Motor pakai oli SGO JASO MB kok mesinnya bersih? Sebenarnya wajar juga sih kalau lihat fakta ini


Bro Bonges meminta penulis untuk mereview bedanya oli SGO matic dengan yang non matic karena lihat di bekakas ada yang pamer mesin dalaman bersih walau olinya SGO Matic. Menarik karena pakai oli standaran tapi mesin tetap bersih. Tapi jadi muncul pertanyaan, mengapa yang disebut itu SGO? Karena SGO itu sudah tidak lagi diproduksi sejak 2 tahun lalu:
Suzuki Indonesia Resmi Perkenalkan Oli ECSTAR

Bila review SGO, jadi agak canggung juga karena olinya sudah dihilangkan oleh Suzuki. Mestinya yang posting di bekakas itu juga tidak pakai Ecstar karena waktunya terlalu sebentar untuk pamer kebersihan mesin. 50 ribu km mestinya mesin masih bersih walau dikasih oli yang kurang mumpuni.

Penulis awalnya berpikir bahwa versi matik dari Ecstar itu sama seperti versi motor laki, buatan idemitsu juga, tapi penulis salah. SGO tutup merah itu dibuat oleh pertamina:
Oli SGO Scooter Matic 10W/40 SL MB 1Lt

Tapi ternyata Ecstar JASO MB pun dibuat oleh pertamina:
OLI MATIC SUZUKI ALL TYPE – ECSTAR 10W40 SL MB SEMI – 990G0-21030-001

Nah kalau ternyata olinya pertamina, maka termasuk normal bila dipakai dengan ganti oli 2 ribu km mesin tetap bersih. Penulis kecewa dengan enduro matik atau enduro racing kan karena berharap bisa lebih dari 3 ribu km seperti mesran. Apalagi pemakaian penulis termasuk nggak normal. Kalau dipakainya tiap 2 ribu km, masih wajar bila dalaman mesin bisa tetap bersih karena itu oli pertamina. Nggak bisa disamakan dengan yang merek Jepang.

Bali lagi ke R9000, ada beberapa orang (baik mobil atau motor) yang bilang Ecstar R9000 itu oli sip.
Ecstar R9000 4T 10W-40. Jaso MA. 1,3 L. Oli mesin motor sport suzuki

Penulis diminta untuk review. Perlu diingat bahwa sebelumnya penulis dikecewakan oleh oli yang juga ngaku Full Sintetik, Eneos Molybdenum. Cuma dipakai top speed 3 kali, 0-100 4 kali olinya sudah nyerah.

Bro Dihyah Al Qalbi sebelumnya juga share berikut ini di motor GSX-R150 yang mestinya olinya adalah R9000:

Mungkin reviewnya kalau sempat saja. Minim harus sesudah top1 dan xten.

Untuk SGO matic nya, mungkin perlu diteliti juga itu setara produk pertamina yang mana. Kalau lihat harga, mungkin enduro matic.

4 respons untuk ‘Motor pakai oli SGO JASO MB kok mesinnya bersih? Sebenarnya wajar juga sih kalau lihat fakta ini

  1. Menurutku pengalamanku pakai oli apapun kalau cuma 1000-2000km mesin masih bersih kok, dulu motor gl100 dan Suzuki bravo ku biasa Gonta ganti merk oli, pas turun mesin keduanya relatif bersih… Kok banyak yg lebay soal oli yah, dulukayanya nggak, apa karena sekarang ada medsos….

    Suka

    • Pengalaman saya jaman dulu sama. Apalagi karena ceritanya jamannya GL dan bravo. Di jaman itu namanya oli semi sintetik itu artinya semi pao. Sekarang sudah beda. Tulisannya full sintetik tapi aslinya mineral 100%.

      Saya sendiri termasuk korban. Oli transmisi motor 200 km sudah coklat. Oli rekomendasi pabrik di drain 700 km sudah hitam, 400 km pun tetap sudah hitam. Beda dari ketika pakai oli pilihan, lebih dari 1000 km pun nggak hitam.

      kualitas oli sekarang sudah beda dari jaman dulu.

      Suka

  2. Assalamualaikum Pak Cahyo..
    Ijin Out Of Topic, mo nanya hasil final oli mesin yang paling cocok buat motor matic menurut Bapak (selama ini saya isi Meditran S, terakhir nyobain Rimula R2). Review dari waktu ke waktu makin kesini sepertinya ada yang berubah mengenai penggunaan oli HDEO di motor matic. Lalu jika mesti sadar-stop, baiknya kerak mesin diberangus pakai Yam*lube carboncleaner ataukah bbm campur minyak goreng dosis 1 tablet itu…? Mohon di reply, Terima kasih.

    Alex_Medan

    Suka

    • Wa ‘alaikumus salam.
      Kelemahan dari oli HDEO memang adalah aditif yang lebih banyak. Ini otomatis membuat ruang bakar lebih kotor dan performa motor tidak bisa keluar. Tapi aditif lebih banyak dan VI yang rendah membuat HDEO lebih stabil. Oleh karena itu saya sekarang rekomendasinya mesran SAE 40. Oli single grade, grup 1 dan aditif tidak banyak. Dan banyak yang setuju peforma motor lebih keluar.

      Untuk pembersihan mesin, minyak goreng kurang cocok. Lebih cocok margarin atau white fat atau frying fat. Dosisnya adalah 1 ml per liter. Untuk margarin baiknya dicampur bensin secara terpisah dulu untuk membuang endapannya.

      Saya pernah pakai carbon cleaner, rasanya lebih cocok untuk membersihkan saluran ruang bakar dan bukan untuk pembersihan ruang bakar. Saya juga sudah coba aditif minyak atsiri dan carbon cleaner mobil honda, tetap yang terasa bikin performa motor naik adalah pakai margarin.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.