Ada video short yang menurut penulis merupakan ajaran ngawur. Disebut rem belakang berbahaya sehingga disuruh memperbanyak pakai rem depan:
https://www.youtube.com/watch?v=PDvYckuU2J8
Alasannya kalau pakai rem belakang bakal selip dan jatuh. Ia juga berargumentasi bahwa rem depan didesain lebih pakem daripada rem belakang. Yang komen juga banyak yang setuju. Masalahnya yang ia pakai demo adalah motor NMAX!
NMAX jelas nggak seperti itu.
Ukuran cakram depan dan belakang nmax itu sama. Pertamax7 pernah tunjukkan perbandingan ukurannya:
https://www.youtube.com/watch?v=26o8x2ktKuU
Yang jualan cakram nmax merek TDR pun jualan mirip untuk depan dan belakang:
Disc Cakram TDR NMAX Set Depan Belakang
Malahan, ukuran kampas rem NMAX yang belakang itu lebih besar dari yang depan:
Perhatikan bahwa kampas rem belakang nmax itu adalah kampas yang sama yang dipakai untuk kampas rem depannya motor laki!
Ada yang ngomong master rem depan lebih besar, tapi faktanya tidak. Yang belakang justru lebih besar:
Ini hasil foto penulis untuk master rem depan, 11 mm:
master rem belakang, 1/2″ atau 12,7 mm:
Kaliper ban depan pun cuma 1:
nggak beda dengan yang belakang:
Perhatikan bahwa ban depan NMAX itu jauh lebih kecil daripada ban belakang:
Jadi fungsi rem belakang itu penting sekali untuk motor NMAX. Walau tentu juga salah kalau hanya mengandalkan rem belakang saja. Rem depan juga harus dipakai.
Kesalahan fatal yang banyak dilakukan oleh rider itu adalah tenaga yang dipergunakan untuk menekan tuas rem itu sama dari awal sampai akhir. Itu cara yang cuma cocok kalau kondisi normal. Dalam kondisi harus berhenti cepat, cara itu bakal bikin berhenti jadi sangat terlalu lama sekali. Penulis bilang begini karena penulis sering lihat rider laki nabrak kendaraan depan padahal emak emak sebelahnya sudah berhenti. Antara telat dan remnya melempem.
Bisa begini karena sudah sangat super yakin pakai rem depan, tapi takut kalau nekan rem depan kuat kuat. karena biasanya sudah punya pengalaman ndelosor karena tekan rem depan terlalu kuat.
Ini pentingnya mengawali pakai rem belakang dulu, atau silahkan pakai engine brake kalau motor laki / bebek. Awal sebelum mengerem, grip ban depan itu lemah. Dengan pakai rem belakang maka bobot jadi pindah ke depan, ditandai dengan badan kedorong ke depan. Kalau sudah kondisi ini, kita pakai rem depan itu bakal bisa lebih pede, karena grip ban depan sudah mantap. resiko ban depan selip jauh berkurang.
Jangan bilang kebiasaan, karena banyak kebiasaan yang salah. Jangan bilang sudah mantap atau ok, karena pengereman nggak bisa ditentukan cuma pakai feeling. Coba deh diukur. Apa bisa berhenti kurang dari 3,2 detik kalau kecepatannya 94 km/jam?
Itu pakai nmax, dan perhatikan bahwa itu belum maksimal. Rem depan harusnya masih bisa ditekan lagi, begitu pula rem belakang. Kalau berhentinya lebih dari 10 detik, maka walau rasanya mantap, itu jelas caranya salah.
Takut kalau ban belakang selip? biarkan saja. malah rekomendasi MSF dari amerika, kalau ban belakang selip, biarkan, jangan dikurangi tekanan rem belakang, biarkan selip sampai berhenti. Dan penulis beberapa kali mengalami ban belakang selip. Penulis biarkan dan fokus mengatur tenaga rem depan.
Sebagai catatan, PCX 160 dilengkapi ABS hanya untuk depan saja. Jadi bagi Honda, ban belakang selip dianggap tidak bahaya.
versi video:
Benar slip diban belakang lebih aman wl ya deg deg juga dada ini, dibanding slip ban depan ya bakal cium aspal karna rindu cuummm ahh aspal dah rindu hi hi hi , aplg ban belakang dah lebar slip aman 90 persen 10 persen lagi tergantung jalanan yg dilewati , kl ban depan slip 100 persen pasti cium aspal
SukaSuka
Sip iya, walau selip belakang deg degan, tapi biasanya masih aman. Kalau depan, sudah beberapa kali ndelosor dan nabrak…
SukaSuka
serem yah, jgn pake rem belakang. saya prnh ga sengaja lg ngantuk (pake supra), eh malah rem depan. pdhl pelan loh jalannya, msh gigi 1. lsg nyungsep, ampun dah.
SukaSuka
sip iya, saya dulu (waktu masih pakai depan saja) juga sering, memang kalau depan selipnya lebih mudah dan bahaya
SukaSuka
The most efficient braking is always at the edge of locking, both on the front and the rear brakes. On sportbikes, the center of mass is high and close to the front so when you break as hard as possible, the rear wheel will lift (stoppie) and so there’s almost no point in using rear brake for stopping. On the NMax, most of the weight is on the rear wheel, so doing a stoppie is basically impossible, and it makes sense to use both front and rear brakes. However, during very hard braking the front still provides most of the stopping power (the rear will lock up/engage ABS sooner), especially if you apply the brakes quickly but progressively (not slamming them). By the way, the same applies to PCX and most cruisers (that also have most of their weight low and on the back).
SukaSuka
not realy, I tried it a couple of days before. And my nmax stop quicker using only rear brake than only fron brake
rear:

