Safety Riding (Safety Driving) itu sama dengan Defensive Riding (Defensive Driving) yang intinya adalah skill, strategi dan pengetahuan untuk membuat mengendarai menjadi lebih aman baik untuk kita sendiri maupun bagi orang lain. Untuk lebih aman di jalan dibutuhkan perlengkapan keselamatan baik untuk pengendara dan penumpang, juga yang di kendaraan. Sebelum memakai motor di jalan raya, pengendara juga perlu melatih skill yang bisa membantu meningkatkan keselamatan di jalan, mencegah kesalahan pribadi dan bisa bereaksi terhadap kesalahan yang lain atau bahaya di jalan. Perlengkapan pribadi dan fitur di kendaraan harus membuat mengendarai jadi nyaman dan aman baik dalam kondisi normal maupun dalam kondisi jalan macet, jalur cepat, malam hari atau cuaca buruk.
- Dua percobaan pengereman mendadak dengan dan tanpa menaruh jari di rem menyimpulkan covering the brake lebih aman – 23 Oktober 2017
- Di safety riding waspada, lihat ke depan dan jalan lebih pelan saja tidak cukup, harus juga bisa respon cepat dengan benar – 22 Oktober 2017
- Begini aturan kompetisi safety riding untuk instruktur yang asli orisinil dari Jepang – 20 Oktober 2017
- Di Indonesia narrow plank untuk orang biasa dibuat sulit di Jepang malah gampang – 20 Oktober 2017
- Narrow plank dianggap nggak penting oleh Honda Motorcyclist School sehingga tidak dicantumkan? – 20 Oktober 2017
- Apa saja informasi yang ada di website resmi kompetisi instruktur safety riding Honda Jepang – 20 Oktober 2017
- Cara menang sepeda lambat di acara safety riding, pengalaman bertahun tahun naik motor nggak ada gunanya di narrow plank – 19 Oktober 2017
- Jalan raya bukan narrow plank dan bukan tempat jago jagoan adu ketangkasan ala safety riding – 18 Oktober 2017
- Slide safety riding ala Polrestabes Semarang ada beberapa fakta menarik – 14 Oktober 2017
- Video penulis mencoba membuat ban bunyi cit cit pakai rem depan saja lumayan sulit – 11 Oktober 2017
- Terjemahan debat soal urutan pengereman safety riding metode Inggris dengan thairoadcraft – 10 Oktober 2017
- Klaim bahwa safety riding Indonesia pakai standar Jepang itu hoax, ada video yang membantah itu – 10 Oktober 2017
- Akhirnya nemu juga penjelasan rasio pengereman 70:30 di safety riding itu mengacu ke apa, tapi tetap terasa tidak masuk akal – 9 Oktober 2017
- Beda Chief instruktur safety riding ternyata beda urutan ngeremnya – 9 Oktober 2017
- Bila jalan sangat pelan atau macet lebih aman kaki diturunkan jangan meniru saat latihan safety riding – 8 Oktober 2017
- Nggak masuk akal bila latihan pengereman safety riding dilakukan di kecepatan cuma 40kpj – 5 Oktober 2017
- Mengapa ada black campaign anti pakai rem belakang dulu? di hoax jadi pakai rem belakang saja – 5 Oktober 2017
- Posisi aki di bawah itu merupakan blunder desain Honda dari sisi kenyamanan – 2 Oktober 2017
- Cara berkendara yang bisa mengurangi resiko bodi motor mentok polisi tidur – 30 September 2017
- Kasus Vespa melebar dari tikungan dan beradu dengan avanza itu bukti ngawurnya ajaran safety riding Indonesia dan ada ABS pun tidak akan membantu – 6 September 2017
- Kebakaran pada waktu isi jerigen bensin di pom Bogor itu menunjukkan bahaya bila isi bensin tanpa matikan mesin atau suka pegang pegang – 28 Agustus 2017
- Satu lagi bukti bahwa traction control di motor balap dan motor harian itu beda fungsi dan cara kerjanya – 26 Agustus 2017
- Review efek pakai kacamata kuning pada silau dan kesehatan mata serta analisa mengapa lampu LED putih motor pada terlihat kehijauan padahal cat putih tetap putih – 21 Agustus 2017
- Modif lampu silau, ban cacing, ngelepas rem dibilang selera orang beda beda tapi sebenarnya bukti sifat egois tidak memikirkan orang lain – 20 Agustus 2017
