Ganti oli 2 ribu km katanya biar aman, tahu olinya hitam kok nggak panik?


Banyak sekali yang rekomendasi untuk melakukan ganti oli, dengan alasan seperti ganti ban, dipercepat lebih bagus:

sy gak berasumsi,bahkan sy menjual,oli yamalube bahkan sy pakai di mtr pribadi honda 110cc 0-50rb pemakaian mpx1 seterusny pakai yamalube sampai 193rban ganti piston krna mulai ngasap tipis.. klo oli palsu yg kamu pakai 😆..
Blom mtr costumer biasa saja yg rutin ganti tiap 2000km.. pakai yamalube..

Terserah masing org lah mau ganti 2000 mau ganti brp Km duit org masing”,oli ibarat sm mau pakai ban sampai mepet botak atau botak sedikit uda ganti baru biar sefty..

Tapi orang yang sama kabur begitu ditanya keadaan oli konsumen yang katanya biasa saja ganti oli rutin tiap 2 ribu km.

Aneh aneh alasannya soal oli hitam ini. Contohnya:
Oli Mesin yang Berubah Warna Jadi Hitam Ternyata Tidak Selalu Minta Diganti

“Oli kondisi baru yang masih bening jika sudah dituang ke dalam mesin, pasti warnanya langsung berubah kehitaman kalau langsung dikeluarkan,” ungkap Chandra, pemilik toko oli Sentra Otomotif, Jelambar, Jakarta Barat.

Ya jelas itu karena oli sebelumnya dipakai sampai hitam. Kalau nggak sampai hitam ya nggak akan jadi hitam. Tapi yang jelas banyak lho yang menganggap oli hitam itu normal:

Orang yang ganti oli tiap 2 ribu km dan ngaku karena menuruti manual walau buku manual tertulis 4 ribu km itu wajar. Karena masih ada alasan biar lebih aman.

Tapi bagaimana dengan yang pakai olinya sampai hitam? apa ada alasan bagus untuk menggunakan oli sampai hitam? Ada manfaatnya kah? Apalagi bila orang yang sama menggunakan alasan ganti tiap 2 ribu km biar lebih aman!

Itu nggak masuk akal. Seharusnya kalau memang tujuannya ingin aman, ya ganti olinya JANGAN SAMPAI OLINYA HITAM!

Ngapain nunggu oli jadi hitam baru ganti oli? Apalagi kalau menuruti standar blotter test untuk mesin bensin, oli itu jangan ditunggu sampai hitam:

Gambar pasnya:

Katanya mau aman, kok olinya dipakai sampai hitam? Ini jelas perilaku nggak masuk di akal.

videonya:

15 respons untuk ‘Ganti oli 2 ribu km katanya biar aman, tahu olinya hitam kok nggak panik?

  1. sebenarnya oli hitam tp kondisi msh encer msh lbh baik dibanding oli hitam kondisi kental inilah yg plg bahaya buat mesin kentara pas turun mesin dgn kondisi mesin menguning hampir di smua bagian mesin dah pasti aus logam tinggi ini biasanya malas ganti oli

    Suka

    • iya sih, lebih baik, tapi biasanya juga kalau hitam encer itu artinya olinya sudah kehilangan kekentalan juga, kehilangan kemampuan melindungi mesin.

      Suka

  2. saya pernah baca artikel sejenis ini dan saya ikuti, dan hasilnya sebulan kemudian motor beat saya harus turun mesin untuk ganti stang piston.

    Suka

  3. Kasihan / prihatin dengan orang2 yg awam soal perawatan mesin motor. Mereka dihadapkan dengan kondisi ;
    A. Jika mengikuti bengkel umum / pun bengkel resmi, gimana hasil jangka panjangnya (awet / gak nya)
    B. Jika mengikuti ulasan yg mereka baru mendengarnya (surprise) & mereka baca itu adalah sesuatu yg ‘sesat’..
    Lebih lucunya lg orang yg paham soal perawatan motor yg hanya berpedoman krn mereka disitu bekerja, ya sudah seharusnya membela bendera tempat mereka bekerja (kondisi wajar / bs diterima). Celakanya mereka juga memakai produknya, krn sudah yakin betul, bukan berdasarkan “setelah aku pakai, kenapa mesin jadi begini ya..?” Atau..”Punya Si A kenapa kok bisa lebih awet ya, padahal belinya sama waktunya”
    Nah…. 🙂

    Suka

    • setuju semua itu. sayangnya yang terjadi seperti itu. Banyak orang yang mengaku mengerti juga sumbernya sebenarnya dari katanya orang saja juga. Dan pakai memang dari keyakinan bukan dari beneran membandingkan.

      Suka

  4. ☝Mohon ijin usul ya Pak.. kapan2 boleh lah ya kalo dibuatkan artikel khusus yg mudah dicerna oleh orang yg bener2 awam soal maintenance mesin motor.. semisal kapan mereka mesti ganti oli, rekomendasi olinya, coolant.. Motor ini harusnya pakai oli jenis ini dan sebagainya.. _Terima kasih.

    Suka

  5. Sekedar informasi, saya pemakai Lexi, profesi ojol. Km sudah 32000. Ganti oli tiap 2500-3000 km. Oli Mesran super 20w-50. 20% migor. Vampir olinya akan kelihatan di atas 1000 kman.kalo masih 1000 km an sudah ganti oli, vampir olinya gak kelihatan.

    Pertanyaan: antara Mesran b40 dan meditran lebih bagus mana pak?

    Suka

      • Dulu pernah pake tapi tanpa migor. Tarikan awal berat pak, tapi setelah jalan stabil, karena masih ragu pake b40 saya kembali ke Mesran super +20% migor. Oli yang saya pake dulu awal2 Yamalube (sebelum tahu kupasmotor) dan suara mesin kaya helikopter😅. Setelah pake Mesran super dan 20% migor, gak pernah lagi kayak helicopter. Terakhir nyoba Repsol mxr3 20w-50 + migor. Daya tahannya maksimal dibawah 2000 km. Saya coba sampe 2300 sudah tidak enak. Mungkin saya coba lagi nanti dengan migor kalo ganti oli. Untuk sementara saya kembali ke Mesran super + migor

        Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.