PCX 160 tiba tiba macet rodanya, motor masih baru 700 kman, cacat kampasnya?


Jadi ternyata ada keluhan baru untuk PCX 160. ban belakang bisa macet tidak bisa bergerak:
LAGI & LAGI KELUHAN NEW HONDA PCX 160 MATI MENDADAK.!! TEMEN TEMEN CEK BAGIAN INI KLU ADA INDIKASI.!

Itu entah kejadiannya seperti apa. Yang jadi keluhan utama sih karena unitnya nggak diganti: Baca lebih lanjut

Balapan MotoGP di Mandalika mundur. Kalau balapan tanpa penonton, apa gunanya ya?


Ada kabar bahwa balapan MotoGP di Mandalika bakal diundur. Rasanya sih wajar karena rupanya bentuk sirkuit masih seperti berikut:
The first ‘flying’ lap of the Mandalika International Street Circuit!

Nggak usah dibahas mundurnya kenapa, tapi yang penulis penasaran itu adalah karena sekarang ini kan balapan MotoGP dilakukan tanpa penonton. Masih ada maknanya kah bila balapan MotoGP dilakukan di Mandalika? Terus apa keuntungan mengadakan balapan MotoGP di Mandalika bila ternyata tidak untuk pariwisata?

Mandalika Segera Gelar MotoGP, Apa Saja Manfaatnya?

“Kami berkomitmen untuk mewujudkan gelaran MotoGP Mandalika pada 2021 mengingat event ini akan mampu menjadi stimulan bagi pertumbuhan perekonomian masyarakat NTB dan Indonesia. Kami perkirakan sirkuit dan MotoGP Mandalika akan membawa manfaat luar biasa bagi NTB berupa lapangan kerja bagi 7.500 orang, memberikan tambahan investasi lokal sebesar US$ 150 juta dan diperkirakan akan ada peningkatan belanja wisatawan hingga mencapai US$ 40 juta per tahun,” terang Abdulbar.

Selain itu, melalui event MotoGP ini, diyakini akan mampu menambah jumlah kunjungan wisatawan ke Indonesia hingga mencapai 300 ribu orang per tahun serta memberikan positioning yang kuat bagi Indonesia sebagai negara tujuan hiburan olahraga unggulan di kawasan Asia. Hal ini penting guna meningkatkan nilai tambah pariwisata di Indonesia sehingga meningkatkan sumbangan sektor pariwisata kepada perekonomian nasional.

Gara gara covid

Ban belakang selip ketika mengerem darurat ala kupasmotor di 103 kpj. Bagaimana rasanya? Biasa aja!


Kebetulan pagi ini penulis ngevlog soal pengereman ketika ternyata muncul komen bahwa penulis harus tunjukkan cara pengereman penulis di sentul. Entah mengapa harus di sentul tapi kebetulan tadi sempat lengang sehingga bisa praktek pengereman mendadak dari kecepatan 103 km/jam:

Sebelumnya penulis harus mengaku bahwa penulis sama sekali nggak berani mempraktekkan ajaran sekolah safety riding JDDC dan RDL yang mengatakan bahwa Baca lebih lanjut

Muncul tips untuk mengatasi cover tutup bensin yang sulit dibuka di Honda PCX 160


Bro Motomazine share artikel yang menjelaskan cara biar cover tutup bensinnya nggak sulit lagi dibuka:
Begini Atasi Tutup Tangki Bensin Honda PCX160 yang susah dibuka

Awalnya mmz sendiri juga bingung karena begitu knop fuel dekat keyless ditekan, tuh tutup tangki masih diam tak bergeming. Mana sudah di SPBU dan om kang SPBU-nya sudah siap mengisikan pertamax ke tangki.

Untung saat itu mmz kepikiran untuk menekan itu cover tangki bensin, dan syukurlah terbuka. Jadi sebagai cara darurat bolehlah sampean tekan-tekan dulu kayak yang mmz lakukan, tapi kalau mau enak permanen ya ganjal pakai kabel ties. Tapi ya itu… Buat bisa masang kabel ties di tempatnya musti bongkar cover bodi. Semoga gak bingung lagi. (mmz)

Detil silahkan lihat langsung di website motomazine. Intinya adalah Baca lebih lanjut

Klarifikasi cara rem penulis, rem belakang MotoGP kepake untuk ngerem dan modifnya bukan dibuat makin pakem!!!


Bro Kobayogas komentar berikut ini:
Modif rem sampai sangat sangat pakem = bodoh

Rem belakang yang dipake cuma saat macet macetan Nyimak aja ah…

Jadi mikir, kalau segitu hebatnya rem belakang dan sangat bisa diandalkan, kenapa motor2 kenceng (sebut saja moge lah) gak setting rem belakang lebih hebat aja dari depan, kenapa selalu depan yang dual cakram, monoblock, radial kaliper, 4-6 kaliper dlsb..

