Ini pernyataan majalah industri pelumas tentang kelebihan oli mesran dan minyak goreng


Terus terang sedikit sekali sumber yang menjelaskan mengapa oli grup 1 itu unggul daripada oli grup 2 dan lainnya. Ini merupakan salah satu contoh referensinya. Dari Lube tech:

Berikut yang menjelaskan hal itu:

Ini terjemahan bebasnya, disertai komen penulis:

Solvency (pelarutan) dan lubricity (sifat licin oli) adalah sifat yang saling berhubungan baik secara eksperimen ataupun teori, kata Lube-Tech No.62, PUBLISHED BY LUBE: THE EUROPEAN LUBRICANTS INDUSTRY MAGAZINE

Selama oli cukup kental (viscosity) dan cukup tahan (film strength) untuk menahan tekanan gesekan komponen mesin, koefisien friksi akan sangat rendah. Tapi kekuatan pelarutan saja tidak cukup untuk menjamin kemampuan pelicin yang bagus. Daya pelicin butuh kehadiran molekul polar dan non polar. Karena logam bersifat sangat polar, molekul polar yang larut di molekul non polar akan berusaha menempel ke logam, membentuk lapisan pelindung di permukaan logam. (Ini mungkin alasannya mengapa campuran 50% minyak goreng itu yang paling licin)

Oli grup 1 mengandung lebih banyak molekul polar daripada grup 2-4 sehingga punya lubricity yang lebih baik karena mengandung heterocycles aromatic. Grup 2-4 akan mendapatkan peningkatan licin lebih banyak dengan tambahan aditif tipe friction modifier yang fatty amide, esters atau minyak sayur yang terionisasi (ini salah satu alasan menggunakan minyak goreng sebagai aditif). Berbeda dari aditif anti aus biasa yang berkerjanya ketika terjadi pertemuan langsung logam, aditif lubricity berkerjanya adalah dengan mencegah terjadinya pertemuan langsung logam. (Ini artinya minyak goreng tidak bisa digantikan dengan kebanyakan aditif aftermarket!)

Jadi jangan remehkan oli grup 1 macam mesran super, mesran SAE 40, Mesran B40, meditran S SAE 40 atau Repsol MXR3, GXR3 atau MXR4. Oli grup 1 punya solvency yang besar artinya mempunyai kemampuan untuk melarutkan kotoran dari oli lebih baik. Kotoran lebih sulit mengendap.

Lubricity yang baik juga akan membuat oli grup 1 bikin mesin suaranya lebih halus.

Peran minyak nabati, termasuk juga minyak goreng disebut bakal lebih besar bila diterapkan di oli grup 2-4. Disebut juga bahwa peran dari friction modifier tidak bisa digantikan oleh aditif anti aus biasa, jadi menggunakan minyak goreng akan memberikan hasil yang berbeda dari menggunakan aditif aftermaket.

9 respons untuk ‘Ini pernyataan majalah industri pelumas tentang kelebihan oli mesran dan minyak goreng

  1. Kalau dari oli yang Pak Penulis sebut di atas, urutannya dari yang terenak bagaimana? Satu lagi, untuk cek base oil apakah dari PDS / MSDS atau ada cara lain? Kadang saya masih bingung walau sdh baca PDS / MSDS 😁

    Suka

    • terenak tergantung situasi. kalau mesin normal enak grup 1. kalau mesin panas, enak PAO. pabrikan kadang ada yang campur campur, seperti misalnya Delvac 1, ada grup 1, ada PAO.

      Bahan kadang disebut di MSDS. Tapi bahan lebih mudah di lihat cirinya di pour point di pds. -9 = grup 1. -33 grup 3. -60 PAO. Kalau campuran diantaranya.

      Suka

  2. Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh. Semoga selalu diberikan keberkahan oleh Alloh swt dalam segala urusannya.

