Motor yang pernah pakai oli mesin bawaan wajib dianggap sudah cacat mesinnya


Penulis pernah mengeluarkan pernyataan bahwa kalau motor sudah pernah 1000 km pakai oli bawaan, maka mesinnya harus dianggap nggak sehat. Artinya jangan pakai acuan 6 ribu km ganti oli kalau olinya mesran SAE 40 campur minyak goreng.

Nah ada bro yang protes:
https://www.youtube.com/channel/UC0B6DenD1c0AgkCJ_5ajzAg/community?lc=UgzVCGgXCUYZedNyTM54AaABAg&lb=Ugkx9EbRvXtqwFf_YV91ziUUCCl2nB_wzwfk

aditya yudha pratama
Maaf sebelumnya ya om, Klo disebut cacat karena sebelumnya pakai oli bawaan rasanya tidak semua, karena saya pun dl pernah pakai oli bawaan pabrik entah itu honda atau suzuki. Benar ada juga motor baru yang mengalami
kendala mesin rusak ngebul yang dimana, saya yakin penyebabnya bisa karena interval pergantian oli yang melebihi batas atau ada cacat produksi.

Betul memang oli bawaan pabrik tidak sebaik oli lain, sayapun. Berganti ke oli lain setelah 7 atau bulan dari pembelian rutin pergantian di 2000km, kadang 1500 kadang 1800 atau klo lagi ada rezeki ya sebulan sekali.

Jika memang semua motor yang menggunakan oli bawaan jadi cacat maka harus ada penelitian kuantitatif tentang ini. Berapa sample yang diambil pengujian bongkar mesin setelah interval tertentu. Seperti yang om bilang lebih percaya dunia akademis kan..

Saya hanya memberi masukan ya om, krn hanya beberapa forum dan artikel om ambil kesimpulan itu engga baik, contoh pernah ada artikel yang bahas team balap menggunakan motul 7100 daripada 300v. Saya mengakui itu dan ada kok artikelnya.. bahkan ibnu sambodu pun kan pakai mesran, tapi jangan diambil kesimpulan semua team balap road race mengguanakan 7100 atau mineral.. harus disebutkan siapa saja yang pakai di road race? apakah bengkel tsb privater, pemula atau team seeded? apakah om sudah mendatangi bengkel tsb dan share? sebagai contoh Hawadis pun masih pakai 300v di road race, H Putra pakai oli apa? team honda bagaimana?

Saya tau Om berusaha untuk memberikan pengetahuan dan alternatif dengan cara dicoba sendiri. Saya pun melakukan hal yang sama. Minyak goreng bisa dijadikan aditif untuk oli, rekomendasi om adalah mesran bardhl lalu repsol.

Saya di bekasi dan jakarta sudah lebih dari 4 pombensin susah beli offline mesran super atau mesran b40, bahkan sampe ke bright adanya fastron platinum hitam, ungu dan enduro 4t..

Saya coba beli di supermarket, kelihatan palsu, tutup gampang sekali di buka. Alhasil saya tidak pakai oli mesran krn saya gak yakin olinya asli, disamping banyak oknum yang tidak bertanggung jawab

Tidak semua subscriber jeli membeli oli asli, kenapa saya bilang begini.. krn oknum pengedar oli palsu ini banyak.. sudah menjamur bahkan di setiap kota ada, alhasil bisa jadi dan ada kemungkinan yang dikeluhkan mesin berkarat adalah oli palsu.

Lalu kenapa minyak goreng yang digunakan dicurigai bukan yang rekomendasi? user ini bisa jadi awam, apakah om mempunyai data sae bimoli filma kco? kan tidak… berdasarkan feeling ini yang licin ini yang tidak.. ketika mesran dicampir bimoli sae jadi berapa klo 10% klo dicampur Kco jadi sae berapa, ini kan gak ada om..

Saya lebih setuju jika dibuat artikel ini oli yang rekomendasi ini yang tidak, ini yang alternatif.. klo dipaksakan harus mesran, repsol sama bardhl tanpa ada link pembelian official store gimana mau membantu user om?

Ace Hardware atau Toda Jakarta misalnya bisa dijadikan pembelian offline oli asli, atau ada bengkel rekanan misal?

