Mesran SAE 40 lebih cocok untuk PCX 160 / Vario 160 daripada mesran super


Jadi ada keluhan sebagai berikut dari pemilik PCX 160 yang menggunakan mesran super campur bimoli:

Lengkapnya sebagai berikut:

PCX160, pakai mesran super 20w50 600ml + 200ml bimoli kok suaranya tambah kasar ya?
di SPBU Pertamina om
dr mesin sepertinya suara gesekan ring piston makin terdengar awalnya nggak
keraknyapun gak mungkin banyak sy kira om, motor masih berjalan 3500km.
oli bawaan SPX2, dari langsam sampai tarikan atas, awal pakai SPX2 ga sekasar ini suaranya, filing sy gesekan ring piston makin terdengar.
tapi sudah sy drain pakai oli dg viskositas sesuai anjuran 10w30 tp dg campuran 1 tutup botol oli(bimoli) sbg aditif olinya.
entahlah om, yg jelas bimoli tsb dalam kemasan 25k 1L, tarikan emg enteng tp kesenyapan mesin sangat berkurang alias kasar. Saya drain pakai Enduro Matic 10w30+ 1tutup botol oli tsb sebagai takaran bimoli yg sama total tetap 800ml. Suara mesin kembali halus senyap, tarikan juga semakin enteng. Mungkin next sy coba Mesran SAE40, Tp masalah kompresi di Supra fit 2006 sy selesai, sy intip kepala piston putih bersih setelah dicampur margarin+oli di tanki, oli mesin mesran super 20w50+ bimoli dg takaran 50:50.

Entah mengapa si bro ini langsung menggunakan rasio 20% karena biasanya penulis selalu rekomendasikan 10% dulu, jaga jaga kalau mesinnya butuh oli yang kental.

Bisa jadi masalah ini juga terjadi khusus di pcx 160 saja dikombinasikan dengan mesran super. Karena ada yang memang bilang mesran super kalau dipakai di motor bakal lebih kasar daripada pakai mesran SAE 40:

namelektronik Hni
cepat eol pake oli Mesran super 20w50 di motor sy, karena motor sdh tdk standart, enak yg meditran S sae 40 sedikiy bimoli rasany stabil, kedepan mau cobak mesran sae 40

Chapung Liar
Aji Condro sy nyoba pake mesup tnpa migor di pcx 160 sy tarikan malah lebih enak drpd mesran sae 40 .tp kalo suara mesin lebih halus pake mesran sae 40.kalo mesup tarikan enteng tp. Suara mesin agak nyaring di banding mesran sae 40

Ada yang pakai pertama mesran super jadi kasar tapi setelah itu halus:

Ada yang suara jadi kasar:

Yang hasilnya lebih baik adalah mesran SAE 40:

Khusus untuk efek mesran super, kalau untuk mobil bisa berlawanan:

Aksan Aksan
Mesran Super sy dulu jg underestimate.
Di mesin multi silinder, sukses mengungguli oli2 impor yg laris manis dipasaran. Seperti shell hx3 sd hx7, ptt performa, dan total quartz.
Parameter yg diukur =
sisi kehalusan dlm dB,
performa 0-100 kpj dlm second,
konsumsi bbm dlm kpl.

Aksan Aksan
klo bensin yg sdh ditest plg sip alias Rajanya Mesran Sae 50. Tapi langka, ada stok pun sdh produksi pre 2010.
Meditran S lbh halus drpd semua line mesran. Kepinalti sdkt lbh berat. Mesran Super itu bagi saya standar. Contoh kita bicara taksi, . Yaitu limo/vios, transporter/xenia avanza. Taksi PT itu driver nya macem2 tp soal ganti oli haram telat.
Ex express yg pake mesran super timing chain baru melar rata2 di 250rb km.
Ex BB pake hdeo versi mereka sendiri, curiga saya meditran sc dr bau2nya rata2 melar di 200rb km
Ex orenz dan taksi2 lain yg servis langganan di auto2000 ada track record nya rata2 timing melar di 150rb an.

Aksan Aksan
granmax, carry, vios nya pake mesran super +migor 15%. Sblmnya fastron ungu, mesran sae 40.
Kusus granmax, vios prnh tmo, fastron ijo, gold, valvoline. To ga cocok terutama macet+panas.
Tapi messup yg terhalus, tarikan dan topspeed msh dapet. Ganti di 5000km.
Plg kencang memang mesran sae 40 tp mesin kasar kaya pake oli pabrikan toyota. Fastron bagus tp perilaku aneh.. kalo siang panas, macet kdg bagus kdg kasar. Kdg bagus mmg mantap, kadung tidak ya tidak.
Tidak sestabil mesran super.

Untuk pemakaian pertama di mobil kadang filternya bypass (karena kotoran di mesin dirontokkan oleh mesran / migor) dengan ciri sebagai berikut:

Aksan Aksan
Di km 4000 an. Silahkan rpm dinaikkan ke 3000-4000an. didengar atau diraba. Ada suara tik tik. Itu bypass valve filter nya sdh floating. By pass = oli tak tersaring bebas beredar ke semua penjuru part mesin.

Kali pertama pake +mg atau oli mesran sae40 atau mesran super di grup vios limo, xenia avanza biasa terjadi. Mmg saya kampanye oli mesran disana, soalnya prihatin, bnyk yg beli oli mahal2, msh ngeflek, penguapan tinggi, mesin kasar.
Kalo sae40/ super polosan rata2 2000-3000 km.
Kalo +migor 500-1250 sdh bypass.
yg lbh akurat diraba. Ada ketukan, terasa.

Kalo amannya lgsg ganti filter ganti oli, om.
Filter oli yg bagus ya ga mahal. Denso/Aspira filtrasi 40nm itu hanya 20-24rb saja dikota saya.
Saya hindari yg filter ori dijual di toko atau olshop. Kebanyakan palsu. Filtrasinya payah banget.

bbrp ada jg yg cm diganti filter, tp 200 km bypass lg. Inginnya irit. Klo sdh ga bunyi stlh tik-tik. Itu bypass full om..
oli sirkulasi tak terfilter..

Kesimpulannya, untuk motor Honda PCX 160 dan Vario 160 (mestinya ADV 160 juga), yang lebih cocok adalah mesran SAE 40 bila ingin suara mesin halus. Entah mengapa, mesran super jadi encer kalau dipakai di mesin motor matik Honda 160.


Untuk campuran minyak goreng, sebaiknya awali 10% saja dulu. Merek yang direkomendasi sekarang adalah bimoli, filma, sabrina, sedap, kuncimas. Penulis sendiri sekarang eksperimen pakai minyak jagung merek KCO, yang sepertinya cukup baik hasilnya. Secara shear stability lebih baik dari bimoli.

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.