Yang aneh di oli Ipone Stroke 4, yang dijual beda dari yang dipakai tim balap?


Mungkin sudah pada tahu bahwa oil Ipone itu adalah oli yang dipakai balapan beneran:
STROKE 4 RACING 5W40

Tapi penulis merasa aneh ketika menjumpai bahwa kekentalan yang ditawarkan berbeda. Di websitenya, kekentalan yang ditawarkan dengan angka depan minimnya 5W40. Terus mengapa kekentalan oli yang dipakai di tim balapnya adalah 0W40???
How to Change Your Oil Like A Pro MotoGP Mechanic | Get Ready To Race #1

Di websitenya ditunjukkan kekentalan 10W40:

Kok beda ya?

Sebagai perbandingan, pour point oli Stroke 4 tidak ada yang lebih dingin dari -42:

Walau memang lebih dingin daripada Katana yang katanya sama sama 100% sintetik:

atau yang semi sintetik:

Kalau beda begitu ya nggak bisa dong dibilang olinya dipakai balapan 24 jam, dipakai di tim balap. Kecuali kalau olinya benar benar ngeplek sama persis. Karena bisa jadi yang lain lain nggak mampu dipakai balapan 24 jam dan nggak bakal maksimal kalau beneran dipakai balapan.

Sama seperti jualan makanan, ini lho produk kami dipuji influencer karena rasanya enak, bahan pakai margarin blueband. Sementara itu yang dijual pakai margarin amanda, tapi masih dipromosikan sebagai makanan yang dipuji influencer. (sekedar contoh ya, karena bisa jadi pembeli nggak bisa merasakan bedanya)

btw, bahas ini jadi tertarik coba oli ipone. Tapi masalahnya lihat data pour point, kok yang 10W50 cuma beda sedikit dari yang 20W50? Kok ibarat yang 10W50 cuma lebih banyak sedikit grup 3nya? Pingin beli yang 20W50 tapi sayangnya di Indonesia nggak ada. 10W50 stroke 4 kemahalan. 375 ribu per liter di lapak resmi. Pingin beli yang R4000.

Sebagai perbandingan, Ravenol Motobike Ester 10W50 (240 ribu di speedservice, 265 ribu resmi) yang penulis punya, pour pointnya -39. Dari sisi campuran bahan, di atasnya Katana (290 ribu), di bawahnya Stroke 4 (375 ribu). Kalau butuhnya oli ester impor, penulis lebih pilih ravenol. Tapi entah kalau sudah coba bagaimana.

Iklan

16 respons untuk ‘Yang aneh di oli Ipone Stroke 4, yang dijual beda dari yang dipakai tim balap?

  1. Mungkin menyesuaikan market nya om penulis,kalo coba search sih 5w-40 dan 10w-40 yang rata rata dijual.0w-40 mungkin kurang cocok disini jadi tidak dijual,disearch pun sepertinya disini gak ada yang jual.Stroke 4 sepertinya memang punya berbagai viskositas karena ya kalo balapan tergantung suhu lingkungan sekitar sirkuit menyesuaikan permintaan tim balap 😅

    Suka

  2. saya pakai yg 10w40 4000rs sudah 2 tahunan di motor r25 bore up dan gsx r 150 std. hasilnya performa tidak beda dengan motul 5100 10w40. tapi dengan 2 kelebihan: panas mesin lebih adem dan oli lebih bertahan lama. di motul hanya enak sampai 1500km ipone enak sampai 2000km, di gasr 150. setelah 2000km tarikan masih enak dan halus tapi ganti giginya yg dirasa mulai berubah jadi lebih keras dikit. jadi biasa 2000kn an uda saya ganti. di r25 bore up biasa saya ganti tiap 6 bulan karena km paling dipakai ga sampai 1000km. jadi uda 2 tahun ini ga pernah ganti oli merk lain lagi.

    Suka

    • sip terima kasih banyak infonya. Menarik juga. Saya sendiri merasa oli motul itu kurang bagus bahan olinya. Saya anggap wajar bila ipone lebih baik. Cuma saya jadi makin ragu mau coba ipone karena cuma beda sedikit dari motul.

      Suka

      • betul mas, motul dulu dengan sekarang beda rasanya. dulu itu oli langganan saay bertahun2. benar2 beda banget dibanding oli2 lain. tiap habis ganti oli rasanya langsung beda banget tarikan motornya. dulu pakai cbr 150 thailand. tapi sekaqrang kok rasanya antara oli baru dan 1500km beda tarikan oli motul 5100 ga bisa saya bedakan significant di motor gsxr. makanya ganti ipone. pakai ipone kalau ganti oli baru terasa agak beda dibanding km 2000. tapi ga banyak juga. yg pasti saya pakai ipone 4000rs karena terbukti mesin lebih adem bahkan di motor bore up. dan harga masih masuk akal di sekitar 170rb an per liter.

        Suka

        • sip terima kasih infonya. jadi makin yakin menurunnya kualitas oli motul. Soal ipone, sebenarnya pingin coba juga tapi saya masih ragu ragu karena kalau dari spek, terkesan bahan oli tidak beda oli yang harga lebih murah.

          Suka

  3. Halo pak, maaf OOT saya minta rekomendasi oli buat Beat Esp 2017 saya dan pemakaian Ojol sama ngurir kadang². Saya sebelumnya pakai valvoline champ scooter, rencana saya mau coba pakai Castrol Power 1 matic karena sudah pakai api SN yg katanya lebih bagus. Apakah itu oli beneran bagus? Apa ada rekomendasi lain?

    Suka

    • menurut saya keduanya kurang bagus. Saya lebih merekomendasikan repsol 20W50. JASO MA, jangan yang JASO MB karena kebanyakan JASO MB terlalu encer untuk keperluan di Indonesia, apalagi kalau pemakaian ojek. Opsi lain mesran SAE 40.

      Suka

      • Beat esp tipe kopling kering/cvt pakenya jaso mb. Kalau jaso ma buat motor kopling basah. Rekomendasi pabrikan 10w30 kalau udah berumur atau pemakaian berat naikin dikit ke 10w40 lebih awet walaupun tarikan agak berat di rpm tinggi. Untuk castrol power 1 matic biasa (bukan yang ultimate) aneh nya di websitenya yg 10w30 masih api SL sedangkan yang 10w40 sudah api SN. Jadi saran saya pertimbangkan lagi dan jangan lupa kalau oli gardan juga berpengaruh terhadap performa dan keawetan cvt.

        Suka

        • bisa dijelaskan apa efek samping pakai oli jaso ma ke motor matik? Karena selama ini saya pakai oli HDEO, PCMO, JASO MA di mtoor matik ok ok saja, tergantugn sama kualitas merek olinya.

          Lagipula castrol power 1 scooter itu JASONYA MA

          Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.