentakan VVA (sampai dibully dst), akhirnya jadi nemu yang kayak begini. Awalnya nggak nyangka bakal utak utik seperti ini. Hasil akhirnya juga tidak disangka karena sulit dinalar.

Soal VVAnya sih sudah jelas setelah didyno. Feeling penulis nggak salah. Memang beneran ada masalah di tuner Yamahanya. Karena saat didyno tenaga terbukti turun:
VVA NMAX ada efeknya tapi malah buruk, salah Yamaha dimana?

Penulis menyalahkan Yamaha karena janjinya kan VVA bisa membuat tenaga meningkat pada saat aktif.

Untuk catatan, grafik dyno ini tidak lagi bisa ditemukan di spesifikasi motor VVA Yamaha yang terbaru. Cuma disebut bikin tenaga rata, sensasi luar biasa. Klaim yang tidak tepat kalau lihat dyno penulis.

Penulis curiga Yamaha tidak menggunakan bensin pertamina ketika melakukan tuning. Sehingga sebagai akibatnya, VVA bukannya bikin performa sip, tapi justru drop.

Untuk mengatasi ini, penulis sih inginnya menggeser rpm aktivasi VVA. Bisa dilakukan di bengkel resmi Yamaha, di menu reprogram ECU. Cuma entah mengapa, sang mekanik nggak ngerti caranya ketika penulis minta.

Ada dua cara lain yang bisa ditempuh. Dua duanya hubungannya dengan AFR, rasio AFR harus dibuat makin rich. Yang pertama adalah membuat pasokan bahan bakar meningkat. Ini sudah penulis lakukan dengan CO+8. Walau terasa ada peningkatan, tapi segitu masih kurang. Ingat bahwa penulis melakukan dyno dengan setingan CO+5. Cara lain bisa dengan ganti injektor yang debit besar, tapi penulis tidak lakukan.

Cara yang kedua adalah dengan mengurangi pasokan udara. Hal ini yang penulis eksperimenkan dengan melakukan modifikasi sederhana yang tidak permanen pada boks filter udara. Perubahan penulis lakukan pada pipa intake dalam (dari filter ke throttle body)

Dan pipa intake luar (dari udara luar masuk ke filter).

Modifikasi pada pipa intake dalam termasuk bisa dinalar. Penulis menambahkan kumparan yang kemudian jadi penghalang udara yang masuk.

Saluran masuk udara menjadi lebih kecil.

Walau pemilihan penghambat intake dalam kurang tepat, mestinya pakai kabel NYA 10 mm saja misalnya, efeknya langsung terasa. Performa terasa ngedrop jauh. Motor tidak bisa dipakai kencang. Top speed terasa terhalang. Untuk mencapai 105 kpj pun susah. Akselerasi 0-100kpj pun jadi mungkin 22 detikan dari biasanya 17,5 detik. Padahal sebelumnya, di 1800 km selama pakai castrol gps campur xado revitalizant campur bimoli, angka 17,5 detik sering didapat bila kondisi cuaca sama.

Tapi bareng dengan pengurangan tenaga ini, motor jadi jauh lebih irit. Potensi iritnya bahkan bisa mencapai 57 km/liter dari sebelumnya yang paling bagus adalah 54 km/liter. Potensi diukur dengan menjalankan motor konstan kecepatan 45 km/jam beberapa km setelah di reset AVG MIDnya pada saat jalan.

Dipakai seenaknya pun pengiritan masih bisa didapat. Bisa dapat 43 km/liter dari biasanya 37 km/liter.

16% itu termasuk pengiritan lumayan pakai banget. Angka segitu sudah membuat NMAX penulis bisa saingan dengan yang pakai matik Honda sekelas 🙂 .

Penulis curiga trik modifikasi filter udara ini berlaku tidak hanya pada NMAX saja tapi juga motor motor Jepang yang lain. Karena penulis curiga pabrikan Jepang lain juga tidak pakai pertamax kalau pas tuning motor buatan mereka di Jepang sana. Jadi silahkan trik ini dicoba. Penulis sendiri rencananya bakal eksperimen di Nex2, kalau pas ada kesempatan bawa.

Mengapa hal itu bisa terjadi?

