Review oli unil opal 10W50, 100% synthétique yang nggak terasa sintetik


Akhirnya penulis sudah selesai melakukan review terhadap oli Unil Opal.

Bagian belakang:

Oli ini termasuk sial karena setelahnya penulis menggunakan oli Petronas Sprinta 4T 4000 10W40:

Awalnya penulis rasakan oli Unil Opal itu bagus. Dipakai uji top speed di atas 100 kpj dan beberapa kali 0-100 terasa oli ini bisa tetap terjaga kestabilannya. Oli nggak terasa makin encer setelah di pakai kencang. Cukup layaklah disebut oli sintetis.

Cuma ada keanehan pada oli ini, yaitu jadi makin encernya justru terjadi ketika macet macetan. Padahal nggak dipakai kencang, tapi lambat laun oli jadi makin encer. Hal ini makin terasa pada hari kedua:

Penulis jadi makin yakin akan perilaku aneh oli ini setelah penulis bekendara eco riding siang hari. Jalan maks 55 km/jam, seringnya di kecepatan 40 km/jam karena lalu lintas. Di kondisi seperti ini, suara mesin jadi terdengar kasar, baik dari oli yang makin encer (makin banyak yang bikin mesin berisik) ataupun dari makin kerasnya suara gesekan antara piston dan silinder. Sepertinya aditif jadi cepat habis karena oli jadi makin encer.

Perilaku ini jadi jelas kelihatan ketika penulis menggunakan oli Petronas Sprinta. Walau olinya lebih encer di 10W40, pakai Sprinta jelas lebih senyap, termasuk ketika sudah sampai ke kantor. Beda jelas sekali di pemakaian Sprinta hari pertama dan kedua dengan saat masih pakai Unil Opal.

Secara umum, rasanya oli Unil Opal 10W50 ini cocoknya tidak di daerah yang sepanas penulis. Tapi masalahnya, ini oli 10W50, bakal terasa berat kalau dipakai di tempat yang lebih dingin. Jadi mungkin cocoknya adalah untuk mereka yang pakai motornya kurang dari 10 km. Karena lebih dari 10km, oli sudah mulai berubah, nggak perduli jalan kencang atau jalan pelan.

Sayangnya, Unil Opal 10W50 100% synthétique tidak termasuk oli rekomendasi.

btw, oli ini harganya 89 ribu per liter di lapak speed service.

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.