Menghambat pipa intake luar juga sukses membuat Suzuki Nex2 jadi mantap tarikannya 😁


Seperti penulis ceritakan di artikel sebelumnya, penulis sudah punya niatan untuk menerapkan trik yang penulis lakukan di NMAX ke motor Suzuki Nex2. Trik menghambat pipa intake luar dengan kumparan.

Kebetulan Suzuki Nex2 itu juga punya pipa intake di luar juga:

Yang bikin penulis heran adalah ternyata pipa intake luar dari Suzuki Nex2 itu ukurannya lebih besar dari punya NMAX! padahal NMAX kan tenaga lebih besar, kapasitas mesin lebih besar, sementara Nex2 disetel irit?

Gara gara ini, ukuran kumparan yang cocok untuk NMAX jadi terlalu besar untuk Nex2:

Penulis pun menggunakan karet ban dalam untuk menambal sisi luarnya. Biar ukuran saluran masuk nanti bisa sama dengan yang di NMAX (harusnya lebih kecil ya?)

Bagian dalam juga penulis pastikan tidak menghambat laju angin yang terperangkap oleh kumparan:

Hasil akhirnya memuaskan. Penulis sengaja menguji motor sebelum melakukan modifikasi. Dibuat boncengan. Setelah modifikasi, terasa sekali tarikan di kecepatan rendah meningkat. Untuk berakselerasi juga jelas lebih mudah. Putaran gas yang sama pun bisa melaju lebih kencang.

Cuma sayang karena boncengan, penulis tidak bisa menguji di kecepatan tinggi. Cuma rasanya setelah sentakan kecepatan rendah, ada sempat lowong di kecepatan menengah (masih lebih sip dari sebelumnya), terasa ada syuuuut saat kecepatan mulai lebih dari 60 km/jam. Cuma sayang nggak ada kesempatan. Penulis ceritakan nanti saja, kalau ingat.

Intinya modifikasi ini membuat penulis puas banget. Entah bakal lebih irit atau tidak, karena dari aslinya sudah irit, dan nggak ada MID di motor ini.

Prosesnya:

Iklan

11 respons untuk ‘Menghambat pipa intake luar juga sukses membuat Suzuki Nex2 jadi mantap tarikannya 😁

  1. Coba Pak dterapkan d matic honda..
    Tebakan saya tarikan ga berubah atau bhkn lbh ngeden..
    Ini tebakan lho smg saya salah

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.