Mengapa mengecilkan saluran intake luar efeknya beda dari intake dalam? Tenaga meningkat vs tenaga turun


Berikut percobaan analisa mengapa mengecilkan saluran intake luar hasilnya beda dari saluran intake dalam. Ada yang bilang penulis salah menggunakan istilah karena ada beberapa orang yang menyangka bahwa intake luar itu adalah yang di setelahnya filter. Yang penulis maksud adalah yang berikut ini:

Maaf bila ada yang salah sangka, karena penulis mungkin terlalu terpatok pada pemahaman orang luar, dimana intakenya mobil ya belalainya:

Sementara itu dipemahaman lokal, intake itu sesudah filter:

Entah pipa luar itu disebut apa kalau lokal. Mungkin box filter inlet tube?

 

Sudah cukup banyak juga yang melaporkan hasil positif memperkecil saluran intake luar. Ada 1 yang melaporkan hasil negatif, tapi ini di mobil yang AFRnya 12,5:1. Di mobil dia yang AFRnya 14,0:1, hasil positif bisa dirasakan.

Jadi bisa disimpulkan bahwa memperkecil saluran intake luar, penulis namakan SILK (jadi grup fb juga), bisa membuat performa motor atau mobil jadi meningkat, tidak hanya makin bertenaga, tapi juga makin irit, dengan syarat AFR dari kendaraannya harus dalam kondisi irit. Kebanyakan kendaraan standar akan mempunyai kondisi irit ini.

Kalau analisanya, dengan membuat rasio udara berkurang, AFR akan lebih mendekati performa. Untuk yang mengalami makin irit, bisa jadi AFR kendaraan itu lebih kering dari rasio irit ideal:

Dan untuk bisa maksimal maka mestinya tiap kendaraan akan punya ukuran mengecilkan sendiri sendiri:

Penulis sendiri sekarang menggunakan ukuran yang sama untuk motor Suzuki Nex2 ataupun Yamaha NMAX:

Yang penulis jual di lapak sucahyoac di shopee juga ukuran yang sama. Sampai sekarang masih tetap terpasang.

Untuk yang mobil belum eksperimen, tapi penulis sekarang tidak pakai buntel karet lagi karena ternyata bisa lepas dan mengganggu karetnya. Sekarang pakai kawat NYA 10 mm:

 

Yang masih jadi pertanyaan adalah mengapa pasang di inlet box filter hasilnya bisa beda dari pasang di saluran yang nyambung dari throttle body?

Yang salah pasang mungkin sempat merasakan hal ini. Ketika saluran intake dalam yang dikecilkan, tenaga malah jadi berkurang, tapi motor jadi sangat irit. Ini beda dari ketika saluran intake luar yang dikecilkan, penambahan tenaga sangat terasa.

Apa bedanya?

Kalau menurut penulis yang menjadi kunci adalah saluran berikut ini:

Saluran tersebut dikenal sebagai saluran pernapasan mesin:
Fungsi Katup PCV ( Positive Crankcase Valve ) Dan Cara Kerjanya Pada Mesin Mobil

Kalau dari teori, saluran itu mengalirkan udara dari box filter menuju head silinder. Tapi dalam kenyataan, terjadinya luberan oli ke filter udara jadi bukti bahwa saluran itu berlaku sebaliknya juga:
Penyebab Oli Mesin Naik ke Box Filter Udara, Bahaya Kalau Terus Didiamkan

Posisi breather kalau di box filter itu adalah di setelah filternya. Menurut penulis saluran breather ini jadi pembeda antara mengecilkan saluran intake luar dengan saluran intake dalam, dengan asumsi bahwa katup di PCV berfungsi hanya ketika tekanan dalam mesin sangat besar, tekanan kecil tidak. Tekanan yang terjadi hanya ketika terjadi ledakan pembakaran saja. (yang lebih ngerti silahkan komentarnya)

Ketika saluran intake luar dikecilkan, maka udara akan dihisap dari saluran intake luar akan terhambat, tapi ada alternatif menyedot udara dari saluran breather:

Efek tersebut membuat udara yang mengalir ke mesin tetap “normal” sehingga tidak mentrigger ECU melakukan tindakan intervensi.

Sementara itu saat dipasang di saluran intake dalam, saluran breather tidak bisa berperan memberi saluran udara alternatif, sehingga udara yang mengalir ke throttle body berkurang, dan membuat ECU melakukan intervensi dengan membuat setelan makin irit.