Menurut penulis dan beberapa pemirsa, hal ini terjadi karena ECU secara otomatis menyesuaikan pasokan bahan bakar. Karena masukan udara berkurang, maka keluaran oksigen jadi berkurang. Ketika ECU mendeteksi pasokan oksigen berkurang, maka sistem secara otomatis akan menyesuaikan pasokan bahan bakar sehingga AFR selalu konstan. Kalau mau ini berubah, harus setel CO.

Tapi ada satu modifikasi lagi yang sulit untuk dinalar. yaitu modifikasi di pipa intake luar. Ada 3 kondisi:
1. dibiarkan standar
2. dikasih penghambat
3. dilepas

Yang melakukan modifikasi pernapasan NMAX sering berpikir untuk merubah filter udaranya. Pakai yang lebih plong. Sesuatu yang menurut penulis merupakan tindakan sia sia karena kalau lihat desain, ukuran pipa intake luar itu lebih kecil daripada intake dalam. Dibanding ukuran filter, ukuran pipa intake luar itu puluhan kali lebih sempit. Selama pipa intake masih pakai yang kecil, filter udara dibuat plong pun percuma.

Apa yang terjadi ketika pipa intake luar ini dilepas?

Wah tenaga malah ngedrop. Motor malah makin boros. Nggak sesuai sama sekali dengan tujuannya. Penulis melakukan ini karena ada yang menyarankan. Ia sudah melakukan. Katanya motor makin responsif.

Yang penulis rasakan memang ada kesan itu juga. Tapi ini bila tidak memperhatikan seberapa besar bukaan gas ketika mesin terasa responsif. Setelah pipa intake luar dilepas, maka untuk mencapai kecepatan yang sama (sekitar 25 – 50 km/jam) dibutuhkan bukaan gas yang lebih besar. Hal yang lebih ekstrem terjadi kalau melakukan akselerasi. Dari asalnya bukan gas sedang saja motor sudah berakselerasi, jadinya harus buka full baru berakselerasi.

Perasaan tenaga makin mantap bisa jadi karena terasa memang lonjakan tenaga lebih mendadak ketika pipa intake luar dilepas. Tapi mendadaknya karena pas dibuka awal sama sekali nggak ada tenaganya. Yang aslinya terasa kurang sip karena pas dibuka awal sudah ada tenaga yang keluar, sehingga nggak ada nyentak nyentaknya.

Nyentak seperti itu malah jelek. Kayaknya sip, padahal aslinya tenaga berkurang. Hal ini juga membuat review Veloscope jadi perlu dipertanyakan::

Bagi yang merasa Veloscope ada gunanya. Silahkan lepas pipa intake luar. Udara makin deras masuk filter kan? Coba rasakan apakah memang tenaga makin nambah.

Yang merasa penulis salah, silahkan coba perhatikan bukaan gas pada saat tes. Kalau perlu bandingkan dengan yang berikut juga.

Ada satu lagi opsi kan? Yaitu memberi penghambat. Ini sebenarnya sudah penulis lakukan duluan, pakai kabel NYA 6 mm merek Eterna:

Yang ini sulit dinalar. Motor justru terasa lebih reponsif terhadap gas. Gas dibuka kecil (mungkin kurang dari 1/8) saja motor sudah bisa melaju 50 km/jam. Gas ditambah sedikit motor sudah berakselerasi. Padatnya tenaga sangat terasa bedanya, apalagi kalau dibanding dengan waktu pipa intake luar dilepas. Sentakan tenaga terasa padat dari bawah sampai atas. Padahal penulis sama sekali tidak melakukan perubahan lain pada motor. Oli mesin pun sampai dibela belain terusan dipakai (masih halus juga sih). Penulis juga tidak melakukan isi bensin. Malah dari bahan bakar juga terkesan lebih irit daripada ketika pipa intake luar dilepas.

Bagian ini sulit dinalar. Mengapa setelah lubang intake luar dikecilkan, motor justru makin sip tarikannya dan lebih irit?

Mau tidak mau, penulis menyalahkan Yamaha lagi. Nggak sip nih tuningnya. Yang jelas penulis berencana mau pakai modif ini secara permanen. Terlalu besar dampaknya untuk diabaikan.

Iklan

24 respons untuk ‘Dengan modif filter udara NMAX efeknya besar banget, seirit PCX! Tidak bisa dinalar! Veloscope cuma ilusi?

