Mengapa mobil hidrogen (fuel cell) gagal berkembang? Pabrikan Jepang salah taruhan


Gara gara nikuba, orang jadi bahas lagi mobil bertenaga hidrogen, walau sebenarnya nggak ada hubungannya. Tapi perlu diketahui bahwa sebenarnya pada waktu ada gerakan menuju kendaraan yang ramah lingkungan, ada dua solusi yang diajukan. Yang pertama kendaraan listrik, yang kedua kendaraan bahan bakar hidrogen.

Pabrikan otomotif Jepang termasuk yang minat banget mengembangkan teknologi hidrogen (dan mengabaikan kendaraan listrik).

Penulis sebelumnya pernah bahas Suzuki Burgman tenaga hidrogen:
Motor listrik Suzuki ternyata sudah sukses diuji coba polisi Inggris, tenaga hidrogen!

Honda juga sudah keluarkan paten:
Sudah hampir 3 tahun, bagaimana nasib motor dengan fuel cell Honda?
Honda berencana membuat motor dengan bahan bakar hidrogen pakai fuel cell

Tapi sampai sekarang kok sepi sepi saja. Yang ramai sekarang malah kendaraan listrik. Dan sepertinya pabrikan Jepang gamblingnya terlalu besar di pengembangan kendaraan hidrogen. Sepertinya terlalu banyak dana dialokasikan ke kendaraan hidrogen sehingga pengembangan kendaraan full listrik terhambat.

Sehingga sekarang ini ketika pabrikan eropa dan cina sudah menawarkan beberapa versi kendaraan listrik, dari pabrikan Jepang masih sangat minim, kebanyakan masih cuma hybrid. Walau ada pengecualian seperti Nissan yang sepertinya dari awal memilih mengembangkan kendaraan listrik. Walau terakhir mengeluarkan mobil aneh juga, mobil listrik pakai genset, Nissan Kick E-Power. Sebuah teknologi yang katanya pernah disuppres karena dianggap terlalu irit bbm.

Balik lagi ke topik, lalu mengapa sekarang mobil hidrogen masih tidak populer?

Dari sumber berikut yang terutama adalah infrastruktur yang masih minim dan harga bahan bakarnya yang jauh lebih mahal.

Untuk Infrastuktur, katanya dari Toyota, Honda dan Hyundai berusaha mengembangkan. Contohnya:
Elon Musk says the tech is ‘mind-bogglingly stupid,’ but hydrogen cars may yet threaten Tesla

Toyota dan Honda bekerja sama dengan pemerintah di Quebec untuk membangun infrastruktur hidrogen di Montreal tahun ini, dan bahkan Arab Saudi yang kaya minyak mendapatkan stasiun pertamanya .

Russ Koble, juru bicara grup lingkungan dan teknologi canggih Toyota, mengatakan perusahaan mengharapkan penjualan meningkat karena lebih banyak stasiun pengisian bahan bakar dibuka. “Toyota telah lama mempertahankan bahwa teknologi sel bahan bakar hidrogen dapat menjadi solusi tanpa emisi di berbagai jenis kendaraan,” katanya

Tapi masalahnya, harga bahan bakarnya sangat tinggi:

Kelley Blue Book memperkirakan biaya bahan bakar tahunan untuk Toyota Mirai, Honda Clarity Fuel Cell dan Hyundai Nexo di $4.495, yang tiga sampai empat kali lipat biaya alternatif bertenaga gas.

Fuel Cells Are Not the Problem, the Hydrogen Fuel Is

Pada Januari 2022, Kota Montpellier, Prancis membuat keputusan untuk membatalkan pesanan 51 bus sel bahan bakar hidrogen alih-alih memilih bus listrik, membatalkan proyek Montpellier Horizon Hydrogène senilai 29 juta euro ($ 33 ​​juta USD). Bekerja sama dengan anak perusahaan EDF, Hynamics, tujuannya adalah untuk membangun pengelektrolisis 2MW dengan penyimpanan hidrogen, yang ditenagai oleh 2,8MW fotovoltaik, untuk menghasilkan 800 kg hidrogen hijau per hari untuk armada bus. Namun, meninjau keuangan untuk proyek kesimpulan dicapai bahwa biaya pengoperasian bus sel bahan bakar akan menjadi 0,95 euro ($ 1,08) per km dibandingkan dengan 0,15 euro ($ 0,17) per km untuk baterai .listrik. Bus hidrogen akan enam kali lebih mahal untuk dioperasikan, dengan biaya 3 juta euro per tahun dibandingkan dengan 500 ribu euro per tahun untuk bus baterai.

Saking mahalnya harga bahan bakarnya, sampai muncul subsidi untuk bahan bakar bagi konsumen:

Mereka akan menelan biaya sekitar $80 untuk mengisi bahan bakar dari kosong (kebanyakan pengemudi tidak membiarkan tangki kosong sebelum mereka mengisi bahan bakar, jadi akhirnya mengisi bahan bakar dengan biaya $55 hingga $65). Biaya itu saat ini sedang dibayar oleh pembuat mobil, yang memberikan kartu prabayar kepada penyewa selama tiga tahun pengisian bahan bakar, hingga $15.000.

