Mengapa ban depan motor balap untuk hujan punya kembangan aneh sendiri?


Mungkin memperhatikan bahwa kembangan ban balap untuk hujan itu pola depannya terbalik dari ban belakang. Berikut ini dari Michelin POWER RAIN:
https://www.michelin.co.uk/motorbike/tyres/michelin-power-rain

Juga dari Pirelli Diablo Rain:

Dan Bridgestone BATTLAX BT-601SS Wet:
https://www.bridgestone.com/products/motorcycle_tires/products/detail/pr152/

Mengapa bisa seperti itu? Kalau menurut penulis, jelas bahwa untuk ban belakang lebih difokuskan untuk akselerasi. Air dibuang keluar saat berputar demi untuk meningkatkan traksi ban saat akselerasi. Agar air tidak membentuk genangan yang terkumpul di tengah, karena itu bakal membuat ban terangkat dari aspal.

Sementara itu untuk ban depan kembangan dibuat terbalik disebut adalah untuk meningkatkan kemampuan daya pengereman. Tapi perhatikan bahwa sudut pola ban depan tidak dibuat besar. Sudutnya jauh lebih tegak daripada pola ban belakang:

Mengapa bisa seperti itu? Menurut penulis ini karena sepertinya ban depan tidak difokuskan untuk pengereman tapi lebih ke pengendalian dan kemampuan menikung. Di jalan lurus, kemampuan pengendalian ditingkatkan dengan alur di tengah, perhatikan bahwa di semua contoh, bagian tengah ada alurnya. Ketika menikung, bukan bagian tengah ban yang kena permukaan aspal, tapi bagian samping:

Karena grip untuk bagian samping ini sangat penting, maka sudut kemiringan ban tidak dibuat besar. Bahkan di contoh berikut malah seperti 90 derajat:
Bridgestone RACING BATTLAX W01:
https://www.bridgestone.com/products/motorcycle_tires/products/detail/pr151/

Itu asli ban balap:

“Bridgestone for the rain” evolves further. The W01, for snatching victory in wet races
Shows its efectiveness on wet surfaces by making use of the technology nurtured in some of the world’s fastest and most demanding races.
Not for use on public roads.

Juga Dunlop KR189 (Wet) KR389 (Wet) KR405 (Wet):
https://www.dunlopracing.com/product/rains/

Ban ini disebut merupakan ban resmi Moto2 yang dikembangkan dari masukan pembalap:

Dunlop’s KR189, KR389, and KR405 are the Official Rain Tires of the MotoAmerica, Moto2, Moto3, and Canadian Superbike Series. The KR Rain Series offers unparalleled grip, stability, and rider feedback through the use of Dunlop’s proprietary compounds and manufacturing techniques such as N-TEC, JLB, and JLT technologies. The KR Rain Series tires provide the ultimate in track performance for club racers and professionals alike.

Jadi ban basah untuk balap modelnya seperti itu. Tapi kiblat dunia per banan di sini IRC.

Iklan

12 respons untuk ‘Mengapa ban depan motor balap untuk hujan punya kembangan aneh sendiri?

    • Pola terbalik ketika ngerem dan ban ngunci/hampir ngunci justru akan membuang air ke samping, ketika miring dan ngerem akan membuang air dan lumpur ke dalam (ke dalam roda berarti ke luar tikungan, jadi kalo menikung ke kiri air dibuang ke kanan, beda dengan pola biasa kalo menikung ke kiri air dibuang ke kiri, karena air punya kelembaman ban akan mudah bergeser ke kanan)

      Suka

  1. Ban depan dengan alur biasa, seperti ban belakang ketika miring akan bikin ban slide ke samping, karena pola alur sejajar dengan gaya sentripetal ketika ban berbelok 20-30 derajat

    Ban dengan alur terbalik, pola alur akan tegak lurus dengan gaya sentripetal,

    Garis lurus di tengah roda, mengurangi risiko aqua planning. Karena makin sedikit area yang langsung terkena air, semakin mudah memecah air (coba tes tepuk air pake tangan dengan jari rapat dan jari renggang, mana yang lebih mudah)

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.