- Motogp: sebelum Iannone jatuh di pit saat ganti motor di BRNO menghindari nabrak ternyata hampir bikin yang lain jatuh juga dan pelajaran untuk jangan ngerem depan dulu, 9 Agustus 2017
- Mengamati ciri van belt perlu diganti sebelum putus dan cara agar CVT bisa awet gara gara transmisi matik tidak terendam oli, 3 Agustus 2017
- Balapan di lintasan oval ternyata motor dengan ban cacing bisa menang lawan motor fairing dan supermoto ban lebar, 2 Agustus 2017
- Motor dengan ban becak kok bisa dianggap keren padahal sekarang jaman sepeda pancal lagi ngetren pakai ban gede, 31 Juli 2017
- Memasang ban dengan arah kembangan terbalik itu lebay dan nggak aman kalau hujan, 29 Juli 2017
- Beberapa hal yang nggak enak dan mitos bohong dari motor listrik dibanding dengan motor bensin, 26 Juli 2017
- Enak banget pakai kacamata kuning karena lampu LED putih motor jadi terlihat redup dan nggak silau lagi, 13 Juli 2017
- Solusi mendinginkan rem untuk mencegah rem blong atau berkurang kemampuannya karena panas, 11 Juli 2017
- Pengujian lab menunjukkan bahwa braided wire itu sangat sedikit efeknya dalam mengurangi mengembangnya selang rem, 11 Juli 2017
- Lampu depan LED putih menyebar penyakit lebih parah dari lampu sorot projie karena bisa bikin buta permanen atau katarak, 6 Juli 2017
- Di Indonesia motor dilarang masuk Jakarta, di Vietnam juga bakal ada larangan motor masuk Hanoi, meniru kebijakan yang di Cina padahal di sana tetap macet parah walau nggak ada motor, 5 Juli 2017
- Safety Riding: hati hati rem cakram bisa blong bila terlalu lama dipakai di turunan dan solusinya apa bisa pakai tambal panci ya?, 1 Juli 2017
- Menurut penelitian di Belgia kemacetan bakal hilang bila sebagian orang beralih dari naik mobil jadi naik motor, 23 Juni 2017
- Lucu Yamaha X-Max 250 yang matik ada TCSnya sementara R25 belum, tapi memang nggak pantas motor sport seperti R25 pakai TCSnya X-Max, 23 Juni 2017
- Traction control itu ada kwnya juga, meningkatkan akselerasi vs cuma mencegah selip vs membahayakan, tapi mengapa di Xmax 250 dan 300 ada, di Xmax 400 malah nggak ada? 22 Juni 2017
- Kasus unik recall KTM Duke 125 dan 390, untuk apa sih lampu depan dikendalikan pakai software sehingga bisa reboot sendiri? 21 Juni 2017
- Jalan pelan pun bisa jatuh bila mengerem depan dulu saat mengerem mendadak naik motor matik, 21 Juni 2017
- Pasang HUD di helm motor pakai produk buatan Nuviz itu bikin makin aman atau justru berbahaya ? 16 Juni 2017
- Baju rider yang dilengkapi dengan air bag pada saling bilang lebih bagus dari yang lain 14 Juni 2017
- Safety riding motor itu beda dari mobil, jadi keampuhan dan keamanan teknik mengerem pakai tekan lepas atau mengocok rem perlu dipertanyakan . 9 Juni 2017
- Rem ABS dari kebanyakan motor itu ternyata cuma kw 2 yang masih bisa jatuh kalau nggak hati hati, walau memang nggak separah ABS kw 3 8 Juni 2017
- Takut pakai rem belakang di motor sport bisa jadi karena pabriknya mendesain rem belakang terlalu ngawur pakemnya, berikut ini trik ala pembalap 7 Juni 2017
- Mudik pakai motor jangan bawa kerdus, jangan pakai oli encer, jangan beli pertalite, jangan mendahulukan rem depan, 2 Juni 2017
- Mengapa rem belakang bisa menstabilkan motor dan walau keith code bilang balapan nggak butuh rem belakang tapi nyatanya rider juara dunia pada pakai, 29 Mei 2017
- Bawa anak kecil naik motor itu dilarang di Filipina, 26 Mei 2017
- Apa saja nggak enaknya pakai cairan atau gel anti bocor pada ban, 26 Mei 2017
- Ban yang cuma karet tanpa angin atau ban mati itu ternyata hanya bisa untuk kendaraan lambat . 24 Mei 2017
- Metode pengereman mendahulukan rem depan itu bukan metode safety riding standar internasional, 23 Mei 2017
- Safety Riding: Sistem CBS Combi Brake System Honda PCX 150 ada delay springnya biar lebih aman roda depan nggak ngerem duluan, 23 Mei 2017
