Arti kata tabayyun vs motor jalan pakai 100% air dengan Nikuba “buatan” Aryanto Misel


Beberapa hari ini channel penulis dibanjiri komentar. Kebanyakan komentar itu isinya menasehati penulis. Kebanyakan meminta penulis untuk tabayyyun datang ke pak Aryanto Misel untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat dan lebih benar. Penulis dianggap nyinyir akhlak rendah kalau tidak melakukan tabayyun ke pak AM.

Asli penulis sendiri saat itu nggak begitu mengerti arti kata dari tabayyun.

Tabayyun sendiri ada yang menjelaskan sebagai berikut:
Kewajiban untuk Melakukan Tabayyun

Check and recheck dibutuhkan untuk mengonfirmasi kebenaran sebuah berita. Tentu saja itu sangat penting, apalagi di era informasi membanjiri kehidupan dari aneka sumber — koran, TV, media sosial berupa Twitter, Whatsapp, SMS, dsb. — yang umumnya punya tingkat kebenaran yang masih perlu diuji. Agama pun memerintahkan untuk melakukan check and recheck dan dalam Islam itu dinamai tabayyun. QS. Al-Hujurat ayat 6 berpesan: “Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepada kamu seorang fasik membawa suatu berita, maka bersungguh-sungguhlah mencari kejelasan agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa pengetahuan yang menyebabkan kamu atas perbuatan kamu menjadi orang-orang yang menyesal.”

Dari keterangan itu, rasanya kita tidak diminta untuk mencari kejelasan melalui omongan orang fasiknya. Menurut penulis kita diharuskan mencari info dari sumber lain. Karena orang itu yang bahwa berita, maka konfirmasi tidak dilakukan dari sumber yang sama.

Berdasar keterangan tersebut, maka yang penulis lakukan selama ini termasuk tabayyun juga. Tapi alasan utama penulis mencari tahu adalah alasan yang sama penulis mengupas soal yang lain lain. Penulis sebelumnya postingkan di youtube sebagai berikut:

khusus untuk yang komen komen bawa bawa agama. Pak Aryanto Misel terbukti bohong dengan mengklaim ada penipu yang menjual barang dengan nama nikuba di tokopedia dan lazada, seperti yang saya demokan di video kemarin.

Di Bukalapak ada yang jual nikuba, tapi tokonya sudah jualan sejak 2015 dan yang dijual pun adalah Nikuba sebagai aditif BBM, bukan Nikuba 100% air. CV yang jualan juga jelas merupakan CV khusus jualan produknya pak Aryanto Misel. Lalu mana yang dimaksud oleh pak Aryanto misel sebagai mafia migas? (Saya abaikan orang yang menganggap cv itulah yang mafia migas).

Saya disebut harus tabayyun, tapi apakah anda sendiri sudah tabayyun? Kita harus verifikasi segala sesuatu agar jangan sampai warning soal ruwabidhah terjadi(saya baru nemu kemarin istilah ini). disebutkan ciri orang yang berbicara tapi tidak menguasai ilmunya. Ciri ini ada di pak Aryanto Misel.

Bisa lihat video “Prototype Genset Tanpa BBM”, seharusnya sebagai peneliti ia tidak boleh salah menyebut bilang infenter dan cenjer. Selain itu saya juga beli produk Akashu yang menurut pak Aryanto Misel adalah produk yang memberi paling banyak pemasukan untuknya. Tommy Suharto katanya kalau sekali beli bisa 750 juta rupiah. Diklaim produknya memberi penghematan antara 20-25% di video “PROFESOR ARYANTO MISEL _ ILMUWAN DARI CIREBON PENCIPTA B(o)M HIDROGEN & NIKUBA _ BIKIN GEGER DUNIA”.

Tapi saya buktikan bahwa motor tidak makin irit, akselerasi makin pelan. Ada yang bilang kondisi motor saya tidak ideal, tapi sebagai penemu harusnya ia tahu limitasi produknya. Dan bila tidak, maka harus disimpulkan ia tidak menguasai ilmunya.

Klaim bahwa ia seorang penemu dengan banyak penemuan juga harus di tabayyun. Harus di cek apa benar ia adalah penemu dari misalnya pemadam api / pencegah terbakar kulit singkong. rompi anti peluru sabut kelapa atau obat kutu dari apel.

Bahkan soal air dari bahan bakar pun sebelumnya ada seperti dari mahasiswa FMIPA USU dan SMK Jember, yang sudah dipraktekkan jalan (yang oleh para pendukung AM disebut cuma teori nggak bisa praktek), yang caranya di share gratis tanpa paten. Produk aditif pun banyak resepnya tersedia bebas. Perlu dipertanyakan tentang apa yang ia maksud dengan riset.

Mungkin ada yang merasa lebih baik tidak membuka aib seseorang, masalahnya ada ungkapan begini “tidak halal seseorang menjual suatu perdagangan, melainkan dia harus menjelaskan ciri peragangannya itu: dan tidak halal seseorang yang mengetahuinya, melainkan ia harus menjelaskannya.” Saya punya kewajiban menjelaskan. Dan juga “jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa”. Nikuba jelas adalah barang dagangan.

Maaf dari hasil penyelidikan penulis, pak Aryanto Misel itu tidak jujur.

Mengecek kebenaran klaim pak AM sebagai penemu:

Menjelaskan faktor polusi dari mesin bakar / ICE:

Usaha mencari paten produk buatan pak AM

Pengujian klaim kehebatan aditif bensin Akashu ciptaan pak AM:

Bahas kelemahan kelemahan Nikuba, yang jadi indikasi pak AM kurang mengerti penerapan HHO:

Motor yang bisa jalan tanpa BBM karya anak bangsa sebelumnya

Mengecek klaim bahwa ada mafia migas menjual barang dengan nama nikuba (dicek di facebook juga tidak ada)

Soal alat Nikubanya yang mirip produk JokoEnergy

Sumber lain:

Video genset tanpa BBM Aryanto Misel

“Nikuba” di mobil januari 2022

Alat Nikuba yang asli 5 tahun lalu:

Channel Joko Energy:
https://www.youtube.com/c/jokoenergy/videos

yang terakhir, penulis nggak yakin Aryanto Misel itu nama asli.

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.