Honda ADV baru sudah 160, kompresi 11.3:1, bukan overbore, tangki 12 liter???


Honda barusan merilis upgrade dari Honda ADV 150. Sekarang namanya sudah jadi ADV 160:

Walau sama sama 160, konfigurasi mesin beda dari varian PCX dan Vario:
PCX 160:

Volume Langkah 156,9 cc
Diameter X Langkah 60 x 55,5 mm
Perbandingan Kompresi 12:1
Daya Maksimum 11,8 kW (16 PS) / 8.500 rpm
Torsi Maksimum 14,7 Nm (1,5 kgf.m) / 6.500 rpm

Vario 160:

Volume Langkah 156,9 cc
Diameter x Langkah 60 x 55,5 mm
Perbandingan Kompresi 12 : 1
Daya Maksimum 11,3 kW (15,4 PS) / 8.500 rpm
Torsi Maksimum 13,8 Nm (1,4 kgf,m) / 7.000 rpm

ADV 160

Volume Langkah 149,16 cc
Diameter x Langkah 57,3 x 57,843 mm
Perbandingan Kompresi 11,3 : 1
Daya Maksimum 11,5 kW (15,6 PS) / 9.000 rpm
Torsi Maksimum 13,8 Nm (1,41 kgf.m) / 7.000 rpm

Spek update:

Diameter x Langkah 60 x 55,5 mm
Perbandingan Kompresi 12 : 1
Daya Maksimum 11,8 kW (16 PS) / 8.500 rpm
Torsi Maksimum 14,7 Nm (1,5 kgf.m) / 6.500 rpm

Rupanya Honda serius juga mengatasi kelemahan PCX 160 yang menurut IWB tarikan hilang / nggak kuat untuk tanjakan. Sehingga sekarang malah jadi overstroke bukan lagi overbore. ( mohon lihat juga spek seterusnya)

Tapi uniknya torsi maksimal malah kalah dari PCX 160.

Soal lain lain seperti rembes coolant di water pump, CVT berisik, piston mudah baret, entah sudah diperbaiki atau belum.

Entah apa yang berubah, tapi tombol untuk spedo macam gini kok sepertinya merepotkan ya?

Entah juga apa klaim berikut sudah sesuai kenyataan atau tidak:

Yah minim sudah nggak begitu minder lagi di jalan. Walau penulis cukup heran juga dengan spesifikasinya.

Manual 6 percepatan pakai wet clutch!

Suspensi monoshock pakai pro link dengan ban depan 100/80-R17????

Tangki bensin 12 liter dengan ground clearance 181 mm???

Top banget, tapi jadi beneran ragu speknya. Sekarep lah. Anggap saja penyempurnaan.

update,
yang di website sudah dibenahi, terima kasih info dari bro aden izat.

Spek mesin sudah sama dengan PCX 160 sekarang. Ground clearance tetap istimewa di 165 mm, vs 140 mm Vario, vs 135 mm PCX.

15 respons untuk ‘Honda ADV baru sudah 160, kompresi 11.3:1, bukan overbore, tangki 12 liter???

  1. Berarti ini bukan kategori Matik ya kl dilihat transmisi manual dgn 6 percepatan hy bentuknya aja Matik hy saya pikir kedepannya servis purna jualnya bakal susah ni

    Suka

  2. Keren sih disainnya, tp mesin honda lokal kompresi tinggi sy kurang yakin setangguh suzuki. Gak tau deh klo skrg, semoga Ahm produknya tangguh2 jg. Soalnya sy cape berharap suzuki update line up motor2nya. He..he..

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.