  1. Nah brarti ketemu tuh Pak stelan afr kurang rich
    Jd ga ragu dong buat gedein injektornya buat mgimbangi besarnya saluran udara ori hehe..
    Fyi aja Pak..
    Saya vario karbu cranshaft ori puntiran gas dr bawah k atas merata tenaganya
    Stelah saya desain cranshaftnya mirip punya n max old ataupun jupiter z1 yg menyempit mmg jd njengat nyentak tp puntiran gas saat rpm mnengah ada jeda tenaga kosong lalu ngisi lg atasnya..
    Saya berkesimpulan crankshaft model pakem yamaha mmg sulit cari stelan yg pas makanya teknologi injeksi mau 2 step lbh baik dr honda tetep aja msh terasa ada efek ngeden d putaran mnengah saat tidak ada beban berlebih atau posisi menanjak ekstrim
    Klo pakem honda crankshaft yg stengah lingkaran ibarat mau dkasih injektor sm gas kupu2 tanpa sensor pun tetep aja rata bukaan gasnya
    Tp saya tetep salut sama yamaha tetep pd pendiriannya walau sulit banget atur pakem mesinnya sendiri buat kenyamanan

    Suka

    • Menarik infonya. Sepertinya memang dibuat sempit ya power bandnya. Jadi kalau digeser rpm vvanya masih ada kemungkinan tenaga di rpm menengah ngedrop mungkin ya. Sekarang sepertinya Honda jadi nggak kuat nanjak juga.

      Kalau untuk injektor, entah ya. Repot juga kalau ECU otomatis menurunkan debit begitu tahu injector diberi yang lebih besar. Harus cari ECU yang nggak adaptif.

      Suka

      • Nah sependapat Pak
        Mksd saya jg begitu walau dgeser pun akan tetep ga merubah karakter dr crankshaftnya..
        Mmg crankshaft macam yamaha cocoknya buat tarikan kontan bleyer2 sm nanjak2 ekstrim
        Justru kalau gas diurut halus yaitu td akan mnemukan ada tnaga yg hilang d rentang rpm mnengahnya..
        Kalau crankshaft honda ya pastilah kurang unggul dtanjakan n bawa beban berlebih agak boros..
        Tapi kalau pakai pelan maupun kenceng tetep aja halus enak aja bawanya

        Suka

        • Persis punya saya jupiter 5TP kruk as std model setengah lingkaran. walaupun ini lazimnya desain kruk as tapi masalah di jupiter5TP ga ada balancer yg mereduksi getaran alami kruk asnya sendiri padahal dijaman crypton malah diberi balancer. Di jupiter 5TP dudukan buat balancer masih ada dan buat gigi kruk as ke balancer cuma diganti bosh bosh an
          Efeknya mau kita tuning area blok kop sampe ke karbu maupun kelistrikan tiap di gigi 4 tenaga kayak kurang ngisi tapi torsi bawah memang nampol

          Suka

          • Sepakat, gegara kruk as model bulan sabit itu plus tanpa balancer bikin vibrasi di putaran tinggi menyebabkan mesin “kesulitan” berputara lancar di RPM tinggi lantaran geteerrr…., tapi kan 5TN/5TP ini langganan juara road race, apakah dimodif dikasih balancer tambahan kalo dipake road race?

            Suka

            • Lah kn biasanya d modif dbikin bulat penuh buat nambah komposisi logam flywheel dan mngurangi bobot crankshaftnya scr total bobot body nambah dnaikin kompresi naik aja tnaganya

              Suka

    • Setahu saya karakter yamaha di putaran bawah bisa langsung gas pol torsi langsung dapat, sedangkan honda kalo di gas pol di putaran bawah justru loss torsinya (seperti hilang/kekurangan bensin), kalo buka gas dikit ya torsi nya dapat, kalo gas di tambah torsinya ga nambah malah berkurang.

      Tapi begitu di putaran atas justru kebalikannya.
      Berarti karakter ini memang dari desain crankshaft nya ya? Atau bisa di akali dengan piggyback misalnya?

