Di artikel sebelumnya penulis mencantumkan kritikan dari orang yang punya kenalan tim balap, klaim bahwa kalau saluran masuk di filter dikecilkan (SILK) maka tarikan bawah jadi nggak sip.
Salah kaprah menerapkan trik tim balap ke motor / mobil harian yang jelas jelas AFR pasrah sama ECU standar. Dan klaim di atas jelas salah. Malah sebaliknya, tenaga bisa meningkat tajam, driveability juga meningkat jauh.
Contoh nyata di mobil penulis, nih contoh menanjak ringan dan akselerasi di gigi 3 mulai dari berhenti:
Selama ini tidak pernah terlihat ada demo semacam dengan kendaraan sekelas.
Padahal itu cuma pakai kumparan kabel NYA 10 mm dengan nilai 25 ribu rupiah!
Pastinya juga lebih irit. 11 km/liter jadi 14 km/liter kan lumayan banget?
Saya prnah coba d vario karbu saya intake filter std 26mm trus saya kecilin diameternya jd 24mm dgn paralon yg saya atur hasilnya mmg ok tarikannya naik k top speed 100kpj jg relatif lbh cepat
Trus saya coba kecilin lg d angka 19mm saat mesin dingin tarikan ok stlh 10menitan mesin udh panas mesin mbrebet keborosan bbm ga bisa lari cuma max 60kpj
Intinya mmg dr pabrikan dsetting kering kali ya buat jaga2 buat yg malas ganti filter udara
Oh iya nambah uji coba lg sepuyer ori vario mainjet 108 saya ganti k 100 bisa pas lo pke intake ukuran 19mm tp jgn harap bisa 100kpj lg mslh lbh irit atau ga nya ga tahu ga prnah ngitung
SukaSuka
terima kasih sharingnya. wah bisa sampai brebet begitu ya. Tapi menarik bisa pakai kalau spuyer dikecilkan. Tapi turun cuma 2 mm kecil juga ya. Sepertinya itu sudah termasuk pas aslinya.
SukaSuka
Terimakasih informasinya.
SukaSuka
sama sama
SukaSuka