Oli palsu sudah menjamur. Setiap kota bebeda brand oli yang dipalsukan, Harus lebih jeli membeli oli dan pastikan interval tidak melewati batas…

Jaman sekarang ini jaman uu ITE om, hati2 dengan statement tsb : Karena pernah ganti oli bawaan mesin jadi cacat. ini bahaya. om Gampang buat diserang atau bahkan dibawa ke jalur hukum om.. atau om sebagai mekanik

Saya yakin om ini kritis dan mau membantu kok : puncak dari ilmu pengetahuan itu bukan debat atau pintar tapi tau dimana menempatkan diri lebih kalem sedikit dan luwes ya om🙏🏼

Si bro ini ngomong seperti itu jelas bahwa dia tidak mempercayai testimoni bro bro yang mmerasa oli mesran itu lebih baik dari oli bawaan. Dia juga jelas tidak mempercayai hasil uji coba oli penulis. Dia menyebut cuma percaya kalau yang ngomong itu akademis (penulis nggak yakin).

Seperti halnya denier yang lain, ia menyalahkan oli palsu dan pemilik motornya telat ganti oli. Padahal banyak yang motornya rusak itu ganti olinya di dealer resmi dan periode ganti olinya separuh dari rekomendasi di buku manual. Belum lagi ketika ada kasus motor rusak sebelum servis pertama.

Soal rekomendasi lapak online beli oli mesran SAE 40, penulis dapat rekomendasi:
tokopedia: jasutra, sundiro, lestari motor2, bos motor,sukses oli motor
shopee: utility mart, pandramotor88

Soal oli 300V, yang penulis sebut jelek adalah buatan vietnam. Penulis lihat ada yang jualan 300V impor perancis harga 600 ribuan (bukan lapak resmi).

Soal cacat di motor, memang ada motor yang “tidak” rusak ketika sudah pernah pakai oli bawaan. Tapi sering kali klaim ini lebih didasari oleh feeling. Jadi bilang tidak rusak itu bukan karena pemiliknya sudah cek sendiri kondisi piston dan silindernya, tapi karena motor masih bisa jalan.

Memang bukan tidak mungkin ada yang motornya sama sekali tidak rusak. Ini bisa terjadi pada mereka yang tinggal di tempat dingin. Karena di kondisi dingin, oli bawaan tidak akan terlalu encer. Apalagi kalau pemakaian mereka tidak pernah lebih dari 60 kpj.

Yang motornya sering rusak (sebelum servis pertama) adalah mereka yang sering ngebut atau macet macetan siang hari di daerah pinggir pantai atau yang cuacanya panas. Di kondisi seperti ini, oli bawaan sangat tidak layak.

Entah berapa persen yang mesinnya masih aman atau yang sudah rusak. Tapi menurut penulis lebih aman bila kita anggap mesin kita rusak. Jadi kita tidak lagi menggunakan acuan mesin sehat ketika ganti oli. Tidak ragu ketika suara mesin sudah kasar ganti oli. Tidak ragu ketika oli sudah berkurang 20% ganti oli. Tidak ragu ketika oli sudah gelap warnanya ganti oli.

Jadi mau mesin cacat atau tidak, lebih aman dianggap cacat. Bila ternyata mesran SAE 40 campur minyak goreng bisa bikin mesin halus sampai 8 ribu km ya syukur. Tapi bila cuma tahan sampai 500 km, juga jangan ragu ganti oli. Tentu kalau sudah seperti ini, baiknya cek kesehatan mesin.