    Mau tanya pak, diluar topik. Mobil saya grand Livina lawas tahun 2008. Kalo di buku petunjuk mobil disarankan pake SAE 10w – 30 atau melihat kondisi lingkungan mobil dipake. Dan dibuku petunjuk tidak ada keterangan harus pake oli sintetis, semi sintetis atau mineral. Tapi saya liat di beberapa akun YouTube kaya dokter mobil dan ahapedia, mereka bilang kalo Livina jangan pake oli mineral apalagi terlalu kental, dikarenakan bisa menyebabkan pompa oli terlambat menyemprotkan oli ke ruang bakar, karena ada bagian dari Livina yang lubangnya kecil dan membutuhkan oli yang SAE nya tidak kental. Menurut bapak gimana?

    Terimakasih saya tunggu informasinya

    Suka

    • wa ‘alaikumus salam wr wb. terima kasih, semoga selalu diberikan berkah selalu juga. silahkan.

      Untuk soal mobil saya kurang banyak tahu, tapi berikut ada catatan dari bro Aksan Aria:

      Aksan Aksan
      Lerrys Kurnawan berarti yg K15B, mesin sama dg ertiga om.. jd penyakit sama.
      oli aga pilih2 dan kudu hati2.
      Minimal harus 10w40 keatas msh aman.
      Yg sudah2 yg pake oli 0w20 / 5w30 km mulai 75rb keatas yg srg pompa oli loss pressure.
      Karena terlalu encer, gear pompa gesek housing jd ada celah. Oli low pressure jd indikator dan check engine nyala.
      Silahkan mau pake
      Win Car 20w50,
      Repsol GXR3/GXR5 20w50,
      Mesran Super 20w50
      Castrol GTX 15w50 label putih.
      Klo performance plg tinggi Mesran Super.
      Kalo yg lain menang halus. Interval anti pelit di 5000km

      Ibra Heem
      Aksan Aksan klo grandlivina gimana om? Rekomendasi oli yg cocok pake apa? Kmrn sy pake oli mitsubisi genuine 5-30w krn paling murah di level genuine, lalu filter oli pake punya jazz krn filter oli nissan pas lg kosong, ada yg aneh sewaktu ganti oli kmrn, sy ganti oli di bengkel biasa bukan beres, kapasitas oli kan 3liter tp knp sama tukangnya di sisain 200ml? Katanya udah kepenuhan dr batas deep stick. Pemakean sampe skrg ngga ada kendala, cm masih tanda tanya knp oli nya sisa? Atau mungkin filter oli honda jass lebih kecil dr filter grandlivina?
      ReplyShare18 h
      Aksan Aksan

      Ibra Heem Untuk oli livinia sama dg yg saya sebutkan diatas,..
      oli genuine berbahaya om..
      boleh cari info dg browsing sendiri.
      Atau keterangan2 dr bengkel yg paham dan netral.
      Mesin dg kapasitas 1.5 lt Dg oli 3 liter trmsk sedikit om.. dan harusnya semuanya dimasukkan tanpa sisa.
      Gpp pake filter jazz.. seingat saya, krn blm liat catatan, msh diluar. filter jazz lbh kecil tp hanya 100cc.
      tp lbh baik kedepan pake serena/juke/mazda2. Karena dimensi sama.

      Doktor mobil itu menurut saya tidak dari pengalaman tapi dari teori. sekarang juga lebih fokus jual produk.

      Suka

      • Koq malah berkebalikan ya pak, dari beres, akun ahapedia, dan dokter mobil menyarankan pake SAE yang belakangnya 30 atau 40 dan semi sintetis minimal, biar pompa olinya lancar. Tapi menurut bro Aksan malah pake yang belakangnya 50 oli mineral pula.

        Suka

        • bro aksan itu kayaknya punya usaha mobil taksi online atau transport. bahkan sudah pakai mesran super sampai 200 ribu km. Kalau untuk kerja berat malah ok yang 20W50

          Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.