      Suka

      • Makanya saya bilang td klo yamaha klo puntiran gas dkasari mlh dapet torsinya..
        Klo dhalusi mlh ada bagian tenaga yg hilang walau mmg sangat bertenaga
        Klo honda mintanya halus tenaganya merata
        Klo dkasari pun msh ada tp yaitu halus tenaganya klo ga mau dbilang ngeden tp ga hilang tnaganya
        Gmn ya jelasinnya yaaaa gt deh

        Suka

        • Setuju nih

          Saya lihat motor matic Honda kalau di buka gas langsung besar itu malah nggok…. paling joss itu diurut sesuai power delivery, irit dan kencang.

          Mau gas ala pasar senggol ya pilih Yamaha… lebih memuaskan deh…
          Mau main halus ya pilih Honda… lebih memuaskan deh
          Semuanya kencang dengan cara yang berbeda

          Jangan ketipu sama sales dong…

          Suka

  2. Kalau semisal yg dikasih kabel kumparan yang pipa intake bagian dalam (terhubung dg Throttle Body) saja apakah sudah bisa bikin jadi irit Om, pake kabel NYA 10 mm seperti Om sebutkan? kalo yg digambar kabelnya kurang bagus karena permukaannya berpola tidak halus rata, ada kemungkinan bikin udara yg masuk malah jadi turbulensi.

    BTW modif yg Om pake sepertinya ada kaitannya dg efek Turbo Cylone, membikin udara yg masuk ke TB jadi muter/berpusar karena harus melewati lilitan kumparan itu sehingga molekul udara menjadi lebih homogen dan padat, tentunya bikin BBM jadi lebih terbakar sempurna yg muaranya bikin tenaga bertambah utamanya di putaran menengah kebawah, sehingga di gas sedikit Torsinya langsung ada karena hanya dibutuhkan BBM yg lebih sedikit untuk dibakar jadi tenaga yg dibutuhkan sbg dampak udara yg jadi Swirl/pusaran tersebut. Ane juga dapet info perihal sudut kemiringan lengkungan dari kumparan ini katanya yg ideal adalah bersudut 50° kemiringannya, dari garis vertikal, untuk mendapatkan efek Swirl yg baik. CMIIW

    Suka

    • Iya sih, saya tidak pakai kabel mulus untuk dalam. Mungkin nanti akan saya coba hambat lagi intake dalam. kebetulan ada kabel 10 mm.

      Kalau untuk udara berputarnya, mestinya sudha termentahkan oleh filter. Lagipula ada yang sudah merasakan efeknya pakai metode busa dan plat. Kalau kata Fredsan orang perancis, sudut bisa antara 52 sampai 70 tergantung kendaraannya.

      Suka

  3. ymjet fi soul gt barusan coba aplikasi model gitu an,wah atas bwah ngisi,di gas dikit keburu ngacir aja.beda dari sebelum walau uda coin tb di buat buka bebarengan ada jeda dikit lama raih tenaganya.! ini skarang 60 ke 100 makin cepet aja pakai terapan model di gituin…mengenai ke iritan nya ntar di laporkan juragan..belum di test bepergian jarak jauh jg soal nya.biasa nya ni motor dapat 39/40 perliter kecepatan rentan 40-60,ntar kedepan nya di laporkan kembali..

    Suka

      • saya tinggal di malang,tepat nya kabupaten malang kec.pakis dekat lanud abdul rahman shaleh..rute perjalanan arah menuju kec turen dampit…jalan desa namun jalan nya lebar bisa di cek di map..hasil test mio soul gt memuaskan,oli castrol go 20w40 api sg jaso ma2+migor bimoli 200ml….dgn kecepatan 60-50 pulang pergi jarum bensin nyisa separuh kurang dikit dr full start spbu abd shaleh tujuan spbu pasar dampit putar balik..sungguh irit sangat irit malahan ini mah,!terakhir kondangan kesana pp jarum bensin di merah mendekati E.mantap juragan….

        Suka

        • sip terima kasih sharingnya. menarik sekali karena sempat ada teori kalau daerah dingin tidak butuh atau malah boros. Syukurlah sekarang sudah jadi sangat irit 👍. Senang dengarnya 🙂

