Dokter mobil melarang penggunaan minyak goreng sebagai aditif pelumas / engine flush jelas tanpa teori tanpa fakta


Beberapa waktu yang lalu seorang penjual produk terkenal otomotif, Dokter Mobil, mengeluarkan pernyataan soal penggunaan minyak goreng:
https://www.youtube.com/watch?v=T0wlNRGOomM

Mungkin bakal ada yang protes ke penulis karena dianggap orang bebas mengeluarkan pendapat. Masalahnya sih orang ini menyebut bahwa semua pernyataannya itu berdasarkan fisika, ilmiah, dst. Menyebut bahwa semua itu kalau ada yang wow dipikir bagus.

Soal minyak goreng sebagai flush atau pelumas dijawab tegas mitos. Namun sayang ia sama sekali tidak memberikan dasar ilmiah atau fakta fisika soal ini. Dia cuma bilang minyak goreng didesain untuk menggoreng. Padahal kalau kita telusuri sejarah, minyak goreng yang kita pakai sekarang, minyak sawit, pernah jadi pelumas industri:
Minyak goreng awalnya bukan untuk menggoreng lho, tapi untuk jadi bahan sabun, lilin dan pelumas

Minyak goreng yang dipakai orang amerika sekarang, minyak kanola, sebelumnya juga merupakan pelumas, yang digeoengineering dulu sebelum bisa aman dipakai untuk menggoreng:

Jadi salah kalau dibilang minyak goreng itu didesain untuk menggoreng. Bisa dipakai untuk menggoreng cuma salah satu manfaatnya saja.

Yang makin parah adalah soal fungsi sebagai flush. Ia menjelaskan bahwa dibanding pakai minyak goreng, disebut mending pakai minyak tanah atau solar, karena sudah terbukti bisa membersihkan mesin. Walau kemudian ia merekomendasikan untuk pakai produk engine flush khusus saja karena tidak akan punya kelemahan seperti minyak tanah dan solar.

Untuk soal ini, Dokter mobil jelas sama sekali tidak tahu fakta bahwa bahan engine flush itu kebanyakan adalah minyak tanah dan solar:
Apa sih bahan pembuat engine flush? Ternyata thinner, minyak tanah dan solar

Dan jelas Dokter Mobil mengabaikan testimoni ratusan orang yang sudah mencoba minyak goreng baik sebagai oli mesin, aditif oli mesin atau engine flush. Ia juga mengabaikan penelitian penelitian ilmiah seputar penggunaan baik minyak sawit, minyak kanola atau minyak zaitun secara langsung tanpa pemrosesan sebagai oli mesin atau aditif oli mesin.

Sayangnya Dokter Mobil merupakan salah satu yang mengaku pakai teori dan fakta padahal sebenarnya cuma mengandalkan asumsi yang salah.

Versi video:

Iklan

4 respons untuk ‘Dokter mobil melarang penggunaan minyak goreng sebagai aditif pelumas / engine flush jelas tanpa teori tanpa fakta

  1. An engine flush washes the gunk out of your car’s engine – and most cars will never need one, says an engine expert. “If you do your oil changes regularly you shouldn’t have a need for an engine flush,” says Dennis Mott, automotive professor at Centennial College in Toronto. – ini informasi yang saya dapat dari mbah gugling.. Saya hanya berfikir sepertinya cukup pembersihan menggunakan Oli saja.

    Suka

      • Hanya orang yang tidak merawat mobil/motor nya dengan benar sehingga timbul lumpur padat yang pakai engine flush. Untuk pengunaan normal walaupun telat ganti oli dan timbul kerak tipis sih masih bisa dihandel oli baru untuk pembersihannya kecuali jika pakai oli baru palsu.

        Suka

        • nggak begitu. ada orang yang merawat dengan benar tapi pakai oli yang asli tapi tidak layak pakai, bakal butuh engine flush juga.

          kalau mengikuti buku manual, ganti oli normal nmax saya adalah 4 ribu km dan ayla saya adalah 5 ribu km.

          Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.