Kalau pertamax jadi 16 ribu, terpaksa pakai pertalite dong? Makin urgen campur margarin


Kabarnya bensin pertamax akan naik yang kalau diloskan, bisa sampai 16 ribu rupiah per liter. Wah padahal penulis sendiri termasuk yang anti pertalite (tapi nggak anti premium). Kalau harga naik setinggi itu, mau nggak mau, terpaksa pakai pertalite. Kayak yang dibeli NMAX depan penulis tadi pagi:

Mamang apa sih yang dikhawatirkan kalau pakai pertalite?

Kalau dari pengalaman pakai pertalite sebelumnya adalah pakai pertalite itu bikin performa mesin turun.

Ini cuma bakal ketahuan kalau pakai bensinnya dibuat full konsisten terusan dalam misal satu bulanan. Kalau pakainya ganti ganti terus tiap hari nggak bakal ketahuan. Ini karena untuk membuang kotoran dari pertalite butuh sekitar 2 minggu kalau di motor Suzuki Spin penulis. Jadi kalau habis pertalite pakai pertamax atau premium, ya tetap saja masih akan ada sisa penurunan performa oleh pertalite.

Efek cepat hilang kalau misal pakai bensin shell super atau BP 92. Tapi dengan harga keduanya yang juga menjulang, mustahil kan pakai itu?

Kalau nanti penulis harus pakai pertalite, maka rasanya penulis bakal jadi getol konsisten selalu pakai aditif margarin di bensin. Penulis sudah yakin pakai margarin di bensin efeknya positif.

Soal efek samping, entah, mungkin cuma karat di tangki kalau margarin kena langsung tangki saat dipakai. Oleh karena itu dianjurkan untuk mencampurkan ke bensin secara terpisah dulu. Ada juga yang pakai cara diencerkan dulu.

Keunggulan margarin yang lain adalah mengandung emulsifier. Kalau misal pertalitenya bikin tangki jadi ada airnya, air akan lebih mudah larut ke bensin berkat emulsifiernya.

Dengan oktan yang lebih rendah, beberapa motor akan beresiko mengalami pre ignition. Kalau motor NMAX penulis sih yakin aman karena penulis pernah pakai premium ok ok saja. Di motor penulis juga sudah ada pro capacitor juga, jadi yakin no problem.

Kalau untuk yang lain, yang bisa dicoba adalah menambah seal silinder, untuk mengurangi kompresi. Atau kalau mau cara murah, silahkan coba trik mengecilkan saluran intake luar yang terbukti sukses meningkatkan performa sekaligus iritnya NMAX dan Nex2 penulis:
Saluran intake luar dikecilkan tapi akselerasi atas Nex2 seperti pakai turbo

Yang pakai knalpot racing atau filter racing juga sebaiknya menstandarkan motornya lagi. Kecuali sudah pakai ECU racing. Kalau punya ECU racing, sekalian saja AFR di buat 10:0 mungkin.

Kalau untuk mobil mungkin bisa pakai vortex juga.

Moga moga nggak ada varian baru yang memaksa dikuranginya mobilitas yang efeknya adalah orang nggak beli bensin.

Iklan

10 respons untuk ‘Kalau pertamax jadi 16 ribu, terpaksa pakai pertalite dong? Makin urgen campur margarin

  1. masalahnya pertalite bakal dihilangkan pelan pelan juga nantinya, 😭dipaksa pakai angkot dalam kota dllnya, lbh baik gowes ni kl jarak rumah, kantor pp sebatas 20 km 😋bbmnya ya banyak ngemil dijalan dan minum dan ke wc umum😀kl sungguh naik sbs tsb karna uang negara lg menipis karna bansos yg banyak salah sasaran, korupsi pula selama 2 tahun , generasi anak skrg bakal lbh susah nantinya dibanding diri ini dan orang tua lainnya satu hal aja beli kendaraan jgn melebihi kemampuan, hp yg sesuai kantong kecuali makanan minuman jgn pelit karna hidup ini ya makan minum 70 persen sisannya yg anda kita rasakan😋

    Suka

    • Iya, nada nadanya memang pertalite mau dihapuskan. Kalau sudah begitu, mending pertamina saja dihapuskan ya? Toh subsidi silang nggak ketahuan efeknya, malah jadi sarana “usaha” yang ekspor bensin.

      Iya, gara gara capeknya, BBM kalau naik sepeda memang lebih mahal :).

      iya yang repot generasi anak. Iya, sesuai kemampuan lebih aman. Tapi untuk rumah diusahakan mulai dari sedini mungkin.

      Suka

  2. Kalo menuang bluben langsung ke tangki bensin bisa menyebabkan endapan, efeknya apa Pak?
    Apakah endapan itu tidak bisa hilang sendiri?

    Suka

  3. pake margarine ada efek samping bisa luruh/luntur itu kerak kerak yg nempel didalam tangki bensin, menyebabkan saluran selang bensin tersumbat, spuyer karburator mampet sewaktu bensin kesedot, kalo di injeksi rawan nyumpal injektor, dilema memang, ane pernah praktekin di jupie Z 110 2005 ane itu kerak2 tangki rontok bensin di tuang warnanya kemerahan. tapi dapat pula diasumsikan kerak2 diruang bakar dan payung klep intake juga bisa luruh CMIIW

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.