          Suka

          • ymjet fi itu unik juragan,..slidik slidik sambil kerja saya sering telisik tb beat fi,mio j,mio m3 apa beda nya di mana kekurangan nya,..jalur udara bagai mana lewat nya sistem kerja dan hambatan proses udara sebelum masuk ruang penginjeksian di mana bensin di semprotkan,…

            contoh beat fi kenapa lubang luar di kecilin motor trasa brebet krn tb beat fi tdk punya selang by pass sperti ymjetfi,lubang angin nya uda kecil trus di persempit mur plastik di atas tb itu sendiri istilahnya angin nya hanya di kewesin biar bisa langsam pelan.gimana ndak irit coin nya jg kecil 19mm

            jika ymjetfi penggen irit stasioner kalem mirip beat fi mudah isc di ganjal,dan selang bipas di buat penghalang di bagian plastik atom sambungan nya di buntu lalu buat kan lubang kecil2 dari jarum yg di panaskan biar udara keluar nya hanya di kebiri,terakhir buat coin tb nya di buka bersamaan di jamin langsam pelan ga geter2 ni motor dan tenaga responsip krn tb di buat buka bersama an..

            bluecore m3 yg sangat riskan ber cc 125 di paksa irit kelewat irit hanya demi kejar irit mengorban mesin jadi loyo dan kemilitik.menerapkan tb mirip pgmfi hanya saja ada pembeda di mana pipa udara nya di buat pendek setelah filter udara.!di buat demikian untuk menambah respon saja menutup kekurang ymjet fi secara bentuk pipa sama diameter sama panjang nya saja yg di buat beda selisih 10cm….(saya pernah potong karet ini di motor sndri hasilnya lumayan responsip tapi ada tapi,di karnakan puli ymjet fi tdk sama dgn m3 blucore berimbas ke bbm yg jadi ngocor,apa daya mesin respon tapi kontruksi cvt tdk memadai istilahnya tenaga respon kekail namun kecepatan lamban tuk naik ke top.)alhasil beli pipa di loakan saya balikin lagi setelan nya hanya ubahan di tb saja..

            alhamdulilah kmrin xperimen agan dah saya terapin dan minggu nya saya uji dapat hasil memuaskan irit dapat tenaga dapat top nya jg dapat.. jalan pelan di 50-60 persis seperti dlu pas kondangan dgn rombongan isi full lalu jalan bareng beriringan waktu itu ada beat fi 2013,beat fi esp 2015,vario teckno 125 fi 2014,vario teckno 150 fi esp 2015,soul gt fi 2013 saya..jg ada supra x 2007 dan vega zr 2009

            beat fi di merah
            beat fi esp hampir merah (no 2 paling irit)
            vario 125 hampir merah (paling irit)
            vario 150 hampir merah (no 3 paling irit)
            soul gt di merah
            supra hampir merah
            vega hampir merah

            kmrin jalan2 garing pp dapat di bawah separuh kurang dikit jelas kaget ini irit di motor..terus terang juragan saya paham ini saya krn kerja nya sales sperpat yg kesana kemari tiap bngkel antar barang,berteman dgn pemilik serta mekanik,saling sharing..dan kadang pemilik toko yg akrap blakblakan buka cerita oli mana2 nya yg kerap di kw..maaf juragan jadi sdikit panjang saya ketik nya..jujur motor saya kian irit dgn masukan agan…1 lagi di kota saya sudah tidak sedingin dahulu..

            Suka

            • silahkan. wah mantap juga triknya. baru tahu ada trik seperti itu. Yang saya tahu paling irit itu motor matiknya suzuki macam nex atau nex2. smash juga irit.

              Syukurlah bisa sangat irit begitu. Memang mengagetkan juga bisa ekstrem sekali iritnya. syukurlah.

              Iya, sayangnya banyak oli kw.

              wah di mana mana makin panas berarti ya.

              Suka

  4. pernah jg saya pakai shogun 125 irit dan bandel mesin nya jauh dgn supra x unit ke2 saya,tapi sayang karna terlibat insiden jatuh,almarhum nenek menyuruh untuk melepaskan ini shogun dlu…maklum kaula muda ban cacing..jatuh separah2 nya uda jatuh masih ketimpa motor keseret 15meter saya ingat betul tepat dpn wajah saya adalah karbulator..

    sayang di kota saya suzuki sepi peminat jarang ada motor nex yg berseliweran suzuki tenggelam semenja beat muncul menjungkalkan mio diler yamaha beralih fungsi menjelma diler honda..yg terparah diler suzuki satu2 nya di kab pakis tutup usia di mana di diler itu dlu saya mendapat motor pertama saya..

