Membahas Oli


Artikel soal oli:

Walau castor oil itu dari bahan nabati, ternyata beda dari yang lain dan aslinya tidak boleh ditambahkan ke oli mesin biasa, 22 Juli 2017
Konsentrasi stearic acid dan oleic acid di beberapa minyak nabati sebagai friction modifier yang bisa meningkatkan film strength oli mesin, 22 Juli 2017
Orang tahu oli sintetik itu daya pelumasannya baik tapi tidak tahu itu kecuali PAO yang justru jelek,
Prosedur uji drop test oli mesin yang benar akan bisa dipakai untuk menguji selain oksidasi juga fuel dilution, kerak, dan bocoran air atau coolant,
Menambahkan aditif moly akan menambah spash yang akan memperparah deposit dan bikin selip kopling,
Ini alasan mengapa film strength jauh lebih penting daripada kadar moly atau ZDDP,
Soal “Kesalahan Persepsi Awal Coba Oli Sesat” (HDEO/PCMO) sebenarnya karena beda standar dan implementasi berdasar info dari Prof Widman,
Oli sintetik itu bahannya juga dari hasil bumi,
Oli mesin dari bahan oli bekas pun kualitasnya bisa bagus,
Takut tambah minyak goreng no problem tapi wajib tahu perilaku motor bila oli mesinnya jelek,
Testimoni dari yang pakai minyak goreng sebagai aditif oli mesin sangat positif,
Drain interval lebih lama tidak lebih ramah lingkungan, oli mesin itu limbah beracun termasuk juga PAO,
Karena merusak mesin dan promosi menyesatkan saking bencinya sampai bikin page khusus anti oli mesin JTX,
Ternyata ada merek oli yang bahannya minyak kelapa sawit,
Aditif oli semacam Lupromax atau nano energizer itu berguna, tapi tidak bisa menggantikan minyak goreng,
Nilai SpAsh oli mesin mempengaruhi keasaman, emisi dan perlindungan mesin tapi tidak bikin selip kopling

