Ciri oli Mesran SAE 40 asli


Sekarang ini sudah cukup banyak yang jadi tergiur untuk mencoba oli Mesran SAE 40. Cuma yang jadi masalah adalah, oli ini cukup sulit didapat, nggak semua SPBU jual. Dan banyak palsunya kalau beli tempat lain.

Sudah ada beberapa orang yang beli online dan offline dapat yang palsu. Berikut ini beberapa ciri dari oli asli Mesran SAE 40 yang bisa diketahui tanpa lihat isinya. Dari pertamina sendiri memberikan penduan sebagai berikut:

Khusus untuk mesran SAE 40, yang penulis pergunakan sebagai panduan adalah segel pada tutupnya. Di yang asli, segel pasti rapih dan ada warna putih terusan dari pengintip volume oli:

Di yang palsu, biasanya sealnya bentuknya kacau atau tidak ada putih tersebut. Atau seandainya ada, modelnya belepotan:

Selain itu adalah adanya kode barcode yang cekatannya jelas dan merata. Yang palsu biasanya cetakan ada bagian yang menghilang karena kena panas saat melakukan seal.

Yang berikutnya adalah bagian labelnya ada logo pertaminanya:

Bila ingin aman, maka lebih baik coba cari di SPBU terdekat dulu.

12 respons untuk ‘Ciri oli Mesran SAE 40 asli

  1. Kebanyakan yg dipalsukan itu yg botol kecil ya Pak?
    sy seringnya beli yg jerigen 4 liter,
    dan belinya pasti di SPBU, jadi yakin asli,
    dpt cerita dari temen yg juga punya pario125 tp pake oli OEM, empeexduwa naik harga di beres

    Suka

      • Pak saya sudah coba oli Mobil Delvac MX, Shell Rimula R4X, Mesran B40, sekarang Mesran 40 di vixion 2019, kok saya rasa semua itu ndak tahan lama ya Pak, 500km aja terasa kasar, perpindahan gigi tidak smooth, tidak seperti yg dibilang orang bahwa bisa ribuan km. Kira kira kenapa ya Pak? Apakah mungkin kena FD parah sehingga oli cepat rusak?

        Suka

        • wah cuma 500 km untuk semua oli tersebut memang ciri ada masalah. Sepertinya memang kena fuel dilution. Bagaimana kondisi oli saat didrain? Sedang pakai bensin apa? Apakah mesin modif? Apakah mesin termasuk panas? Coolant pakai apa?

          Suka

          • Kondisi oli saat di drain ada semi semi ijo gitu Pak, saya pakai pertalite sih, karena jarak kek kantor jauh, Untuk coolant pakai prestone tutup hijau. mesin standar, kalau panas mesin sepertinya wajar Pak, kipas radiator hampir ndak pernah nyala

            Suka

            • Iya, sepertinya kena fuel dilution. Sebaiknya coba pakai oli 20W50 saja. Lagipula tujuannya adalah awetnya mesin kan? Bisa coba repsol 20W50 jaso ma. Campuran bimolinya 10% saja agar tidak terlalu encer. Bisa juga coba bardahl 20W50 jaso ma.

              Suka

  2. Sharing mas.Sekarang saya lagi nyobain SAE40, belum pakai migor. Sepertinya mesin lebih kalem. Engine brake jadi halus. Gak ada pengurangan tenaga berarti.

    Sebelumnya 1000km sempet pakai mesran 20w50, migor 5% 1000km pengganti yamalabe. Saya telat tau blog sampeyan, kalau gak saya udah ganti tu yamalube dari awal beli. Sepertinya SAE40 lebih baik daripada mesran 20w50?

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.