    saya jg pengagum honda,saya jg pernah pelihara supra x dan vartec 125 fi 2012 tapi sayang trobel sering muncul yg di matic honda usia 3thn suka gredek jg sering di perkabel yg suka putus jalur di tengah mengakibatkan saya harus merelakan melepas kedua unit tersebut..dan beralih ke unit yamaha zr 2009 beli bekas-skrg ,dan soul gt 2013 (beli second)..

    hasil coba2 gan dlu di 2015 sempat join xrider dapat ilmu tata cara optimalkan tb standat tanpa harus reamer.!uda di dapat cukup memuaskan irit bertenaga mirip beat fi+lamban laun xperimen tiap xperimen di coba dan di padukan tutor dr agan makin mantap..

    mengenai oli di kota saya kebanyakan jg di toko pelanggan saya yg bnyak sharing yg sering di kw mpx,spx,ymlub,fedrl,sgo..saya sendiri pengguna kastor go jenis mineral saya terapkan di zr dan soul gt+ bimol..ta luput jg keluarga yg lain saya sarankan yg aktiv mtic..dan kedapatan oli kw di kota saya bermuara dr utara..dgn hrga yg bikin kaget jg mpx 30 rb an saja gan,wih,…pas di buka beh nyengat bnget mirip oli drum jg kedapatan endapan di bwh bila di diamkan 1bln lbh jika di amati di buka..

    pemanasan di mana2 bumi ini dah tua,gan polusi di mana2,…jln desa yg dlu tidak lebar jg ramah anak bersepeda ria sekarang mah lebar sangat jalur tronton malah+era nya tol melintang,..

    Suka

    • wah sampai depan mata karbunya ya.

      sip iya, sayangnya kesalahan kebijakan suzuki bikin motor suzuki turun pamor. unit honda memang sayangnya sering trobel.

      sip iya, memang banyak eksperimen yang bisa dilakukan. iya sayangnya banyak oli palsu. yang asli pun sekarang kualitas turun.

      kalau cuaca daerahnya kurang baik, misal jarang hujan, dan sekali hujan bikin longsor, rekomendasi sekali coba cemenite 🙂

      Suka

  5. di karnakan insiden parah itu saya harus 21 tdk jalan,&motor 1bln mangkrak karna ringsek..

    secara suzuki lebih baik di mesin yg tangguh jg irit,pengaplikasian body yg tdk gampang tuir bautnya kuat drat besar mirip ymha..honda hanya menang nama secara kian kemari kualitas nya makin ringkih,plastik tuir,geter2 dan mudah kusam,kabel2 sering trobel,..walaupun kebnyakan sanak keluarga bnyak yg pilih honda,hanya saya yg pakai ymaha walaupun harga jual jatuh tapi yg saya buru keawetan,jarang trobel walau tidak seirit mesin honda,menurut saya irit itu hal tabu,irit itu skrg bukan milik honda baik smua pabrikan skrg motor nya irit2 tergantung tangan main nya biarpun motor yg katanya boros jika main nya smot pasti dapat irit pasti nya..

    yg paling parah skrg ada pedagan yg nakal ngaku nya oli asli padahal kw dapat harga 31rb di jual sama dgn yg asli di samakan 52rb. saya hanya bergumam dalam hati kok tega ya,dalam hati sambi tersenyum tiap kunjungan ke toko yg nakal tersebut.

    alhamdulila di kota saya hujan dan terik nya normal,jarang ada bnjir/longsor..ya ada tapi tidak parah jg tidak sering sekali..siap di konfirmasi saran cemenit nya…salam bwt keluarga smoga sehat2 selalu dan semoga di mudahkan urusan dan rezeki nya,amin…salam dr kawan jauh dr malang jatim.

    Suka

    • syukurlah sudah pulih.

      iya, suzuki memang tangguh dan sering disetel irit. Bodi juga kuat. Iya betul, terutama honda bodinya kurang baik.

      Iya, saya juga ingin cari awetnya. Walau memang sih alasan utama nggak beli honda karena motor paling tidak nyaman / tidak ergonomis. Iya, motor honda irit itu cuma kalau baru. Kalau sudah lama sama borosnya. nmax saya sama iritnya dengan beat.

      Iya, sekarang oli palsu harganya sama.

      Syukurlah cuacanya baik 🙂 .Terima kasih, semoga selalu sehat dan dimurahkan rezekinya juga :). Amiiin.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.