- Crash Jack Miller bukti bahayanya rem depan dan kata Lorenzo adalah peringatan tuhan untuk tidak meremehkan bahayanya MotoGP, 21 Mei 2017
- Motor fairing itu sebenarnya ada yang cocok untuk boncengan tapi di Indonesia nggak ada, karena itu motor sport makin nggak laku, 20 Mei 2017
- Split seat motor sport dibenci rider tapi sama pabrikan dianggap sesuai selera Indonesia itu salah siapa? beda banget sama India, 19 Mei 2017
- Motor sport fairing 250cc kebawah itu sebenarnya untuk anak anak atau yang badannya tidak tinggi, 18 Mei 2017
- Posisi duduk racy itu ada yang cuma kelihatannya saja kencang padahal aslinya selain nggak nyaman juga malah lambat, 17 Mei 2017
- Ternyata cara memberdirikan moge roboh itu nggak selalu harus pakai membelakangi, dari depan pun bisa, 15 Mei 2017
- Trail braking dan memanfaatkan rem belakang saat menikung agar bisa cepat atau aman di beda situasi beda caranya, 12 Mei 2017
- Ajaran safety riding nggak boleh pegang handle bar belakang itu ngawur dan membahayakan, 11 Mei 2017
- Resiko kematian besar maka anak dibawah umur wajib diajari safety riding dan skill mengendarai kencang sekalian orang tuanya .
1 Mei 2017 - Meniru ngerem ala motogp mendahulukan rem depan harus tahu bahwa yang ahli pun gampang ndelosor kalau salah perkiraan, 23 April 2017
- Spakbor motor sport itu ternyata pada melanggar peraturan semua, 18 April 2017
- Lebih efektif mana antara meningkatkan dan memperbaiki fitur keselamatan motor atau buat kursusan safety riding? 17 April 2017
- Kumpulan informasi cara kerja combi brake system motor matik Honda dan caranya agar bisa lebih aman, 15 April 2017
- Perlindungan konsumen kurang, konsumen rugi, pabrik jadi punya uang lebih untuk bikin acara bikers day atau safety riding, 11 April 2017
- Mengerem mendadak pun tidak bisa dilakukan tiba tiba, harus dengan halus transisinya, ini kurang ditekankan di safety riding, 10 April 2017
- Rasio rem harus 70/30 atau 75/25 atau 60/40 itu menipu dan membuat orang yang ngeremnya lembek pun dianggap sudah benar, 9 April 2017
- Ini riset yang menunjukkan ngawur dan bahayanya ajaran safety atau defensive riding mendahulukan rem depan dan melarang menaruh jari di tuas rem, 7 April 2017
- Sarung tangan dengan lampu belok keren namun tidak lebih aman dan ada yang lucu juga, 6 April 2017
- Kontroversi perbedaan pengertian antara “safety riding” dan “defensive riding”, 5 April 2017
- Pengaruh desain kemudi pada teknik counter steering dan mengapa motor ada yang susah belok ada yang gampang, 4 April 2017
- Teknik counter steering yang diajarkan instruktur safety riding itu ngawur, 3 April 2017
- Apa kata intruktur safety riding terhadap mereka yang percaya bahwa standby jari di tuas rem lebih aman, 1 April 2017
- #Cari_Aman jangan gampang percaya omongan instruktur safety riding Honda, rem CBS harus dibenahi atau dimatikan dan harus ingat tombol klakson tidak standar, 31 Maret 2017
- Cara mengemudi agar kampas kopling motor matik atau manual bisa lebih awet dan cara pasang quick shift up di motor, 30 Maret 2017
- Bangku penumpang nggak enak dipakai Suzuki GSX-S150 baru 2 hari beli langsung dijual lagi, 30 Maret 2017
- Motor matik Honda Scoopy 2017 dikasih socket listrik AC, ternyata 12V, bahaya jadi resiko pemilik, 29 Maret 2017
- Real man use manual clutch itu kuno sekarang jamannya fast man use quickshifter, 27 Maret 2017
- Ajaran defensive riding ngerem dulu klakson belakangan itu ngawur dan jangan diikuti, 24 Maret 2017
- Spion tegak bikin tidak respect dan tetap sama jeleknya, mending pakai spion alternatif berikut, 22 Maret 2017
- Standar Euro 4 bikin knalpot jadi jumbo mewajibkan pemakaian ABS atau combi brake dan OBD bisa baca data motor pakai hp android, 20 Maret 2017