Kenapa MotoGP gak bikin rem belakang yg pakem/lebih jos dari depan?? Kan ngerem belakang duluan itu hebat dan aman, jadi harus menjadi andalan utama dong…

Kasih tau para insinyur motor terutama motor balap kaya WSBK/MotoGP dong prof… Kalau mereka itu salah dan ngawur selama ini…

Kamsud ay kan prof selalu bilang rem belakang duluan lebih baik, rem belakang itu oke, dlsb…
Nah daripada pabrikan ngawur mendingan sekalian aja rem belakang dibikin lebih yahud dari depan kan?

Jadi semuanya nanti akan sesuai keinginan prof

Makanya ay bilang proposal aja ke Dorna prof biar para pembalap mengandalkan rem belakang daripada depan…

Kalau perlu gak usah pake rem depan prof, atau rem depan dibikin minimalis…
Biar rem belakang yang jadi rem utama… Kan lebih cihuy ngerem pake belakang, itu intinya..

Jadi nanti para pebalap MotoGP ngeremnya andelin belakang, gak depan lagi, gitu prof ..

Ke depannya, moge² jg gitu, rem belakang lebih utama dari depan, yang di belakang pake double cakram, monoblock, radial kaliper.. depan satu cakram diameter kecil 1 piston cukup… yekan…

Inti komentar tersebut:
1. untuk bikin rem belakang yahud adalah dengan pakai dual cakram, 4-6 caliper, monoblok, radial caliper, dst. Dan dikesankan penulis maunya seperti itu.
2. pembalap MotoGP dan timnya sekarang ini nggak mengandalkan rem belakang.
3. Dikesankan penulis maunya sekalian nggak usah pakai rem depan.

Semua itu salah, dan penulis akan jelaskan di artikel ini. Komentar dibuat menggunakan gaya bicara menyindir seakan akan penulis mengajurkan seperti itu, padahal sebenarnya tidak. Sebuah fitnah. Sampai penulis pikir itu bro Kobayogas adalah bro Vision (yang di blok), yang berani bohong pakai gaya 😂. Apalagi timing Baca lebih lanjut

Info, kalau kupasmotor tiba tiba berubah, jangan kaget ya, ada usaha hijack


Penulis kaget karena tiba tiba ada info berikut, 2 kali:

Padahal penulis nggak melakukan riset password, tapi muncul info itu. Jadi kalau tiba tiba website ini jadi aneh. Mohon dipahami.

Update: Sudah 8 kali.

Kalau tiba tiba berhenti, mungkin bakal terus di kupasmotor atau kupasmobil.blogspot.com. Cuma ribetnya komen disitu nggak ada anti spam. Dan lebih sulit untuk komennya.

Oh iya, mungkin penasaran sama komentar yang keblok, dibilang penulis salah pencet: Baca lebih lanjut

Parah, meluruskan setang miringnya PCX 160 di AHASS itu pakai cara kasaran!!!


Kasihan memang nasibnya pemilik PCX 160. Satu hal yang belum penulis bahas videonya SYM Rizal itu adalah bagaimana akhirnya setang motornya bisa lurus kembali:
Servis Pertama Si Putih Honda PCX 160 di 999 KM

Bikin trenyuh dan jadi sangat menyentuh perasaan karena si bro SYM Rizal menceritakan bagaimana Baca lebih lanjut

Modif rem sampai sangat sangat pakem = bodoh


Penulis tidak menyangka bakalan ketemu orang yang dalam melakukan modifikasi kesannya huebat namun dalam kenyataannya ancur. Ini hubungannya dengan modifikasi rem pada motor, seperti contohnya modif rem belakang NMAX pakai double caliper berikut ini:
Yamaha NMAX Rem Makin Pakem, Kaliper Pakai Punya R15, Plug And Play

Kaliper depan Yamaha R15 terpasang di rem belakang Yamaha NMAX

Awalnya penulis cuma komen di postingan yang ingin saran bikin rem motor matik makin pakem. Orangnya takut kalau terlalu pakem bakal jatuh. Ya sudah penulis komen bahwa Baca lebih lanjut

Mempraktekkan ajaran JDDC / RDL ngerem pakai dikocok, asli ngeri, ajaran ngawur pol


Selama ini penulis sudah sering bahas betapa ngawurnya ajaran JDDC (Jakarta Defensive Driving Consultant, Jusri Pulubuhu) atau RDL (Rifat Drive Lab, Herry Wahyudi). Yang jadi pertanyaan besar adalah teknik squeeze yang oleh mereka itu diterjemahkan sebagai teknik rem dikocok:
Safety riding: JDDC dan RDL ngawur banget, teknik pengereman squeeze kok diterjemahkan jadi rem dikocok

Tidak jelas sumber ilmunya darimana. Tidak jelas yang jadi dasar apa. Penulis sama sekali tidak bisa menemukan kesamaan di pelatihan keselamatan untuk motor manapun. Sesuatu yang memilukan karena mereka lembaga profesional:

Sebelumnya penulis belum ngevlog sehingga nggak bisa demo. Cuma bisa cerita saja:
Safety riding motor itu beda dari mobil, jadi keampuhan dan keamanan teknik mengerem pakai tekan lepas atau mengocok rem perlu dipertanyakan .

Karena sekarang sudah ngevlog, penulis pun memutuskan untuk melakukan demo. Praktek langsung pakai NMAX.

Dari JDDC ataupun RDLNYa juga Baca lebih lanjut