Iklan

8 respons untuk ‘Motor yang pernah pakai oli mesin bawaan wajib dianggap sudah cacat mesinnya

  1. Sebenarnya saat ini kita semua krisis , dr bahan mesin dianggap canggih pdhal vampir oli, bahan logam mesin jadul Mala lebih oke, demikian juga variasi bawaan motor sudah LED , canggih iya tp rawan koit alias konslet dibanding msh bohlam koit tinggal ganti bohlam tp LED 🥴ya ganti se set, oli juga demikian krisis juga kl dibikin bagus bakal jarang ganti oli makanya oli asli dr merk apapun enaknya hy 500.km aja,rantai juga dibikin gampang melar , kampas rem dibikin tipis , cakram demikian ini asli semua ya pd dibikin tipis agar penggantian cepat, jd rusak atau tdknya motor atau mobil tergantung seberapa sensitif terhadap pemakaian kendaraan tsb, dan dompet pula si😋mnrt sy pendapat masing masing aja ni jangan terpancing ya mau coba silahkan kl gak mau silahkan damai aja sebagai rider 🥰

    Suka

    • Sip iya, terutama sisi mesin, kualitas sekarang terasa turun. Memang lampu LED pun bikin komplikasi. rantai melas karena desain buruk. dan memang kampas sekarang selain nggak pakem juga bikin cakram cepat habis.

      Repotnya kadang banyak klaim tanpa lihat fakta dulu.

      Suka

  2. Entah berapa persen yang mesinnya masih aman atau yang sudah rusak. Tapi menurut penulis lebih aman bila kita anggap mesin kita rusak

    Berarti kecacatan itu baru sebatas anggapan aja ya om?belum ada bukti valid berapa quantity cacat tidaknya.
    Kalau cuman berdasarkan anggapan berarti sah untuk didebat dan sebaiknya jangan dikampanyekan,karena bisa aja ada kemungkinan itu hoax/penyesatan.

    Suka

  3. Assalamualaikum om,

    Alhmdulillah komen saya diposting ahahaha,, semoga om & keluarga sehat selalu yak.

    Saya engga bermaksud debat, terutama untuk statement oli mesran ya.Karena sebenernya saya cari sendiri oli tersebut karena memang ingin pakai, beberapa pombensin 3 Kota sudah saya coba yakni Bandung, Jakarta dan bekasi. Terimakasih banyak untuk List penjualan Mesrannya mungkin kedepannya akan Order.

    Perlu om tau bahwa saya menggunakan minyak goreng campur motul h tech juga dari ilmunya om, tau hths dari om juga, yang akhirnya saya diberikan rekomendasi dan itu berjalan dengan baik kok : Ravenol 10-40w semisyth

    Mohon izinnya review sedikit :

    sebelumnya saya pake adnoc, nah setelah drain ke ravenol, first impresinya biasa sebenernya lemes halus?belum cukup halus diawal.. namanya oli baru ya, ke tenaga hmmm lebih baik dari adnoc dan mirip dengan motul.

    Lalu bagaimana dengan 1 Bulan ini?
    Saya bingung makin lama dipakai makin halus untuk oli ini, yang jadi patokan adalah ketika menghadapi macet panas di siang hari jakarta dan malam hari oli ini lebih stabil sepertinya dari kekentalannya om.. suara juga ya engga berisik banget seperti motul, adnoc ketika dipakai lama.

    Sementara pakai oli ini dl aja, sudah cukup. cuma ya itu mahal karena vespa 1,3 liter jadi ya klo ganti oli di awal stock 2 sampai sisa botol 1 nya habis..

    Matur suwun yak om

    Suka

    • wa ‘alaikumus salam. silahkan. komen biasanya di automoderate kalau ada linknya atau komen pertama.

      iya, silahkan. ditunggu kalau sudah coba mesran sae 40. Dan baiknya untuk awal jangan pakai minyak goreng dulu. untuk tahu bedanya. dan jaga jaga kerak di mesin sudah banyak.

      syukurlah bisa bagus hasilnya pakai ravenol 10W40. kalau makin lama makin halus, maka sepertinya olinya mengandalkan aditif juga. dan artinya oli sebelumnya tidak layak pakai. Bisa lama seperti itu juga mengindikasikan olinya lebih tahan pemakaian, ciri bagus bahwa sintetiknya berfungsi.

      semoga bisa pas.

      Suka

      • Siap om. Entah kenapa ya om adnocnya hanya umur 2 minggu aja. Pernah test di Scoopy 2021 juga, suara lumayan tapi yaitu drop sekali ke tenaga. RPMnya susah tinggi. Ada Mesran tapi 4 Liter hahaha kebanyakan. Gimana om oli Fuchs.. apa rekomendasi kah?

        Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.