Entah apa ini benar atau tidak, yang jelas efek memperkecil saluran intake luar itu beda dengan memperkecil saluran intake dalam. Dan untuk kendaraan yang kondisinya irit, mengecilkan saluran intake luar akan meningkatkan performa dan bisa lebih irit juga

13 respons untuk ‘Mengapa mengecilkan saluran intake luar efeknya beda dari intake dalam? Tenaga meningkat vs tenaga turun

  1. Bang, coba bikin dong yang buat mesin beat fi, soalnya saya udah coba kecilin intake luar pake bekas mainan yg saya bentuk sedemikian rupa karena susah banget masukinnya, dan saya merasakan power bawah memang jadi terasa dan jadi lebih irit tapi ketika asal betot gas motor batuk2 dan untuk nanjak ketika gas d betot setengah, power malah drop trus motor kaya batuk2, ya mungkin dari hambatannya kekecilan atau kebesaran jadi engga pas aja gitu.
    Selebihnya saya memang suka sama artikelnya bang, saya juga ikut pake mesran sae 40 + migor, emang jadi lebih enak ke mesinnya

    Suka

    • Terima kasih 👍.

      Saya cuma bisa bikin tabungnya saja. Untuk bikin yang cocok dengan bentuk kotaknya agak sulit. Saya sendiri pakai tabung yang kemudian diganjal dengan gabus. Awet juga:

      Kalau sampai batuk batuk sepertinya lubang terlalu kecil sehingga bensin terlalu boros.

      Suka

  2. Harusnya sama, cuma untuk intake dalam mengecilkannya harus presisi, bahkan mengecilkan 1mm saja efeknya langsung terasa, permukaannya juga harus mulus jika tidak ingin mengacaukan airflow

    Beda dengan intake luar, walaupun ga presisi dan gak mulus begitu kena filter airflow bisa membaik

    Suka

    • mungkin bisa dicoba? Karena selama ini yang mengecilkan yang dalam semua menyebut tenaga berkurang (ada beberapa yang salah pasang). Saya juga merasakan hal ini.

      Suka

  3. Setau sy untuk motor di indo hanya saluran pernafan uap dari crangkcase, tanpa katup pcv dan memang masuk ke box filter untuk disedot mesin lagi untuk emisi rendah

    Kadang dimanfaat modif mesin , uap dari crankcase yg “diolah ulang” dengan katalis dan dimasukkan ke intake lagi

    Suka

      • Klo yg mesin modif bore up herex, saluran uap olinya dibuatkan oil catch tank

        Cuman ada yg diset memnfaatkan uap oli diubah jadi hidrokarbon baru yg bs jadi semacam aditif dan dimasukkan ke intake kagi untuk menaikkan torsi/power

        Suka

        • wah menarik nggak ada yang buang ya. catch tank masih lari ke filter juga kan?

          Kalau yang jadi hidrocarbon berarti pakai semacam pipa tembaga dililitkan knalpot lalu dilarikan ke filter juga? Menarik karena setahu saya setelan ECU itu sensitif.

          Suka

          • Yg pakai catch tank , dibuang ke udara
            Yg polutan uap olinya diolah jadi hidrokarbon dimasukkan ke intake . Karena sensitifnya ecu hingga jadi hemat. Dimana hidrokarbon bisa jadi aditif / fuel tambahan sehingga siklus pembakaran terbaca agak rich afr nya siklus berikutnya ecu menyesuaikan dengan memperkecil debit fuel agar AFR kembali 14,7:1 (tapi tetap uap oli yg dibuah jadi hidrokarbon) tetap konstan masuk intake karena kevakuman .

            Endingnya
            Afr irit 14,7:1 tapi dengan torsi dan rentang power yg melimpah

            Teorinya seperti itu

            Suka

            • terima kasih infonya. Yang saya tahu sih penamahan pasokan hydrocarbon dari luar itu seringnya membuat rasio bahan bakar timpang. di rpm rendah rich, karena ketambahan itu. Tapi bila memang sudah diperhitungkan dari awal mungkin bisa membantu. Saya penasaran karena setahu saya tuner luar itu sering bilang uap oli itu sumbernya ngelitik, dan tenaga berkurang

              Suka

  4. intake di kecilkan ya perbandingan bbm jadi rich, mesin canggih pasang ram air intake atau turbo/kompresor untuk memampatkan udara, ini udaranya malah dipangkas macem mesin kompresi rendah aja he he he, daripada begitu mending ecu nya saja dibikin rich.

    Suka

    • Kalau dipasang di setelah filter, tenaga berkurang dan bensin jadi sangat irit. Dipasang sebelum filter efeknya beda.

      Nggak mudah bikin rich ecu. harus ganti atau remap.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.