Review oli Meditran S SAE 40 di nmax, ok juga kok


Sebenarnya nggak ada rencana untuk coba oli meditran S SAE 40. Tapi karena sudah kadung beli dan anak punya rencana bawa nmax naik pegunungan, jadinya penulis jadi menggunakan oli ini. Alternatifnya sih Unil Opal. Tapi penulis asli ragu dengan kualitas oli unil opal, karena sudah kapok dibohongi oli oli sebelumnya.

Oli penulis beli di SPBU pertamina dengan harga 40 ribu di ukuran 1 liter. Meditran SX harganya 47 ribu untuk 1 liter. Beda kemampuannya:

Dari daftar tersebut kemampuan meditran sx paling baik. Tapi entah ya, karena kan sebagai oli single grade, maka kekentalan meditran s yang mestinya lebih baik.

Penulis tertarik coba meditran S karena ada yang bilang terasa lebih baik daripada mesran SAE 40 yang tanpa B. Setelah coba, memang sepertinya olinya lebih sip kalau untuk pemakaian rpm rendah lama, atau kasarannya sebagai olinya motor gojek atau kurir. Ketika dipakai, oli terasa makin lama makin halus. Rentang halusnya terasa lengkap dari rpm rendah sampai rpm tinggi. Tapi mestinya tidak ada modtc di oli ini sehingga walau licin, di rpm tinggi tidak selicin oli modern.

Cuma kalau di awal berangkat, suara mesin terasa kasar. Oli terasa encer. Tapi bisa jadi ini adalah efek sisa oli sebelumnya, yang tidak layak pakai:

Penulis yakin kalau penulis pakai oli ini kedua kali, efeknya bakal lebih baik. Tapi akhirnya penulis akhiri pemakaian oli setelah 300 km. Bukan karena apa apa, tapi karena memang rencananya mau coba oli unil opal. Dan meditran S ini hanya sebagai selingan aman. Penulis yakin oli masih bisa tetap aman dipakai hingga 500 km.

Penulis pakai juga sebagai oli transmisi nmax:

Dibanding mesran SAE 40, meditran S sepertinya lebih cocok sebagai oli transmisi karena kandungan aditifnya yang lebih banyak. Entah mau dipakai berapa km, karena pakai mesran SAE 40 campur bimoli sebelumnya terbukti aman sampai lebih dari 5 ribu km, walau kpasitas oli transmisi pakai normal. Ingat bahwa di nmax, oli transmisi itu disarankan pakai 2 kali kapasitasnya:
Lho, oli gardan NMAX kok bisa keruh? Ada hubungan dengan penyakit klotok klotok transmisi/CVT?

Dibanding mesran, meditran s itu aditif lebih banyak. Artinya mesin bakal lebih halus. Cuma dari keawetan dan performa, mesran sae 40 tanpa B yang menang.

17 respons untuk ‘Review oli Meditran S SAE 40 di nmax, ok juga kok

  1. Pak yang mobil motor dong. Ini masa depan..bbm sangattt3 merusak bumi..chery keluarkan mobil sekali charge 480 km loh charge 1/2 jam,.

    Suka

    • Soal kendaraan listrik? Masalahnya sih listrik masih dihasilkan dengan BBM atau batu bara. Baterai, magnet dan solar panel juga bukan hal yang bersih.

      Suka

  2. Pak Prof. Numpang tanya kalo oli buat gardan motor matic bagusnya pake oli apa ya? Banyak orang bilang pake oli gardan mobil bagus, atau dari pak Prof sendiri punya referensi lain ? Dan pemakaian paling lama berapa Km?

    Suka

    • Kalau untuk motor, pakai oli mesin yang kental sudah lebih dari cukup. Saya pakai mesran sae 40 bisa aman tanpa glitter di pemakaian 5 ribu km, mestinya 10 ribu km aman juga walau di nmax.

      beban transmisi motor kan beda jauh dari mobil dari sisi tenaga mobilnya dan berat mobilnya.

      Suka

  3. halo om penulis, maaf kalau saya menggangu. kalo boleh, saya ingin berbagi pengalaman saya setelah mencoba meditran s sae 40. selama satu bulan ini saya sudah memakai oli meditran s sae 40 sejauh 508 kilometer. Dengan kondisi pemakaian yaitu : 1). saya menggunakan oli ini dengan jarak tempuh tiap hari sekitar 20 kilometer per hari (pulang 10 dan pergi 10 ). 2). penggunaan motor saat pagi dan tengah hari dengan suhu harian rata2 23 derajat pagi hari dan 33 derajat saat tengah hari. 3). motor yang saya gunakan adalah yamaha byson karbu 2012. 4). kecepatan rata2 motor saat pp selalu 50-80 km/jam dengan gigi 4 atau 5.
    Impressi saya setelah memakai oli meditran s sae 40 adalah oli ini terasa licin dan membuat mesin halus baik di rpm bawah, menengah, maupun atas. setelah di bawa kencang pun (kecepatan di atas 90 km/jam di motor saya) tetap halus bahkan bisa terdengar lebih halus. untuk kesetabilan kekentalan menurut saya sepertinya kurang dari mesran sae 40. penguapan olinya mirip dengan saat pemakaian oli mesran sae 40 kira2 100 ml. Satu-satunya halnya yang kurang mengenakkan dari oli ini cuma bikin selip kopling sedikit. selip kopling yang benar2 terasa, terjadi saat kecepatan 60-70 gigi 4 di motor saya. oli ini juga terasa menghambat akselerasi maupun topspeed. Terakhir cek topspeed cuma dapet 97 dari yang biasanya dapet 110 pas pakai mesran sae 40. Secara keseluruhan oli ini bagus menurut saya, baik segi harga maupun kemampuan olinya, yah walaupun ada beberapa kelemahan tapi tetap bisa di maklumi. sekian Review oli meditran s sae 40 dari saya. terimakasih atas perhatiannya.

    Suka

    • silahkan. terima kasih banyak sharingnya yang sangat detil. Wah rupanya meditran S SAE 40 terlalu licin juga ya. Parah juga bila hingga bisa membuat kopling selip. Mungkin memang cocoknya untuk motor matik. Atau kalau dipakai di motor manual, perlu pakai campuran mesran SAE 40. Untuk penurunan akselerasi bisa juga karena meditran S aditifnya lebih banyak.

      terima kasih banyak sharingnya 🙂

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.