Jadi Honda AHM barusan merilis produk terbarunya Oil system cleaner.
Sesuatu yang aneh karena Honda klaim berikut ini di website resminya:
https://www.astra-honda.com/article/bingung-pilih-oli-untuk-motor-matic-oli-mpx-2-aja
Oli MPX 2 memiliki beberapa keunggulan seperti :
-Anti Oxidant yang melindungi mesin dari oksidasi.
-Visco Improver Technology agar suhu mesin motor matic lebih stabil dan mengurangi penguapan serta memudahkan mesin untuk dihidupkan.
–Cleansing Agent untuk menjaga kebersihan mesin motor matic dari endapan karbon yang bisa mengganggu kinerja mesin.
Walau anehnya, klaim tersebut tidak tertera pada bungkus produknya:
Tapi yang jelas jadi sesuatu yang mencurigakan ketika Honda mengklaim olinya bisa menjaga kebersihan mesin, tapi kemudian meluncurkan produk yang tujuannya adalah untuk membersihkan mesin. Ini secara tidak langsung jadi pengakuan bahwa oli keluaran Honda tidak bisa membersihkan mesin.
Dan dari kasus seperti yang dialami bro Gustav Rudolf, jelas bahwa oli bawaan motor baru nyis pun tidak mampu mencegah terjadinya kasus ring piston di lem oleh oli yang mengotori piston..
Foto piston yang kena kasus ring seher macet di motor baru PCX 160, lho kok hitam sebelah?
Penulis sendiri sangat tidak merekomendasikan penggunaan engine flush. Selain karena membersihkan kerak itu tugas dari oli, bahan dari engine flush itu seringnya adalah pelarut kuat dan encer. Pelarut kuat bisa membuat engine flush merusak seal motor.
Ini contoh kasus engine flush merusak seal, +membongkar mitos pentingnya engine flush
Sifat sangat encer akan membuat oli berikutnya jadi lebih encer karena bagaimanapun bakal masih ada sekitar 15% sisa oli lama yang tertinggal di dalam mesin ketika oli di drain.
Diperparah dengan keharusan menggunakan oli kualitas rendah (merek AHM) dengan kekentalan cuma 10W-30, resiko mesin rusak akan meningkat.
Ketika janji pakai oli encer Honda tidak sesuai dengan kenyataan
Oli encer itu harusnya cuma cocok diterapkan di cuaca dingin Jepang, tapi entah mengapa insinyur Jepangnya memaksakan di cuaca panas Indonesia pun harus pakai oli encer. Dan hasilnya banyak gojek yang motornya harus sering turun mesin. Dan tidak sedikit rider yang share motor justru lebih irit dan kencang setelah pakai oli yang lebih kental.
Yang menakutkan juga adalah penulis membayangkan oil system cleaner ini menjadi salah satu bagian menu wajib di tiap kali servis. Walau mungkin harga cuma 30 ribu, bukannya memberikan manfaat, penggunaan oil system cleaner secara berkala justru akan lebih banyak membawa masalah. Biaya servis makin mahal, tapi motor malah makin cepat rusak. Belum lagi kalau ada praktek memasukkan oli kurang dari kapasitas yang direkomendasikan.
Penulis rekomendasikan agar para pemilik motor Honda untuk tidak lagi menggunakan produk AHM terutama untuk pelumas, coolant, minyak rem ataupun grease. Pakai merek yang cukup baik.
untuk pelumas penulis rekomendasikan pakai mesran SAE 40, mesran B40, Orange SAE 40, Win formual 20W50 PCMO, GGI SAE 40, Gasoli, unirace atau fastron techno 15W50. Baiknya juga dicampuri 10% minyak goreng merek KCO, camar, hanumas, filma, bimoli klasik atau alif.
Untuk coolant rekomendasinya adalah Preston yang botol merah.
untuk minyak rem merek jumbo.
untuk kampas rem merek federal.
Untuk grease pakai punya yamaha atau suzuki.
Oli suspensi pakai punya yamaha atau suzuki.
Intinya jangan beli dari merek yang klaim olinya bisa membersihkan mesin tapi di saat yang sama menyuruh konsumen untuk beli produk pembersih mesin mereka. Pasti ada yang salah dengan produk oli mereka.