- Faktor faktor yang membuat CBS combi brake system matik Honda berbahaya, 17 Maret 2017,
- Cukup sudah korban, motor gojek wajib pakai tutup rantai full, yang model baru terlihat bagus kok, 16 Maret 2017
- Motor sport dengan tangki besar terlihat jantan tapi justru mengurangi kejantanan?, 13 Maret 2017
- Gara gara CBS teknik mempertajam menikung pakai rem belakang seperti Rossi tidak bisa diterapkan di Honda Vario atau Beat atau CBR yang dilengkapi combi brake, 8 Maret 2017
- Honda CBR250RR kok tidak pakai fitur Combined ABS?, 7 Maret 2017
- Standarisasi posisi tombol membuat perubahan posisi tombol klakson dan sein di motor Honda itu nggak logis dan berbahaya, 5 Maret 2017
- Braket hp ditilang itu bukan hoax karena pasal yang dipakai beneran dan bisa dipakai untuk banyak kasus, 4 Maret 2017
- Iya deh ban cacing bikin motor kencang di drag racing, tapi kan di jalan masih butuh ngerem?, 1 Maret 2017
- ABG yang bikin motornya liar susah dikendalikan itu tidak sadar bahwa motor motogp itu paling nggak jantan sedunia, 28 Februari 2017
- Membahas soal pelumasan, selip, engine brake, performa dan kejepit belt bila pakai driving belt sinnob, 27 Februari 2017
- Sistem CBSnya BMW Motorrad dan KTM itu kebalikan dari punya Honda, 25 Februari 2017
- Combi Brake System nya matik Indonesia beda dengan CBS matik India yang lebih aman., 25 Februari 2017
- Prioritaskan pakai rem depan itu bukan berarti mendahulukan rem depan, tekan lemah dulu sama saja bahayanya, 25 Februari 2017
- Engine brake sebaiknya pakai throttle blip, jangan main kopling, 17 Februari 2017
- Riding mode sport plus di Honda CBR250RR itu bukan gas spontan (harusnya), 14 Februari 2017
- Hujan tiap hari bikin berpikir mengapa pabrik motor nggak buat motor tetap enak dipakai walau hujan, 12 Februari 2017
- Menimbang perlunya riding mode di Honda CBR250RR dilihat dari sisi macet dan respon mesin, 12 Februari 2017
- Safety Riding tidak butuh jago slalom atau nyetir lambat tapi belajar tertib dan mau mengalah, 25 Januari 2017
- Slipper Clutch di Yamaha R15 bisa mencegah newbie celaka dan tidak mengganggu fungsi engine brake, 23 Januari 2017
- Walau instruktur safety riding melarang, kenyataannya kebiasaan meletakkan jari di rem itu justru lebih aman, 20 Januari 2017
- Teori weight transfer bisa menjelaskan mengapa mendahulukan rem depan bisa bikin celaka, 19 Januari 2017
- Safety riding kok jadi lomba ketangkasan, teori rem yang diajarkan juga ada yang ngawur berbahaya, 18 Januari 2017
- Solusi radiator kena lumpur jangan dengan cover atau penahan lumpur tapi mending sambungan spakbor, 17 Januari 2017
- Alasan mengapa motor bebek bisa lebih tangguh daripada motor trail atau sport di lautan pasir, 17 Januari 2017
- Teknik aman berkendara cepat di jalan lurus dan tikungan, 12 Januari 2017
- Lampu sorot projie di spion atau rem silau bikin celaka dapat warning keras dari supir truk, 4 Januari 2017
- Tangki besar tapi nggak nyaman jalan jauh, yang nyaman malah tangkinya kecil, 27 Desember 2016
- Kacamata berkendara jangan asal pilih warna kuning!, 25 Desember 2016
- Ini alasan mengapa headlight lampu LED putih merusak kesehatan, bikin silau dan bikin jalan terlihat redup, 25 Desember 2016
- Tidak enaknya pakai motor trail untuk harian di jalan raya, 24 Desember 2016
- Fitur merepotkan bikin motor sport sudah ada ini dan itu tapi tetap saja matik yang makin laris, 14 Desember 2016
- Sebenarnya lampu HID atau LED tidak bisa ditilang berdasarkan PP atau UU yang ada, 1 Desember 2016
- Safety riding mengerem mendadak mendahulukan rem depan itu sangat berbahaya, ngerem tidak bisa pakai angka rasio, 17 November 2016
- Tidak setuju dengan metode di “Teknik Pengereman Ideal Pada Sepeda Motor Roda Dua”, 12 November 2016
- Combi brake system penyebab celaka, naik matik Honda dengan CBS harus extra hati – hati!, 11 November 2016