front:

Other attempt to use only rear brake:

Video:
The other problem is, rider in Indonesia do not utilize the edge of locking, they use the same hand strength from beginning to the end. Most do not even know that front tire grip before braking is nothing compared to during braking.
No one increase finger pull strength when the front tire get more grip.
People also stupidly think that easing the throttle is enough to provide more front tire grip, not realizing that nmax / pcx engine brake provide very little braking power. Which is why I tell people to use rear brake 1/4 second earlier than front brake. Just like what happen in honda cbr250r C-ABS.
SukaSuka
Yeah, but when you’re using just the front brake, there’s less weight transfer to the front than when you’re using both front and rear (because there’s less deceleration overall). So that means the front provides *less* braking power when you’re using just the front. On the other hand, the rear provides *more* braking power when you’re using just the rear (again, because there’s less deceleration than when you’re using both brakes and therefore less weight transfer).
To stop the Nmax as fast as possible, you should apply both brakes immediately, but the front only gently at first, and press it harder and harder as the weight transfers to the front wheel, while the rear has to be applied hard at first and then released a bit (again, as the weight transfers to the front). Of course, it’s much easier and safer to figure out exactly how to do that when the bike has ABS.
SukaSuka
I was comparing rear only with front only. rear only stop faster than front only.
I would still prefer to use rear 1/4 second faster because gentle front may only be gentle in perfect road and can be too strong on slippery surface or wet surface.
I am not sure nmax/pcx ABS are reliable. I doubt they have tire grip prediction feature of Kawasaki ZX-10 ABS. May not have automatic pressure regulator too and may only contain pressure pulsing. No one ever do real life test for nmax / pcx ABS I think.
SukaSuka
Sure, but my point is that when you’re using both brakes properly, there’s much more weight transfer happening, which would cause the front to become more effective and the rear to become less effective (compared to what you found in your test).
As for ABS, I’m mostly saying that it is really helpful if you want to learn to brake properly since it will not allow you to lock up the wheel and crash even if it’s the simplest and cheapest version of ABS (like the NMax probably has). A pro racer would definitely be able to brake better without such ABS, but a regular rider almost certainly would not be
SukaSuka
yes, in a dry road, using both brake will cause more weight transfer. In a rain, rear brake have bigger role.
Yes, ABS help rider kept control. Cheap ABS does not help stop quicker, but at least it prevent falling.
SukaSuka
[…] Sebelumnya penulis membahas dari sisi part sistem rem yang menunjukkan bahwa secara desain, rem belakang Yamaha NMAX didesain lebih pakem daripada yang depan: Kenyataannya, rem belakang NMAX didesain lebih pakem dari rem depan, rem belakang wajib dipakai […]
SukaSuka