Yang mau punya kendaraan listrik dan ingin mandiri dari pln, perlu baca ini


Mungkin bakal ada yang bilang ini berita hoax, tapi penulis kok merasa ada benarnya:

DISKUSI PENGGUNA PLTS SEDERHANA DAN RENEWABLE ENERGI INDONESIA
Roy Anwar
Cerita nya saya PITNAH deh !!!!
PLN (Perusahaan Listrik Negara) Inget ya Perusahaan !!! mereka jadi berkuasa cuma karena di akusisi oleh negara melalui BUMN (Badan Usaha Milik Negara),

PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga SUrya) merupakan pemanfaatan energi gratis yang sedang di gencar gencarkan dunia dengan konsep “GO GREEN” yaitu ramah lingkungan,
nahhhh.. PLTS secara general terbagi menjadi 2 sistem
1. OFFGRID
2. ONGRID
kalo ada yang bilang HYBRID, menurut saya gak jauh beda dengan UPS yang kita pake sebagai penyelamat komputer kita saat listrik padam,
Okee!!!
belakangan ini ada beberapa peraturan khusus nya ONGRID yang menurut saya sangat menggelikan, dimana PLN merasa harus membatasi Hiporia – atusias pengguna PLTS dengan cara :
1. Mempersulit pengajuan kwh exim (3tahun yang lalu, ada beberapa PLN yang gak ngerti KWH Photofoltaik)
2. Menghargai SURPLUS listrik yang dihasilkan kaum ONGRID dengan 65% saja.(sekarang 100%)
3. Untuk Pengajuan KWH EXIM Maximal 15% dari KWH yang terpasang, Contoh : Kwh dirumah 1300va, maka boleh pasang panel surya nya 195 WP MAX!!!! (hahaha cuma 1 lembar maysun 200wp)
dengan adanya peraturan ini dikarenakan PLN sedang mengalami OVER CAPASITY !!!!
yang saya takutkan ketika PLN mulai cari Target baru !!!yaitu pengguna OFFGRID, ada beberapa spekulasi dari para anggota grub disini “Apa yang mau mereka atur bang ???” kan kita OFFGRID, gak makai Grid PLN,,!!!!!
Oke coba saya paparkan menurut ANalisa saya :

– PLN punya KITAB SUCI nya dengan Pasal Pasal yang berbunyi “Semua Pembangkit Listrik selain PLN wajib Melaporkan dan Ber IJIN” (tapi di Undang Undang Kementerian ESDM, dibuat peraturan “lebih dari 500KVA baru diwajibkan IJIN ke ESDM dan PLN)” inget ya !! kita dilindungi sama ESDM, rata rata listrik rumahaan itu hanya di sekitar 1300 VA s/d 5500 VA.
– INDOMART-ALFAMART mereka menggunakan Genset dengan daya 5000 VA (5kva) aja harus dilabeli IJIN dari PLN (udah banyak kok kasus PLN sidak indomart / ALfamart untuk perihal kesalahan Genset) silahkan search youtube.
maka dari itu PLN kedepan nya bakalan ganggu (membatasi pengguna OFFGRID) dengan Aturan aturan mereka!!!

Solusi dari saya
1. Lengkapi PLTS anda dengan ijin SLO,
2. Sebisa mungkin kalo belum Cerai dengan PLN, silahkan sembunyikan BoX panel anda, mencegah mata liar petugas hourshorcing P2TL.
3. Perbanyak teman di Komunitas ini, saya yakin kalo kita bersatu, pasti kita punya KEBEBASAN dalam meramahkan BUMI ini dengan PLTS, tanpa ada Regulasi dan peraturan yang memihak.
4. Inget!!! kita tinggal di INDONESIA, ketika sesuatu hal buat HEBOH!!! maka pemerintah gak segan segan campur tangan dan ambil keuntungan!!!!
(contoh : ada sungai biasa, tiba-tiba ada orang yang mengklaim menemukan EMAS!!! Iya emas!!, maka seketika PEMDA setempat A.K.A Pemerintah, akan mengambil alih dan akan mereka sendiri yang gali dengan perusahaan BUMN mereka.)
Roy anwar
17/05/2022
Pengguna PLTS kere hore

Mestinya ini berlaku untuk penghasilkan listik yang lain juga.

Berikut penjelasan undang undang denda 500 juta dan penjara 5 tahun untuk pemilik genset tanpa ijin, tempat usaha ditutup:

10 respons untuk ‘Yang mau punya kendaraan listrik dan ingin mandiri dari pln, perlu baca ini

  1. Sy ingat th 2000an awal, dimana perusahaan² penyelenggara telepon murah berbasis internet/voip pada ditangkapi karena melanggar UU telekomunikasi
    Sy ga mengetahui prosesnya tapi sekarang kita bebas memakai telepon internet, semoga kasus yg sama akan terjadi di sumber energi ini

    Suka

    • wah iya, saya tahu itu juga. repot juga kalau akhirnya jadi monopoli padahal harga lebih mahal.

      Ya semoga untuk internet tidak ada monopoli yang sama. tapi ngerijuga karena harga kebanyakan cuma beda sedikit.

      Suka

  2. Sangat konyol sekali. Mereka takut kehilangan pelanggan. Dan anehnya, sudah monopoli aja msh rugi juga. Mirp kek Pertamina, monopoli masih rugi juga.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.