Mengenal spesifikasi oli Dexos 2, standar yang lebih tinggi dari API


Ada beberapa isu bahwa standar Dexos itu lebih ketat daripada standar API? Sehingga beberapa orang itu lebih memilih oli Dexos daripada oli API, seperti rekomendasi bro berikut:

Apa itu benar?

Kalau menurut pabrikan oli, iya benar:
https://360.lubrizol.com/Specifications/GM/GM-dexos1

https://www.oronite.com/about/news-activities/gm-dexos1-gen3.html

Terlihat dari grafis tersebut bahwa standar Dexos lebih tinggi daripada standar API. Dan itu di banyak faktor. Ada beberapa yang malah tidak ada di standar API SN, seperti misalnya deposit pada turbo dan LSPI (pre ignition yang terjadi karena kandungan calcium di oli, di versi SP ada mestinya):

Kalau untuk perbandingan angkanya, penulis punya yang Dexos2, standar Dexos yang ditujukan untuk oli yang punya HTHS ≥ 3.5, yang SAPS (aditif)nya sedikit demi untuk kesehatan sistem gas buang.
https://360.lubrizol.com/Specifications/GM/GM-dexos2

Jadi kalau memang butuhnya oli dengan spesifikasi tersebut, ada baiknya untuk coba pakai oli yang memenuhi standar Dexos. Tapi seperti halnya standar API, tidak semua oli yang ngaku ngaku Dexos itu beneran sudah mendapatkan sertifikasi dari Dexos. Oli yang tersertifikasi Dexos bias dilihat di link berikut:
https://www.gmdexos.com/

Dari Dexos sendiri disebutkan bahwa oli yang sudah mendapatkan pengakuan dari Dexos itu bakal mempunyai ciri berikut:
https://www.gmdexos.com/about/index.html

Cukup cari ikon dexos® di label depan dan 11 digit nomor lisensi alfanumerik dexos® di label belakang.

Dan sayangnya tidak semua oli yang disebut dexos2 di atas itu adalah oli dexos2 beneran. Contohnya oli total ineo mc3 punya penjelasan berikut:

Ternyata cuma meets. Yang merek Speedline juga sama:

Walau terlihat ada Dexos2 di bungkusnya, tidak ada logo resmi ataupun nomor lisensinya.

Kalau di cek di link di atas, sebenarnya juga jelas kedua oli tersebut tidak mendapatkan lisensi.

Kalau ingin yang pasti lulus Dexos sih bisa saja pilih oli buatan general motor, seperti misalnya merek Acdelco atau GM Tech.

versi video:

Iklan

2 respons untuk ‘Mengenal spesifikasi oli Dexos 2, standar yang lebih tinggi dari API

  1. Sudah coba Castrol Magnatec? Walaupun oli mobil tapi sangat aman digunakan pada motor matic dan sangat efektif untuk mengatasi masalah Fuel Dilution akibat dinding silinder berpori maupun goresan piston. Castrol MAGNATEC dan molekul cerdasnya akan melindungi mesin selama tahap pemanasan yang sangat penting, di mana hingga 75% keausan mesin terjadi pada tahap ini. Molekul pintar dalam Castrol MAGNATEC diformulasikan secara khusus untuk melekat pada bagian-bagian mesin yang penting, dan secara signifikan mengurangi keausan mesin. Ketika mesin berhenti, oli mengalir kembali ke bak oli, tetapi molekul cerdas Castrol MAGNATEC tidak. Molekul tersebut melekat pada bagian-bagian mesin yang penting seperti magnet, memberikan lapisan perlindungan ekstra sejak menghidupkan mesin dan selama pemanasan. Untuk perlindungan instan sejak menghidupkan mesin. CASTROL MAGNATEC dengan molekul pintar yang menempel seperti magnet, memberikan lapisan perlindungan ekstra. Melindungi non-stop sejak mesin dihidupkan. Dilengkapi dengan DUALOCK TECHNOLOGY yang memberikan perlindungan 50% lebih baik terhadap keausan mesin.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.