6 aditif bensin yang bisa mengurangi penguapan bensin (asumsi pertalite mudah menguap)


Pertalite yang bikin kendaraan makin boros membuat beberapa orang menduga bahwa pertalite sekarang lebih mudah menguap. Pertamina sudah membuat sanggahan soal ini:
Pertamina Bantah Pertalite Mengalami Penurunan Kualitas

Batasan dalam spesifikasi Dirjen Migas yang menunjukkan tingkat penguapan pada suhu kamar di antaranya adalah parameter Reid Vapour Pressure (RVP). Saat ini hasil uji RVP dari Pertalite yang disalurkan dari Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina masih dalam batasan yang diijinkan, yaitu dalam rentang 45-69 kPa (Kilopascal).

Secara spesifikasi, batasan maksimum untuk penguapan (atau yang biasa dikenal dengan istilah destilasi) Pertalite adalah 10 persen, dibatasi maksimal 74 derajat Celsius. Secara umum produk Pertalite ada di suhu 50 derajat Celcius. Artinya, pada saat tempertur 50 derajat Celsius, Pertalite sudah bisa menguap hingga 10 persen.

Entah apa klaim tersebut benar karena bila benar maka kualitas yang sekarang itu masih dianggap sesuai standar oleh pertamina. Padahal kualitas yang sekarang cukup merugikan beberapa orang.

Lalu apa solusinya? Kalau butuh mengurangi penguapan maka butuhnya adalah aditif bensin tipe fuel stabilizer.

Penulis lihat di lapak online ada 6 merek. Yaitu:
Schaeffer

Royal Purple:

STP:

Lucas:

Cyclo:

Sta-bil:

Merek luar semua.

Mengapa di luar negeri ada produk seperti ini? Produk ini dipergunakan bila ingin mengistirahatkan dalam waktu lama. Biasanya ketika musim dingin. Aditif ini akan membuat bensin menjadi lebih stabil. Tidak mudah menguap, tidak mudah terurai. Sehingga ketika kendaraan dinyalakan lagi, bensin masih dalam keadaan segar, bisa langsung nyala normal tanpa harus kuras bensin lagi.

Cuma sayangnya karena impor semua, harganya tidak murah, ratusan ribu. Berikut perhitungan dari biaya per liter kalau kita pakai aditif aditif tersebut:

Efektifitas aditif diabaikan dalam tabel ini, tapi terlihat bahwa yang paling murah adalah 2 ribu per liter. Ini artinya kalau mau bensin pertalite tidak mudah menguap, total bensin per liter jadi 12 ribu. Angka yang cukup besar.

itu minim. Kalau pakai merek lebih terkenal, bisa sampai 16 ribu. Tentu lebih mending pakai pertamax. Atau lebih baik lagi pakai bensin selain pertamina.

Iklan

9 respons untuk ‘6 aditif bensin yang bisa mengurangi penguapan bensin (asumsi pertalite mudah menguap)

  1. Saya punya pemikiran mungkin pertalite jadi boros karena ngempos/tidak ada tenaganya, sehingga tanpa kita sadari gas selalu kita putar lebih dalam, otomatis lebih boros, motor saya kawasaki edge, sekarang pakai pertamax tarikannya normal lagi seperti pertalite sebelum naik harganya 🙂, sekedar berbagi informasi saja 🙏

    Suka

  2. Benar drpd beli lagi aditif BBM lebih baik beli Pertamax , turbo, V-Power atau yg nitro sekalian karna selisih harga beli aditif tsb , kl kabar ada air mnrt sy dr tempat tangkinya tak aman, kl ngempos iya jd nge gas trus jd terasa boros aplg idle mesin jd tinggi semenjak pertalite naik harga ini juga bs boros BBM juga

    Suka

  3. Ini pertalite kualitas tmbah buruk saya kira cm kbetulan atau hoax aja lho Pak..
    Saya kn kbiasaan cmpur bimoli..
    Nah bbrp hr kmrn saya lg males2an cmpur pertalite+bimoli..
    Eh eh eh ternyata beneran beat karbu saya ngorok ngeden tarikan luemot puol
    Vario karbu saya kuasar banget stasionernya macam mesin rusak

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.