Hasil uji lab ini menunjukkan membandingkan kualitas oli tidak bisa pakai wear metalnya


Selama ini penulis kalau menguji oli tidak pernah pakai uji lab. Ini sering diprotes. Disebut bahwa untuk membandingkan kualitas oli, yang baik itu bila pakai uji lab.

Uji labnya sendiri yang dimaksud adalah uji lab dari uji wear metalnya saja (ingat ini versi Indonesia), yang cuma dilakukan sekali untuk suatu pemakaian oli:
Report lab UOA Kendall Super DXA 10W30 pemakaian 7500 km di Innova D4D

Satuan yang ada disitu adalah ppm. berapa banyak untuk per 1.000.000 nya.

Nah selama ini, orang selalu berlogika bahwa wear metal itu akan makin lama makin banyak terkumpul di oli. Wear metal ini baru berkurang kalau olinya diganti. Jadi banyak yang menyarankan untuk membandingkan kualitas oli dengan membandingkan berapa banyak wear metal yang ditunjukkan dari hasil uji lab tersebut.

Nah ternyata asumsi itu salah. Karena ternyata kandungan wear metal pada oli itu BISA TURUN JUGA! berikut sumbernya:

Berikut gambar aslinya

Perhatikan bahwa uji lab tidak dilakukan hanya ketika olinya di drain saja tapi juga saat oli masih dipakai. Dan ketika oli dipakai, ternyata kandungan wear metal yang ada di oli bisa naik turun.

Aneh kan?

Terus mengapa ini bisa terjadi? Menurut penulis ini terjadi karena yang dibaca sama labnya cuma kandungan logam yang LARUT dalam olinya saja. Alias yang mengendap nggak bakal diukur. Bisa saja kalau kita sertakan gotri di sampling oli yang kita kirimkan, sama labnya nggak bakal dihitung gotrinya juga. Entahlah.

Yang jelas faktanya adalah angka wear metal di oli yang sedang dipakai itu bisa terbaca naik turun nilainya sama laboratorium penguji olinya. Dan konsekuensinya, kita nggak bisa menggunakan hasil uji lab wear metal untuk membandingkan kualitas oli.

Untuk menguji kualitas oli memang kita mestinya ikut standarnya, yaitu misalnya melakukan uji ASTM seperti yang tercantum di requirement API.

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.