Unuk pembersihan, dibutuhkan tidak hanya aditif pembersih tapi juga pelarutan:
Menurut Noria, oli mesran justru lebih hebat membersihkan sludge daripada oli sintetik (PAO ataupun hydrotreated)!
Versi video:
Akhirnya di bahas juga
SukaSuka
ha ha iya
SukaSuka
Motor gua 3 biji merk Hnd , pake oli dari Hnd . Bahkan si 110 udah berumur 11 tahun belum pernah buka head cyl , semua aman jaya .
SukaSuka
Ada memang yang pakai oli 25 ribuan pun sampai sekarang ok ok saja. Masalahnya ada yang pakai oli dealer mengalami vampir oli dan FD.
SukaSuka
Sebenarnya tugas cleaner tsb bukan ditujukan bagi pemakai kendaraan R2 atau r4 bahkan lebih yg sll rutin ikuti jadwal atau Mala diluar jadwal ganti oli sudah ganti karna macet saat ini yg sll diatas 2 jam , cleaner tsb ditujukan khusus banget bagi pemilik kendaraan yg malas ganti oli dgn alasan baru bbrp KM aja pdhal sudah bbrp bulan karna oli tsb sudah jadi gum inilah tugas cleaner tsb , tp mmg lebih baik ya kl dah kasus sudah jadi gum oli tsb ya dibongkar , engine flush tak mempan , dan kedua bagi mesin kendaraan yg kemasukan air pas banjir , engine flush sangat berguna buat membersihkan air yg masuk td berbarengan dgn oli yg baru tahap 1 , buang ganti oli lagi pas tahap ketiga baru oli sudah sempurna bersih dan kendaraan sdh bs dikendarai, ya kl rajin ganti oli ya hy buang uang aja😁
SukaSuka
kalau dalam kondisi sekarang sih banyak oli yang sudah diganti sesuai rekomendasi tapi tetap mesinnya berkerak. Masalahnya, engine flush itu tidak efektif. Tidak ada bukti engine flush efektif, yang banyak adalah bukti bahwa engine flush tidak efektif.
Dari cerita yang sukses, minyak goreng dan mesran B40 bisa membantu membersihkan kerak hingga tuntas tanpa perlu engine flush.
Untuk air, saya ragu, karena bahan utama engine flush itu pelarut minyak bukan water based.
SukaSuka
Ada link ke salah satu cerita yg sukses menggunakan minyak goreng sebagai pembersih mesin boss? Thx
SukaSuka
bisa ke grup oli mesin aditif migor.
https://kupasmotor.wordpress.com/2021/11/19/lagi-dalaman-mesin-civic-umur-200k-bersih-sekali-dengan-campuran-minyak-goreng/
https://kupasmotor.wordpress.com/2021/10/21/bukti-pakai-campuran-minyak-goreng-bikin-dalaman-mesin-beat-tetap-bersih/
https://kupasmotor.wordpress.com/2021/08/29/pakai-minyak-goreng-di-oli-mesin-tidak-membuat-mesin-kotor-malah-bersih/
https://kupasmotor.wordpress.com/2018/11/08/setahun-pakai-oli-mesin-dicampuri-minyak-goreng-mesin-dibongkar-tetap-bersih-nggak-berkerak/
SukaSuka
Bisa-bisa masuk buku manual untuk motor Honda terbaru ini, “Wajib menggunakan Oil System Cleaner setiap xxx KM”. Olinya jelek, ketambahan digerus pakai engine flush secara berkala, paket komplit sudah..
SukaSuka
Iya, walau nggak masuk buku manual pun, bakal jadi menu wajib saat servis.
Iya, pakai oli jelek dalaman jadi hitam jadi alasan pakai engine flush yang kemudian bikin dalam makin hitam pula saat ganti oli.
SukaSuka
emang udah test oli merk Unirace om? apakah oke? kayaknya itu brand yg kurang jelas? harganya masih murah soalnya di olshop dibawah 30 ribu dpt 1 liter sae 20w-50 kayaknya
SukaSuka
Sudah coba. termasuk lumayan dibanding merek yang 80 ribuan.
SukaSuka