Harga juga mahal:

Masalah terbesar: Mobil tetap mahal. Nexo, misalnya, adalah Hyundai paling mahal yang dijual di AS, dengan harga mulai dari $59.345 (harga awal untuk merek Santa Fe yang berukuran sebanding mulai dari $24.250). Model sel bahan bakar Toyota Mirai dan Honda Clarity memiliki MSRP serupa dalam kisaran $ 59.000. Pembelian mobil ini memenuhi syarat untuk potongan harga pemerintah — di California tersedia potongan pajak $5.000.

Kurangnya minat ini membuat pabrikan harus melakukan diskon yang termasuk harga banting:

Pada nilai nominal, ini tampaknya positif untuk industri sel bahan bakar. Tetapi ketika Anda melihat lebih dekat pada pendorong pertumbuhan ini, ini menunjukkan sejauh mana Toyota, Hyundai, dan pemerintah yang mendukung peluncuran kendaraan sel bahan bakar harus pergi untuk membangun momentum ini.

Misalnya, di California, Mirai dilaporkan tersedia dengan diskon 65% dari daftar harga $50k+. Dengan Toyota menawarkan diskon $ 20k di samping insentif pajak federal dan tingkat negara bagian AS dengan total $ 12,5 ribu lebih lanjut, Mirai tersedia di AS pada tahun 2021 dengan harga di bawah $ 18k. Untuk mempermanis kesepakatan lebih lanjut, Toyota juga menawarkan kredit bahan bakar $15k untuk tiga tahun pertama operasinya. Sebuah mobil $50k kurang dari $20k dengan 100.000 kilometer bahan bakar gratis tidak diragukan lagi merupakan kesepakatan yang menarik.

Ini adalah cerita yang sama untuk Hyundai. Dari 9.620 Hyundai NEXO yang dijual secara global pada tahun 2021, 88% berada di Korea Selatan. Insentif nasional dan negara bagian Korea Selatan pada tahun 2021 berarti penjualan setiap $60rb NEXO didukung dengan ketentuan subsidi sekitar $30rb. Diskon 50% yang menarik. Sulit untuk membayangkan bagaimana dukungan semacam itu dapat bertahan untuk setiap periode yang berkelanjutan.

Selain itu juga disebut tingkat efisiensi yang lebih rendah dari kendaraan listrik:
This one 11-year-old chart explains the problem with hydrogen fuel-cell vehicles

Itu semua tanda yang kurang bagus.

Menurut penulis sih, pabrikan Jepang terlalu mempertaruhkan masa depan mereka di kendaraan Hidrogen, yang sekarang ini sudah terindikasi gagal. Mungkin memang masih ada yang menerapkan, tapi dengan harga bahan bakar yang lebih tinggi, maka kemungkinan penerapan akan lebih banyak di dunia industri.

Untuk Indonesia sendiri rasanya masih jauuuh sekali kemungkinan bisa menerapkan kendaraan bahan bakar hidrogen / fuel cell.

4 respons untuk ‘Mengapa mobil hidrogen (fuel cell) gagal berkembang? Pabrikan Jepang salah taruhan

  1. Belum pakde, klo liat grafiknya/ roadmapnya sekitar tahun 2030 tp karena pandemi kemarin bergeser, klo dari progress hidrogen cair sudah mulai pengangkutan dari sumber hidrogen ke Jepang, kapal, pembangkit listrik, sudah mulai. Tinggal transportasi massal dan individu. Makanya perusahaan Jepang tidak jor-joran dalam kendaraan listrik. Grafiknya juga bisa dilihat. Tp saya lupa linknya….. Hehehe

    Suka

  2. Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh, semoga selalu diberkahi oleh Alloh swt dalam setiap aktifitasnya.

    Di channel DW memang hidrogen masih mahal pak, padahal itu di Jerman negara maju.

    Sekarang teknologi mobil semakin berkembang, ada yang pake hybrid(seri & paralel) PHEV dan listrik.

    Maaf agak melenceng, untuk hybrid versi Toyota dan Nissan mana yang paling efektif dan efisien,serta paling aman pak?

    Dari konsumsi BBM sendiri masih 11-12 dengan mobil diesel. Mobil hybrid cuman bisa irit di dalam kota saja

    Suka

    • Wa ‘alaikumus salam wr wb. Terima kasih. Semoga anda sekeluarga juga selalu diberkahi Allah Swt.

      Iya, bahan bakar hidrogen mahal karena memang infrastruktur kurang.

      Rasanya keduanya sama saja ya. Cuma mungkin beda fokus. Yang nissan bakal lebih galak di perkotaan. Sementara yang toyota lebih galak di kecepatan sangat tinggi. Karena memang metode menggerakkannya beda.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.