Review kampas rem cakram belakang NMAX merek Fuboru, kesimpulan kampas Federal


Sebenarnya penulis ingin coba kampas rem merek Indoparts. Namun karena belum beli tapi sudah habis duluan, akhirnya penulis beli di bengkel. Dapat merek Fuboru:

Beli yang untuk rem cakram belakang NMAX yang kebetulan sama dengan kampas rem depan vixion:

Dari kondisi fisiknya, kampas rem terlihat tanpa glitter logam:

Ini beda dari kampas rem merek federal yang penulis pakai sebelumnya:

Bagian belakang seperti berikut:

 

Kampas rem sebelumnya, merek Federal adalah kampas rem yang memuaskan untuk dipakai. Sampai sebelum muncul gesekan logam dengan logam, rem selalu berfungsi pakem di banyak kondisi. Lebih pakem dari yang punya Vixion atau orinya NMAX. Reaksi rem juga spontan.

Cuma memang ada kelemahan. Reaksi rem tidak spontan ketika cuaca dingin. Bila hujan, reaksi malah lambat sekali. Butuh beberapa detik sebelum rem mulai bekerja. Tapi ini bisa diatasi dengan menggantung rem, tuas rem tetap ditekan selama jalan di kondisi hujan. Dalam kondisi ini, rem jadi sangat pakem. Jadi sepertinya kampas rem Federal butuh agak panas baru optimal.

Yang sip merek Federal itu tidak menghambat, atau bahkan minim sekali hambatannya. Jadi mudah kalau dorong motor. Ini juga membuat kampas rem jadi sangat awet. Kalau tidak salah sekitar 15 ribu km pemakaian.

Dibanding Federal, kampas rem Fuboru termasuk tidak pakem. Bahkan kalau jalan di atas kecepatan 20 km/jam, ban belakang tidak bisa terkunci sama sekali walau sudah ditekan keras. Padahal ini sendirian. Bisa dibilang terlalu tidak pakem sehingga penulis jadi tidak berani pakai rem depan keras awalannya, beda dari ketika pakai Federal. Terpaksa kalau pakai rem depan harus lembut dulu.

Unggulnya reaksi di jalan basah spontan. Cuma tetap nggak pakem. Bahkan biasanya setelah tekanan pertama, rem belakang jadi makin tidak pakem lagi saat hujan, sudah semi blong.

Kampas rem Fuboru termasuk tipe yang menghambat. Jadi ini sepertinya yang membuat rem tetap spontan di kondisi dingin. Katanya sih tidak bikin aus cakram, tapi ini artinya kampas rem ini bakal cepat habis. Nanti dilihat berapa km masa pakai kampas rem ini. Dari pemilik bengkelnya sih bilang rem belakang memang cepat habis (padahal jelas merek federal awet), sampai direkomendasikan ban belakang baiknya pakai yang kecil (karena lihat motor penulis pakai ban 140).

Kesimpulannya sih kampas rem Fuboru ini tidak rekomendasi. Karena tidak pakem saat kering maupun basah. Apalagi sepertinya cepat habis. Asli mending merek Federal.

review video:

berikutnya direkomendasikan berikut ini oleh bro Tangan Besi:

Trq / ysp / willwood saja murah meriah semua gembira om Aji… Awet jg selisih 1000-1500 km dg original ūüėĀ

Reply

Iklan

2 respons untuk ‚ÄėReview kampas rem cakram belakang NMAX merek Fuboru, kesimpulan kampas Federal‚Äô

  1. Cek di tokopedia ‚ÄúTeguh Sanjaya Motor‚ÄĚ
    Atau ‚ÄúKems Jaya Motor‚ÄĚ ditokopedia

    Kampas rem Nmax depan & belakang ready

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.