Lho oli Repsol sekarang kok lumayan? Di NMAX, Prima XP kalah sama Mesran


Penulis sebelumnya terkesan dengan Prima XP, karena bisa membuat suara mesin halus banget di saat idle:
Mesran B40 setelah 380 km jadi oli mesin, PFT 15W50 setelah 1500 km jadi oli transmisi, kerasnya NMAX

Namun ternyata Prima XP tetap punya kelemahan yang membuat penulis jadi merasa harus ganti oli dan memberi kesempatan kedua untuk oli Repsol 20W50:

Kelemahan Prima XP adalah Baca lebih lanjut

Lanjutan review bensin Shell Super, performa mendekati pertamax kalau pakai agak lama


Ini sudah beberapa kali isi bensin shell super. Rencana memang sebulan ini mau pakai shell super terus. Untuk lebih paham bagaimana efeknya pakai bensin shell super bila dipakai terusan.

Sebelumnya penulis sudah menjelaskan bahwa bahwa pakai bensin shell super itu jadi terasa seperti pakai pertalite, yaitu bensin bikin motor terasa lebih licin, seperti bila bensinnya ditambahi oli mesin atau minyak goreng: Baca lebih lanjut

Sudah tempelin tambal panci ke mulut tangki bensin NMAX, pertamax bikin tangki berkarat?


Sebelumnya penulis sudah membahas teknik sacrifice anode, teknik yang dipakai orang kapal untuk mengurangi karat dengan menempel logam lain yang lebih mudah berkarat.
Mengurangi karat di mulut tangki bensin dengan tambal panci?

Begini keadaan karatnya, yang baru terjadi setelah kehujanan:

Di tutupnya juga: Baca lebih lanjut

Mengurangi karat di mulut tangki bensin dengan tambal panci?


Penulis kaget juga ketika tadi isi bensin dan menjumpai mulut tangki bensin ada karatnya. Maaf nggak kefoto, tadi sudah keburu penulis hapus karatnya, tapi kira kira seperti berikut ini:
Mulut Tangki BBM Motor Berkarat Apa Solusinya?

Penulis tidak pernah mengalami hal ini ketika Baca lebih lanjut

Akhirnya Honda pun bakal produksi motor pakai radar


Sebelumnya penulis sudah memberitakan bahwa Kawasaki akan buat motor dengan radar mulai tahun 2021 setelah sukses uji coba:
Kawasaki jadi motor Jepang pertama pakai teknologi radar untuk keselamatan

Dan ternyata rupanya Honda tidak mau kalah, dan sudah muncul bocorannya, yaitu akan diterapkan di motor Honda Gold Wing:
Honda menyiapkan sepeda motornya sendiri dengan radar!

Namun beda dengan Kawasaki, di Honda ini sepertinya cuma fokus yang dari depan saja. Jadi cuma untuk sistem cruise controlnya saja. Tidak ada misalnya warning ada kendaraan kencang dari belakang di jalur lain.

Nggak nyangka ya, Alex Marquez itu jadi urutan kedua yang paling sering jatuh di MotoGP


Marc Marquez pernah bilang bahwa untuk mahir di motor Honda maka rider harus jatuh 20 kali. Penulis nggak pernah tahu berapa kali Alex Marquez itu jatuh, ternyata sering juga ya? Yang pertama adalah Johann Zarco:
MOTOGP 2020: CHI È IL PILOTA CHE È CADUTO DI PIÙ?

Pilota N. cadute 2014 N. cadute 2015 N. cadute 2016 N. cadute 2017 N. cadute 2018 N. cadute 2019 N. cadute 2020
Johann Zarco 12 9 17 15
Alex Marquez 14
Aleix Espargaro 10 7 15 19 12 10 12
Iker Lecuona 1 11
Brad Binder 10
Pol Espargaro 14 13 14 11 12 8 10
Bradley Smith 16 11 8 7 11 4 10
Takaaki Nakagami 15 7 9
Francesco Bagnaia 14 8
Jack Miller 18 25 14 17 15 8
Miguel Oliveira 9 8
Fabio Quartararo 6 8
Alex Rins 8 12 8 8
Stefan Bradl 13 8 13 3 7
Tito Rabat 16 10 10 8 7
Valentino Rossi 5 2 4 4 8 8 6
Cal Crutchlow 10 12 26 24 17 12 5
Joan Mir 12 5
Franco Morbidelli 11 8 5
Andrea Dovizioso 4 6 6 6 5 4 4
Maverick Viñales 8 5 7 4 6 4
Marc Marquez 11 13 17 27 23 14 2
Danilo Petrucci 4 7 10 9 4 9 2
Lorenzo Savadori 2
Mika Kallio 2 3 2 0
Michele Pirro 2 1 7 2 6 1 0

Kewajiban pakai light panel ala F1 di MotoGP sebagai tanda bendera apa manjur?


Untuk meningkatkan standar keselamatan, mulai tahun 2022 semua sirkuit MotoGP juga diharuskan menggunakan light panel sebagai pengganti bendera peringatan:
High-Tech Light Panels to be mandatory at all MotoGP™ tracks

High-tech light panels will be mandatory at all circuits that host events in the FIA Formula One World Championship & FIM MotoGP™ World Championship from 2022, and the FIA World Endurance Championship, FIM WorldSBK and FIM EWC from 2023

Maaf, light panel yang sebenarnya tidak secanggih yang di foto itu, yang sebenarnya itu seperti berikut ini: Baca lebih lanjut

Kymco KRV, ibarat Vario setang naked pakai drive belt dan fitur melebihi NMAX!


Akhirnya motor Kymco KRV secara resmi diluncurkan:
KYMCO KRV 「小AK」賽道首試|跨世代全新旅跑 再創水冷白牌王者風範

Dari sisi tampilan motor ini cukup ok dengan lampu depan LEDnya yang “trendy” (banyak yang begitu): Baca lebih lanjut

Atap mobil Tesla pun bisa terbang dan bocor saat hujan


Maaf menyimpang sedikit karena kalau motor listrik sudah ramai, maka bakal banyak pabrikan pemula yang bisa jadi melakukan kesalahan lebih dari yang dilakukan Tesla berikut. Mobil listrik Tesla itu kan terkenal sebagai mobil listrik mewah. Ternyata nggak lepas juga dari masalah. Ada keluhan atap bisa bocor, dan malahan terbang saat dipakai di jalan.
Watch This Model S Lose Its Roof In China: Tesla Explains What Happened

Tesla segera melakukan respon terhadap kejadian ini, Baca lebih lanjut