Maaf Marc Marquez dan Honda sudah bukan lagi magic combination lagi


Penulis tidak mengikuti MotoGP. Tapi penulis jadi tergelitik menulis setelah baca beberapa berita soal Marc Marquez, dari crashnya lagi hingga usaha untuk balapan di Amerika.

Harus diakui bahwa Marc itu pembalap yang karaternya berusaha keras. Kasarannya adalah memaksakan. Memaksakan masuk tikungan walau nggak ada jalan, memaksakan menyalip walau resiko lawan jadi mengalami situasi bahaya, memaksakan untuk pelan walau sebenarnya bisa kencang, memaksakan slip streaming saat kualifikasi, memaksa lawan keluar lintasan, dst.

Secara kemampuan Marc luar biasa. Marc jelas punya kemampuan atau skill balap yang baik juga. Dengan kemampuan alami dan strategi pemaksaan, ia sukses membawa motor Honda menjadi juara. Motor yang selama dipegang pembalap selain Marc bukanlah motor yang kompetitif secara umum.

Namun sayangnya yang terjadi sekarang sesuai dengan prediksi penulis. Yaitu kelemahan motor Honda membuat Marc tidak kompetitif lagi. Kelemahan Honda yang penulis maksud adalah motornya mudah bikin pembalap crash ketika dipakai kencang.

Dulu kelemahan ini bukan masalah bagi Marc. Marc terkenal sebagai pembalap tahan banting, yang kemudian naik tingkat menjadi pembalap yang jago menyelamatkan diri. Namun setelah crash besar yang dialaminya (yang sepertinya terjadi karena flaw Honda juga), yang membuat Marc harus absen cukup lama, kemampuan menyelamatkan diri hilang. Karena kondisi badannya yang kurang fit, kemampuan untuk tahan banting juga hilang.

Hilangnya kedua kemampuan tersebut, membuat Marc bukan lagi pembalap yang cocok untuk menaiki motor Honda. Honda bukan motor bagi pembalap yang badannya tidak fit dan tidak punya kemampuan menyelamatkan diri. Sehingga walau Marc melakukan pemaksaan untuk mengendarai motor Honda walau dilarang dokter, hasil tetap tidak bisa maksimal. Malah cedera makin lama makin bertambah.

Sayangnya pengembangan motor Honda sudah terlanjur dipilih desain yang sulit dikendarai. Makin parah ketika kemampuan yang selama ini jadi andalan Marc hilang, yaitu kemampuan motor untuk late braking. Bahkan sepertinya, Honda sekarang kalah dalam adu braking. Bukan tidak mungkin bila saat motor depan melakukan late braking, motor Honda yang mengikuti belakangnya bakal melebar karena memang desain sudah tidak sesuai.

Dengan kondisi motor Honda seperti itu, kondisi Marc seperti itu, maka penulis simpulkan bahwa Marc dan Honda tidak akan bisa membuat keajaiban lagi. Honda sudah bukan lagi motor yang cocok bagi Marc. Marc sudah tidak bisa lagi konsentrasi 150%, tidak bisa lagi selalu konsisten. Memaksakan membalap dengan rasa sakit tentu akan mempengaruh konsentrasi juga. Ia kadang melakukan kesalahan akibat cedera yang dialaminya. Kesalahan yang akibatnya bisa bikin cedera makin parah. Perlu jadi catatan bahwa pembalap pembalap Honda sebelumnya pensiunnya adalah karena cedera.

Memang mungkin Marc pejuang keras. Ia sepertinya juga memaksa untuk ikut balapan apapun resikonya. Karena memang sekarang ini waktunya masa depan Marc sebagai pembalap dunia dipertaruhkan. Tapi dengan kondisinya yang sekarang, resiko tentu sangat besar. Semoga tidak ada apa apa.

Ya semoga Honda dan Marc bisa menemukan resep yang pas. Membuat motor yang aman tapi kencang bagi Marc. Karena bila tidak, maka bisa jadi Marc akan mundur dari MotoGP dengan berlinangan air mata.

Opsi lain pindah Suzuki atau Yamaha. Atau KTM.

8 respons untuk ‘Maaf Marc Marquez dan Honda sudah bukan lagi magic combination lagi

  1. Rossi selamat karena keburu pindah tim, cuma rada apesnya ketemu Mark masih sehat hehe
    Doohan termasuk tim pensiun krn cedera juga

    Suka

  2. Yg pensiun karena crash Wayne Rainey dan Doohan. Yg pensiun karena cedera berlarut2 Lorenzo dan Crat Crut Crot.

    Diplopia itu gak bohong, jika dia msh membalap dan crash keras lg ada kemungkinan dia akan buta permanen.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.