Masa pakai oli mesin untuk motor dari berbagai pabrikan,
Penggunaan minyak goreng sebagai oli mesin ternyata populer di Malaysia, ada pelajaran penting yang bisa diambil ,
Apa benar masa pakai oli Amsoil di motor matik bisa lebih dari 10 ribu km? Di petunjuk resmi kok lebih pendek ,
Berdasar laporan hasil eksperimen pakai Amsoil, oli mesin pakai bahan PAO cocok bila ditambah minyak goreng biar makin licin? ,
Alasan mengapa suara kasar mesin bisa menjadi acuan kualitas oli mesin dan caranya agar mesin halus tanpa harus pilih oli lebih kental ,
Molybdenum bukan friction modifier dan bisa bikin selip kopling tapi ada cara agar bisa dipakai motor dengan kopling basah ,
Mengupas efek menambah oli HDEO dengan oli ATF dari sisi pabrik oli menunjukkan beberapa kekurangan oli ATF sebagai oli mesin ,
Membandingkan pemakaian oli diesel di motor dengan minyak goreng sebagai aditif oli lebih sesat mana ,
Uji akselerasi Honda Beat ESP setelah oli mesin ditambah minyak goreng ,
Implementasi dan dasar teori trik sesat minyak goreng sebagai aditif pelicin oli mesin matik dengan hasil mesin lebih halus dan enteng ,
Pengiritan yang bisa dicapai dengan memakai oli mesin dengan SAE grade 0W-20 ternyata kecil dan justru lebih besar pengaruh aditif friction modifier ,
Komponen mesin makin rapat oli harus encer itu logika tidak mempertimbangkan situasi ,
Banyak yang bilang oli mesin bahan PAO paling baik proteksi perlindungannya padahal nyatanya tidak ,
Mengenal dasar pelumasan, ada saat dimana perlindungan tidak ditentukan oleh anti wear ,
Penjelasan dari istilah – istilah yang sering muncul dalam penjelasan produk oli mesin ,
Mau long drain interval nggak harus pakai oli mobil tapi memang oli motor yang bagus langka sih ,
Oli mesin hasil proses Gas to Liquid masuk kategori grup 3 tapi kemampuan mendekati PAO, apa ini alasan mengapa oli sintentik sekarang banyak yang beralih dari pakai PAO menjadi pakai VHVI? ,
Daftar oli mesin PCMO, HDEO dan MCO yang cocok atau tidak cocok untuk kopling basah beserta informasi base oilnya ,
Pilih mana antara pakai oli mineral masa ganti oli dipercepat atau oli sintetik masa ganti oli lama? ,
Mengenal standar GF-6, bukan olinya yang harus encer tapi mesin modern harus didesain agar nggak rusak kalau pakai oli encer dan aditif olinya harus jauh lebih baik lagi ,
Menentukan kualitas oli mana bisa pakai spesifikasi datasheet? ,
Oli yang bagus untuk mesin itu tidak butuh viscosity index yang tinggi tinggi amat, banyak yang salah mengerti soal VI dan HTHS ,
Pakai aditif oli mesin bisa justru malah mengurangi daya perlindungan ke mesin, alasan untuk menghindari pakai aditif oli ,
Detil rangking performa oli mesin Shell tipe full sintetis, tipe semi sintetis dan tipe mineral berdasarkan data Shell ,
Beberapa tipe Yamalube itu buatan Castrol ,
Lucunya klaim yang saling bertolak belakang dari Toyota soal keawetan pemakaian oli super encer ,
Ini penjelasan mengapa kualitas pembakaran atau bahan bakar bisa mempengaruhi masa pakai oli mesin ,
Tidak benar oli ester itu tidak bagus dipakai harian ,
Lucu karena alasan orang Indonesia pakai oli mobil untuk motor ternyata kebalikan dari orang luar negeri, disini oli motor dianggap lebih jelek, disana oli motor dianggap lebih bagus tapi kemalahan ,
Ganti, topup atau nambah oli itu tidak masalah pakai oli mesin merek lain ,
Penyebab berubahnya kekentalan oli mesin dan resiko yang bisa ditimbulkannya ,
Licin oli mesin saat dites pakai tangan belum tentu licin beneran ,
Ini alasan mengapa oli dengan performa tinggi atau untuk long drain interval bisa tidak lulus uji API service ,
Mengapa banyak yang pakai oli diesel untuk mesin motor padahal spesifikasi tidak banyak berbeda dengan oli motor ,
Apakah oli mesin di Indonesia pada nggak lulus uji API?, kok tidak ada tanda donat dan starburst API? ,
Mengetahui waktu penggantian oli mesin berdasar tingkat keasamannya ,
Bukti bahwa minyak goreng bisa dipakai sebagai oli mesin ,
Oli 10W30 tidak cocok untuk Indonesia berdasar peruntukan kekentalan untuk temperatur sekitar ,
Oli mesin keruh bikin kerak lumpur di mesin ,
Kekentalan, API service dan harga tidak menentukan kualitas, lebih penting mereknya, juga suara mesin lebih kasar karena oli lebih encer sering dijadikan alasan dari oli kualitas jelek ,
Mau mengumpulkan oli bekas di sini salah satu tempatnya ,
Kalau mau mesin sip motor matik Honda olinya jangan pakai oli Honda ,
Motor matik olinya wajib pakai oli khusus matik cuma berlaku di Indonesia ,
Kandidat motor skuter matik tipe sport sudah ada tapi kapan pabrikan akan berani rilis di Indonesia? ,
Terbukti bahwa oli berkualitas itu lebih baik daripada oli standar yang disediakan oleh bengkel resmi ,
Oli standar yang disediakan bengkel resmi itu bisa kurang bagus untuk mesin ,
Kelemahan oli yang masih bisa ditoleransi, oli yang bikin mesin panas atau mudah menguap belum tentu jelek ,
Oli palsu masih eksis, merek populer ikut dipalsu, harap waspada bro ,
Beda API Service satu dengan yang lain, ternyata untuk mengukur performa minimal oli acuannya bukan API Service ,
Oli yang mas bro sarankan apa sudah beneran oli kelas dunia? ,
Standar oli nggak bisa dipakai acuan memilih oli bro! harus coba sendiri. ,
Oli jelek penyebab Yamaha terpaksa mengaplikasikan teknologi Diasil Cylinder? ,