- DRL untuk keselamatan sebenarnya tidak pakai lampu dekat tapi ada khusus dan pakai lampu jauh sebagai DRL itu justru ngawur, pakai lampu depan LED putih justru tidak aman, 28 Oktober 2016
- HP Samsung S7 bisa meledak hingga dilarang penerbangan jadi tanda bahaya untuk motor listrik, 15 September 2016
- Ganjal per itu bukan damper, karena fungsi shock breaker adalah untuk mengerem gerak per, 16 Juli 2016
- Peristiwa meninggalnya pemudik karena macet di Brebes menunjukkan resiko mudik naik angkutan umum dan beberapa pelajaran yang bisa diambil, 12 Juli 2016
- Aman di jalan licin tanpa ABS dengan memperhatikan prioritas pengereman dan bahaya pemakaian CBS di jalan licin, 29 Juni 2016
- Hubungan antara kecelakaan Ayla vs R25 dengan recall part rem Yamaha R25 dan perilaku motor saat ban depan ngelock karena tanpa ABS, 27 Juni 2016
- Kalau pingin aman saat mengisi bensin tidak cukup hanya mematikan mesin saja, 28 Mei 2016
- Agar cahaya tidak bias menyilaukan yang lain ternyata ada desain lampu LED yang sudah termasuk reflector khusus, 4 April 2016
- Lampu depan LED CB150R sangat pantas ditilang polisi, 19 Februari 2016
- Spakbor belakang yang makin tidak jelas fungsinya karena tidak melindungi dari cipratan air dan terlihat bikin jelek, 10 November 2015
- Kelalaian Honda di setelan lampu depan yang bisa membahayakan atau bikin jengkel pengendara lain, 17 Oktober 2015
- Pilihan mematikan lampu depan sebelah kanan di motor sport Yamaha Indonesia yang tidak logis dan membahayakan, 4 September 2015
- Fungsi CBS di motor matik Honda sesungguhnya bukan untuk memperpendek jarak pengereman tapi untuk memperpanjang jarak pengereman, 19 Agustus 2015
- Jangan menggunakan smart atau parking brake lock bila ingin aman karena fitur tidak bisa diandalkan, 11 Agustus 2015
- RPM digital mungkin kelihatan modern tapi secara fungsionalitas payah, 15 Juli 2015
- Soal ergonomi, apakah produsen motor benar benar memperhatikan kebutuhan konsumen Indonesia?, 11 Juni 2015
- Resiko ban meletus bila mengendarai dengan ban kempos kurang angin saat ngebut kecepatan tinggi, 30 Mei 2015
- Motor dengan riding position tegak sudah mulai ditinggalkan produsen motor?, 21 Mei 2015
- Spektrum yang tidak lengkap membuat lampu depan LED bisa tidak nyaman, 17 April 2015
- Saran bagi pengendara pemula, 18 Maret 2015
- Cara praktis mengatasi Lampu depan LED yang putih kebiruan yang bikin tidak bisa lihat jalan kalau cuaca buruk, 14 Maret 2015
- Lampu depan dengan LED justru jadi merugikan pengendara karena bisa membuat jalan tidak terlihat saat cuaca buruk, 11 Maret 2015
- Video menarik tentang polisi memperingatkan pengguna jalan yang kedapatan memakai lampu LED yang terlalu terang, 4 Maret 2015
- Sebenarnya, ergonomi Honda Vario 150 itu disesuaikan untuk ukuran tubuh bagaimana sih bro?, 20 Februari 2015
- Cara setel rantai yang benar adalah bukan di sandarkan tengah, tapi harus dinaiki, 5 Februari 2015
- kebiasaan visor / windshield dihitamkan / dikasih stiker adalah tanda motor tidak untuk kencang, 24 Januari 2015
- Lampu LED terang dari Honda Vario 150 berpotensi melanggar peraturan?, 20 Januari 2015
- Keputusan pabrikan untuk mengorbankan kenyamanan kecepatan rendah demi kestabilan kecepatan tinggi adalah kesalahan besar, 8 Januari 2015
- Cara berkendara cepat mengurangi hambatan angin tanpa bungkuk atau rebah, 6 Januari 2015
- Pakai ABS tidak menjamin jarak pengereman lebih pendek, 23 Desember 2014
- Motor matic pingin yang lampu di setang? jangan khawatir karena pabrik masih menawarkan., 3 Desember 2014
- Aman dikala hujan, merebahkan badan ke depan saat di tikungan? nggak mesti bro!, 2 Desember 2014
- Musim hujan jangan pakai ban kembangan kotak masbro!, 26 November 2014