Bagaimana caranya tahu olinya terlalu encer? Ketika oli negara dingin disuruh dipakai di sini


Jadi sekarang ini kan orang dipaksa pakai oli yang sama dengan oli di negara yang cuacanya dingin:

Rekomendasi di sana nggak beda dengan rekomendasi di Indonesia:

Padahal pastinya suhu mesin bakal beda. Kalau disini anggap saja 85 derajat celcius, di sana kurang dari itu, anggap saja 60 derajat celcius atau kurang.

Oli itu bakal makin encer ketika suhu makin panas. Kekentalan oli 5W30 di suhu 85 derajat itu bisa dua kali suhu 60 derajat:
https://www.widman.biz/English/Tables/gr-motores.html

Di sekitar Surabaya dengan suhu mesin sekitar 85 derajt maka untuk bisa pas kekentalannya sama dengan oli 5W30 di suhu 60 derajat, kita harus pilih oli yang lebih kental:

Masalahnya sekarang ini para mekanik, sales dan buku manual pabrikan itu sangat yakin bahwa oli yang paling cocok untuk motor “modern” itu adalah oli encer. Padahal banyak bukti itu salah.

Bagaimana sih membuktikan bahwa oli yang kita pakai itu terlalu encer? Berikut beberapa cirinya:
– suara mesin malam hari jauh lebih senyap dari siang hari.
– performa motor siang hari turun drastis, hingga top speed berkurang banyak, tarikan tidak enak, jauh lebih boros.
– di malam hari pun terdengar suara keras gesekan antara piston dan silinder (asak asak)
– oli cepat habis
– oli cepat hitam
– performa motor meningkat drastis (bisa dirasakan bedanya) setelah ganti oli

Bila ada gejala seperti itu cobalah oli yang lebih kental. Bila takut, lakukan bertahap dari misal 10W30 ke 10W40. Dari 10W40 ke single grade SAE 40, atau ke 20W50.

Bisa jadi setelah pakai oli lebih kental, performa motor justru malah meningkat. Motor makin kencang atau makin irit. Bila itu terjadi maka jelas bahwa rekomendasi kekentalan pabrikan itu salah. Dan penulis sudah mengalaminya sendiri, berkali kali karena memang sering ganti ganti merek oli.

9 respons untuk ‘Bagaimana caranya tahu olinya terlalu encer? Ketika oli negara dingin disuruh dipakai di sini

  1. betul sekali, mengapa faktor suhu lingkungan domisili suatu negara tidak diperhatikan sama sekali oleh pabrikan pembuat sepeda motor? konsumen di brainwash bahwa oli ini yg cocok, oli mereka yg sesuai, yg tepat untuk motor mereka, tidak pernah sama sekali memperhatikan soal suhu kaitannya dg kekentalan oli.

    yg justru diperhatikan malah faktor umur mesin, seperti Yamalube baru SAE 20W-50 yg katanya buat motor berusia 5 tahun keatas.

    campaign nya motor2 jaman now yg masih baru baru itu komponen dibikin lebih rapat, butuhnya oli encer katanya biar lebih mudah bersirkulasi, lebih encer lebih ent3ng tarikan, sehingga mampu menghemat BBM, padahal dah banyak yg ngebul kenalpotnya, suara mesin kasar saat panas, rapat dari mananya XD

    Suka

    • sip iya. Yang berargumentasi seperti itu tidak pernah melakukan uji sendiri. Cuma teori saja, padahal prakteknya, malah banyak pakai oli 20W50 malah jadi lebih kencang motrnya. Harusnya juga dari awal pakai oli 20W50 kalau memang cuaca panas sehingga nggak timbul masalah.

      Suka

    • mobil jaman sekarang jga dipaksa pkai oli encer, walaupun oli encer resmi bawaan kualitasnya ya gitu deh….. 😄

      mobil sy rekomendasi di buku manual 0w20, ehhh ganti 10w40 oli aftermarket di bengkel oli umum performanya malah lebih joss.. (padahal jauh lebih kental olinya 😂😂😂)

      Disukai oleh 1 orang

  2. K upgrade buatan india sekali charge 400 km, charge bisa pakai panel surya di atap nya..jadi 100 km itu biaya nya cuma Rp.5.000 pak..

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.